9 Cara Melipatgandakan Uang Dengan Modal Minim

Updated
October 1, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 9 Cara Melipatgandakan Uang Dengan Modal Minim
Reading Time: 4 minutes

Melipatgandakan uang, terdengar sangat menarik untuk sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Kamu bisa mendapatkan passive income dengan jumlah yang lumayan jika caranya benar. Sayangnya, kebanyakan masyarakat Indonesia lebih mempercayai mitos seperti datang ke paranormal maupun dukun untuk melipatgandakan uang mereka secara instan.

Padahal hal ini justru bisa mendatangkan kerugian yang lebih besar karena beresiko penipuan. Oleh karena itulah pastikan kamu menggunakan cara melipatgandakan uang yang benar, seperti investasi. Yang mana investasi ini ada banyak sekali macamnya, yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan kamu.

Beberapa Cara Melipatgandakan Uang

Melipatgandakan uang yang sedikit agar menjadi banyak tidak hanya bisa menjadi tambahan pemasukan saja. Namun kamu juga bisa membeli barang yang kamu inginkan dengan uang ini. Mulai dari rumah, mobil, tanah, dan barang lain yang sebelumnya belum bisa kamu beli. Adapun beberapa cara untuk melipatgandakan uang adalah:

1. Deposito

Deposito, pasti sudah sangat akrab di telinga kamu bukan? Ya, deposito bisa menjadi salah satu cara untuk melipatgandakan uang. Sistem kerja dari cara ini adalah kamu menyimpan sejumlah uang di bank tertentu lalu hanya bisa diambil atau ditarik sesuai dengan waktu yang disepakati.

Biasanya setoran minimal deposito adalah 5 juta dengan kurun waktu 1,3,6,12, dan 24 bulan. Kelebihan dari jenis investasi ini adalah resiko melipatgandakan uang yang rendah. Namun kekurangannya adalah jumlah return cukup rendah jika dibandingkan cara investasi yang lain.

2. Investasi Saham

Sudah sedikit disinggung di atas, jika salah satu cara yang benar untuk melipatgandakan uang adalah dengan investasi. Jenis investasi sendiri ada banyak sekali dan salah satu yang paling diminati adalah investasi saham. Return yang bisa diperoleh dari investasi saham ini bisa dibilang cukup besar jika dibandingkan dengan cara melipatgandakan uang yang lain.

Namun kamu harus berhati-hati untuk menentukan saham yang akan dibeli. Sebab jika harga saham yang kamu beli turun maka return yang kamu dapatkan juga ikut menurun. Hal ini juga berlaku jika harga saham naik, maka return atau keuntungan yang bisa kamu peroleh semakin besar.

3. Investasi Emas

Selain investasi saham, investasi dengan emas bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk melipatgandakan uang. Nilai emas bisa dibilang cukup stabil, bahkan terus naik hampir setiap tahunnya. Inilah mengapa investasi emas sangat disarankan untuk kamu yang ingin mempunyai tabungan di masa mendatang.

Emas tidak hanya memiliki nilai barang yang stabil, namun juga mempunyai likuiditas yang tinggi. Perusahaan yang menyediakan jasa beli emas seperti PT. Antam dan Pegadaian. Untuk menyimpan emas dalam jumlah besar bisa menyewa tempat di bank. Jadi nilai emas tetap sama dan tidak berkurang karena gesekan.

4. Investasi SBN (Surat Berharga Negara)

Apabila kamu seorang pemula dalam dunia melipatgandakan uang, maka investasi SBN atau Surat Berharga Negara bisa menjadi pilihan yang tepat. Resiko dari jenis investasi ini sangat kecil dan nilai finansialnya sangat stabil. Bahkan sampai saat ini belum ada kasus pembayaran imbalan yang terlambat ataupun gagal di bayar.

Ada dua jenis investasi SBN yaitu Surat Utang Negara atau SUN dan Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN. Yang mana Surat Utang Negara (SUN) digunakan untuk transaksi konvensional dan terdiri dari Surat Perbendaharaan Negara (SPN) dan Obligasi Negara (ON). Sedangkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) diterbitkan sesuai dengan hukum syariah Islam.

5. Reksadana

Reksadana menjadi salah satu cara melipatgandakan uang yang paling diminati saat ini. Terdapat manajer investasi pada reksadana yang bertugas sebagai pengelola dana atau uang yang masuk. Setelah dana dari investor terkumpul maka manajer investasi bertugas untuk meletakkan dana tersebut pada beberapa instrumen investasi seperti deposito, obligasi, hingga saham.

Cara investasi pada reksadana sangat mudah, bahkan hanya dengan uang Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 kamu sudah bisa investasi jenis ini. Meski lebih aman untuk melipatgandakan uang namun kamu tidak bisa memilih sendiri instrumen investasi karena sudah ditentukan sejak awal.

6. Investasi Properti

Seperti yang kita tahu jika harga properti kian lama kian melambung tinggi. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara melipatgandakan uang melalui investasi properti. Beberapa jenis properti yang bisa dijadikan investasi yaitu rumah, tanah, ruko, dan masih banyak lagi. Selain menguntungkan saat dijual, properti ini juga bisa menjadi passive income jika disewakan.

7. Investasi Peer to Peer

Jenis investasi peer to peer termasuk masih baru namun cukup populer di kalangan investor. Kamu cukup meminjamkan uang ke pihak tertentu dan bisa mendapatkan return hingga 18% melalui bunga yang dibayarkan.

8. Investasi ETF (Exchange Traded Fund)

Untuk kamu yang sudah mahir dalam dunia investasi maka bisa mencoba investasi ETF. Yang mana naik turunnya investasi ini tergantung pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada ETF terdapat beberapa jenis saham dari perusahaan ternama yang bisa kamu beli.

Dikutip dari Bursa Efek Indonesia, terdapat dua tujuan dari berinvestasi dengan ETF, yaitu diversifikasi dan fleksibilitas. Diversifikasi adalah pemilihan saham unggulan secara otomatis dalam satu kali order. Sedangkan Fleksibilitas adalah investasi ETF yang memanfaatkan fleksibilitas jual beli yang tinggi pada jam bursa berlangsung seperti transaksi saham.

9. Investasi Berlian

Selain emas, investasi dengan berlian juga bisa menjadi cara untuk melipatgandakan uang. Berlian dikategorikan sebagai batu mulia karena terdapat struktur kristal di dalamnya. Ketika berinvestasi dengan berlian, pastikan kamu tahu kapan harus membeli dan menjualnya.

Selain 10 cara melipatgandakan uang dengan modal minim diatas, kamu juga bisa mencoba berinvestasi pada bitcoin. Yang mana jenis investasi ini sangat populer sebab harga bitcoin yang terus melambung tinggi. Aplikasi Pintu bisa menjadi pilihan kamu untuk membeli bitcoin dengan mudah, simpel dan aman karena terdaftar serta diawasi oleh BAPPEBTI.

Referensi:

Kayla Sloan, 7 Easy Ways to Multiply Your Money. Diakses tanggal: 20-09-2021

John Schmoll, How to Double Your Money. Diakses tanggal: 20-09-2021

Adam Del Duca, 5 Proven Ways to Multiply Your Income. Diakses tanggal: 20-09-2021

Diana Star, 10 Simple & Easy Ways to Multiply Your Money in 2021. Diakses tanggal: 20-09-2021

Ken Clark, 5 Ways to Double Your Money. Diakses tanggal: 20-09-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+