5 Cara Beli Emas Antam, Pegadaian atau Online?

Updated
May 6, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 5 Cara Beli Emas Antam, Pegadaian atau Online?
Reading Time: 3 minutes

Emas Antam adalah salah satu instrumen investasi yang mudah didapat, berisiko rendah, dan stabil walaupun kenaikan harganya lambat. Selain itu, emas Antam juga mudah dibeli dan dijual kembali di berbagai tempat. Namun, bagaimana cara beli emas Antam yang mudah dan aman, serta mendapat harga yang wajar? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

5 Cara Beli Emas Antam

cara beli emas antam di pegadaian

Sebenarnya, tempat membeli emas Antam tidak jauh berbeda dengan jenis emas lainnya. Emas ini juga dapat dibeli secara online melalui aplikasi atau marketplace.

Tetapi, ada beberapa cara beli emas Antam yang mudah dan aman. Berikut adalah lima cara diantaranya.

Beli Emas di Kantor Pusat Antam

Pembelian di kantor pusat Antam dapat dilakukan secara daring. Alamatnya di Gedung Aneka Tambang Jl. TB Simatupang Jakarta. Di kantor pusat Antam ini konsumen dapat membeli dan menjual emas Antam asli. Khusus untuk penjualan atau buyback, bahkan Antam menawarkan harga hingga 95 persen, loh. 

Membeli Emas Antam di Toko Emas

Emas Antam juga dapat diperoleh di toko-toko emas terdekat di lokasi kamu. Harganya mungkin akan berbeda dengan di kantor Antam, tetapi tidak terlalu jauh. Kelak, jika ingin menjual kembali emas tersebut, lakukan di toko emas yang sama, ya. Tujuannya agar harga buyback emas stabil dan tidak mendapat banyak potongan.

Pilihan Lain, Beli di Butik Antam

Selain kantor pusat, Antam juga memiliki butik di berbagai daerah di Indonesia. Alamat butik Antam dapat dicek di internet. Di butik Antam, transaksi dapat dilakukan secara langsung. Ada pula beberapa butik yang menyediakan jasa antar. Butik antam juga memiliki toko online di marketplace.

Membeli Emas Antam Langsung ke Pemiliknya

Cara lain membeli emas Antam dengan mudah adalah langsung ke pemiliknya. Namun pastikan juga emas tersebut masih memiliki sertifikat dan jaminan keasliannya.

Termudah, Beli Emas di Marketplace dan Aplikasi

Emas Antam juga dapat dibeli secara online melalui marketplace. Namun untuk transaksi seperti ini, kamu perlu menarik perhatian khusus, sebagai berikut ini. 

Baca juga: 7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Tidak Sulit?

Tips Membeli Emas Antam di Marketplace Online

cara beli emas antam online

Hati-hati memilih marketplace dan toko emas online

Setiap marketplace memiliki sistem tersendiri untuk melindungi kepentingan konsumen. Pilihlah yang memberikan jaminan keaslian barang dan uang kembali jika terjadi penipuan.

Saat memilih toko online, perhatikan status toko, seberapa cepat dan sering mereka membalas chat pembeli, serta bagaimana review konsumennya. Hati-hati dengan review palsu yang dapat menyesatkan.

Ada jaminan keaslian dan bukti pembayaran sah

Karena jual beli dilakukan secara online, diperlukan jaminan keaslian barang dari toko. Penjual juga harus memberikan bukti pembayaran sah beserta sertifikat emas baik secara digital maupun fisik.

Jangan tergiur harga rendah

Sebelum membeli, cari tahu dulu harga emas pada hari itu. Lalu, bandingkan dengan harga yang ditawarkan toko. Jika jauh lebih rendah, maka waspadalah, termasuk jika toko memberikan potongan harga yang besar.

Cermati pula kadar emas yang dibeli. Semakin rendah kadarnya, tentu semakin rendah pula harganya. Karena tujuan awalnya adalah investasi, maka belilah emas berkadar 24 karat.

Selain di marketplace, jual beli emas secara online juga dapat dilakukan melalui aplikasi. Nah, untuk yang satu ini, kamu bisa membeli emas secara fisik atau hanya berupa trading dan menabung emas saja.

Jika membeli fisik, maka emas akan dikirim ke tempat pembeli menggunakan ekspedisi. Sebaiknya, pilih layanan ekspedisi dengan asuransi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika memilih untuk trading dan menabung emas secara online, maka tidak menerima emas secara fisik. Hanya nilai tabungan emas saja yang terlihat di aplikasi tersebut, baik dalam rupiah maupun gramasi. 

Jangan lupa sebelum bertransaksi, cek dulu legalitas aplikasi tersebut di OJK dan BAPPEBTI agar terhindar dari penipuan. 

Itu dia sejumlah cara memiliki emas Antam untuk kamu yang ingin memiliki aset ini sebagai investasi. Sebagai aset yang memiliki risiko rendah dan harganya cenderung naik dalam jangka waktu lama, emas bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang baru mulai berinvestasi.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang 5 cara beli emas antam secara mudah. Semoga informasi ini bermanfaat! Kamu bisa menemukan informasi lain seputar investasi emas dan investasi lainnya di Pintu Blog. Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi secara mudah kapan saja dan di mana saja! Download Pintu skearang!

Referensi: 

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->