Garis anggaran atau yang dikenal sebagai budget line adalah alat yang menggambarkan semua kemungkinan kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli oleh konsumen dengan anggaran yang telah ditentukan.Â
Biasanya, garis ini direpresentasikan dalam grafik dua dimensi dengan satu sumbu yang merepresentasikan harga satu barang atau jasa, dan sumbu lainnya merepresentasikan harga barang atau jasa lainnya.Â
Cara kerja budget line adalah dengan membagi daerah-daerah di mana konsumen dapat membeli kombinasi barang dan jasa tertentu dengan anggaran yang mereka miliki, dari daerah-daerah di mana mereka tidak mampu membeli kombinasi tersebut.Â
Oleh karena itu, garis anggaran membantu konsumen untuk memutuskan cara terbaik untuk mengalokasikan uang mereka agar dapat memaksimalkan kepuasan mereka.
Yuk, Cari tahu apa saja fungsi budget line sekaligus cara membuat budget line melalui artikel Pintu di bawah ini!
Dengan berbagai fungsi pentingnya, budget line adalah salah satu konsep kunci dalam teori ekonomi konsumen yang membantu konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian yang efisien dan memaksimalkan kepuasan. Memahami fungsi budget line adalah salah satu hal penting untuk membantu mengambil keputusan finansial secara objektif. Beberapa fungsi utama dari budget line adalah:
Fungsi utama dari garis anggaran atau budget line adalah untuk merepresentasikan kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli oleh konsumen dengan anggaran tertentu. Garis anggaran menunjukkan wilayah dimana konsumen dapat membeli kombinasi tertentu dari barang dan jasa dengan anggaran yang mereka miliki.Â
Pada grafik dua dimensi, garis anggaran biasanya ditarik sebagai garis lurus yang memisahkan daerah dimana konsumen dapat membeli kombinasi barang dan jasa tertentu dari daerah di mana mereka tidak mampu membeli kombinasi tersebut dengan anggaran yang dimilikinya.
Fungsi selanjutnya dari budget line adalah menunjukkan harga relatif dari dua barang atau lebih yang dibeli oleh konsumen. Dalam grafik dua dimensi, harga relatif ini tercermin pada kemiringan budget line. Kemiringan ini menunjukkan jumlah barang dan jasa satu yang harus dikorbankan untuk membeli satu unit barang dan jasa lainnya dengan harga yang diberikan.
Budget line adalah alat yang membantu memfasilitasi pengambilan keputusan konsumen tentang cara terbaik untuk membelanjakan uang mereka agar dapat memaksimalkan kepuasan. Konsumen dapat memilih kombinasi barang dan jasa pada garis anggaran yang memberikan tingkat kepuasan tertinggi bagi mereka. Kombinasi tersebut biasanya ditemukan pada titik di mana garis anggaran bersinggungan dengan kurva indifference konsumen, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang sama dari dua atau lebih kombinasi barang dan jasa.
Budget line adalah alat terbaik untuk membantu dalam analisis elastisitas harga. Hal ini dapat menunjukkan seberapa sensitifnya permintaan konsumen terhadap perubahan harga barang.Â
Pada grafik dua dimensi, elastisitas harga dapat dilihat pada kemiringan garis anggaran. Jika garis anggaran cenderung vertikal (mendekati sumbu harga yang lebih tinggi), artinya harga barang tersebut relatif tidak elastis dan permintaan konsumen cenderung tidak sensitif terhadap perubahan harga.
Sebaliknya, jika budget line cenderung horizontal (mendekati sumbu harga yang lebih rendah), artinya harga barang tersebut relatif elastis dan permintaan konsumen cenderung sangat sensitif terhadap perubahan harga.
Budget line adalah alat yang tepat untuk membantu konsumen dalam memahami konsep opportunity cost atau biaya peluang. Biaya peluang adalah nilai dari alternatif terbaik yang harus dikorbankan untuk memilih suatu pilihan.
Dalam hal budget line, biaya peluang dapat dilihat sebagai jumlah barang dan jasa satu yang harus dikorbankan untuk membeli satu unit barang dan jasa lainnya dengan harga yang diberikan.
Dengan demikian, budget line adalah alat yang membantu konsumen dalam memahami biaya peluang dari keputusan pembelian yang mereka buat.
Baca juga: Apa Itu Tokenisasi di Dunia Crypto
Dari penjelasan sebelumnya kita tahu tujuan pembuatan budget line adalah untuk membantu konsumen dalam mengambil keputusan pembelian yang efisien. Selain itu, tujuan pembuatan budget line adalah memaksimalkan kepuasan konsumen dengan anggaran yang tersedia.
Dalam teori ekonomi konsumen, beberapa tujuan penting dalam pembuatan budget line adalah:
Budget line adalah alat yang membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian dengan menampilkan pilihan kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli dengan anggaran yang tersedia. Konsumen dapat memilih kombinasi yang paling cocok dengan preferensi dan anggaran mereka, sehingga dapat meningkatkan kepuasan mereka dari pengeluaran yang dilakukan.
Tujuan pembuatan budget line adalah menunjukkan batas kemampuan konsumen dalam berbelanja, yakni jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli dengan anggaran yang tersedia. Dalam hal ini, budget line membantu konsumen mengetahui batas atas dan batas bawah dari kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli.
Tujuan lain pembuatan budget line adalah agar konsumen dapat mengetahui kombinasi barang dan jasa yang efektif dalam pengeluaran mereka. Kombinasi efektif adalah kombinasi barang dan jasa yang memberikan tingkat kepuasan tertinggi dengan biaya yang paling rendah. Dalam hal ini, budget line membantu konsumen menemukan kombinasi efektif dan meningkatkan kepuasan mereka dengan biaya yang minimal.
Baca juga: Perbedaan Investasi Langsung dan Tidak Langsung
Budget line adalah sebuah kurva atau garis yang menunjukkan berbagai kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli dengan anggaran yang tersedia. Perubahan pada budget line dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:
Faktor pertama yang dapat mempengaruhi budget line adalah perubahan pendapatan konsumen. Jika pendapatan naik, maka budget line akan naik juga, sehingga konsumen dapat membeli lebih banyak barang dan jasa dengan anggaran yang sama. Sebaliknya, jika pendapatan turun, maka budget line akan turun, sehingga konsumen akan membeli lebih sedikit barang dan jasa dengan anggaran yang sama.
Faktor kedua yang dapat mempengaruhi budget line adalah perubahan harga barang dan jasa. Jika harga naik, maka budget line akan bergeser ke kiri, sehingga konsumen akan membeli lebih sedikit barang dan jasa dengan anggaran yang sama. Sebaliknya, jika harga turun, maka budget line akan bergeser ke kanan, sehingga konsumen dapat membeli lebih banyak barang dan jasa dengan anggaran yang sama.
Faktor lain yang juga dapat mempengaruhi budget line adalah preferensi konsumen. Jika preferensi konsumen berubah, budget line akan bergeser ke kiri atau ke kanan, tergantung pada perubahan preferensi. Misalnya, jika konsumen lebih memilih makanan sehat daripada makanan cepat saji, maka budget line akan bergeser ke kiri karena harga makanan sehat lebih mahal.
Faktor yang juga mempengaruhi budget line adalah perubahan anggaran atau sumber dana lainnya seperti kenaikan atau penurunan gaji, bonus, atau hadiah.Â
Jika anggaran atau sumber dana lainnya naik, maka budget line akan bergeser ke kanan, sehingga konsumen dapat membeli lebih banyak barang dan jasa dengan anggaran yang sama.Â
Sebaliknya, jika anggaran atau sumber dana lainnya turun, maka budget line akan bergeser ke kiri, sehingga konsumen akan membeli lebih sedikit barang dan jasa dengan anggaran yang sama.
Radha memiliki anggaran sebesar Rp50.000 untuk membeli biskuit. Harga biskuit krim adalah Rp10.000 per kemasan, sedangkan harga biskuit tanpa krim adalah Rp5.000 per kemasan. Radha memiliki beberapa pilihan yang bisa disesuaikan sehingga dia dapat mengoptimalkan utilitas atas anggaran yang dimiliki.
Grafik di bawah ini menunjukkan batas atas dan batas bawah pada kombinasi biskuit yang dapat dibeli Radha. Grafik ini dapat berubah karena beberapa faktor, misalnya terjadi perubahan harga pada biskuit yang akan dibeli Radha atau terjadi perubahan pada anggaran yang dimiliki Radha.
Sebagai kesimpulan, budget line adalah grafik yang membantu konsumen untuk mendapatkan gambaran atas kombinasi barang dan jasa yang dapat dibeli dengan anggaran yang tersedia.
Budget line digambarkan dengan grafik dua dimensi dengan satu sumbu yang merepresentasikan harga satu barang atau jasa, dan sumbu lainnya merepresentasikan harga barang atau jasa lainnya.Â
Beberapa hal yang dapat mempengaruhi budget line adalah perubahan pendapatan konsumen, perubahan harga barang dan jasa, perubahan preferensi konsumen, dan perubahan anggaran atau sumber dana lainnya.
Hal ini menunjukkan bahwa budget line dapat berubah secara dinamis seiring dengan perubahan kondisi ekonomi dan preferensi konsumen.
Jangan lupa untuk meningkatkan aset yang kamu miliki dengan investasi cryptocurrency di Pintu. Hanya dengan Rp11.000 saja kamu sudah bisa mulai investasi berbagai mata uang digital unggulan seperti Dogecoin, Cardano, Polkadot, Etehereum,dan Bitcoin.
Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.
Ada juga fitur Pintu Earn dan PTU Staking yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pendapatan pasif setiap jamnya. Yuk install aplikasi Pintu lewat App Store dan Play Store sekarang juga!
Referensi:
Byjus.com, budget line, diakses tanggal 5 Maret 2023Â
Vedantu.com, budget line, diakses tanggal 5 Maret 2023
Khan Academy, budget line, diakses tanggal 5 Maret 2023