6 Cara dan Strategi Memasuki Pasar Internasional

Updated
March 13, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 6 Cara dan Strategi Memasuki Pasar Internasional
Reading Time: 4 minutes

Pasar internasional merupakan salah satu dari beberapa jenis pasar. Sesuai namanya, cakupan dari market ini adalah dunia internasional, lebih luas dibanding pasar lokal. Tentu ada tantangan tersendiri ketika hendak memasuki tipe pasar ini. Seperti perbedaan budaya, kebiasaan, daya beli, dan kompetitor. Biar lebih jelas, berikut cara dan strategi memasuki pasar internasional!

Pengertian Pasar Internasional

pengertian pasar internasional

Pasar internasional adalah pasar di luar negara asal perusahaan. Misalnya, A adalah perusahaan yang didirikan di negara Indonesia. Pasar internasional bagi A adalah di luar batas geografis negara Indonesia. Jika A menjual produk ke Malaysia, maka Malaysia adalah pasar internasional A.

Karena didirikan di negara Indonesia, maka A mengikuti aturan hukum yang berlaku di negara Indonesia. Nah, ketika A ingin memasuki pasar internasional, maka A harus memahami bagaimana hukum yang berlaku di negara tujuannya. Di sinilah salah satu tantangan pasar internasional. Lantas bagaimana strategi memasuki pasar internasional bagi sebuah perusahaan?

Baca juga: Apa itu Harta dalam Akuntansi?

Cara Memasuki Pasar Internasional

Karena memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, tentu peluang sukses berjualan di pasar internasional lebih terbuka. Jika ingin berdagang ke pasar internasional, ini beberapa cara yang dapat dicoba oleh perusahaan.

1. Ekspor Produk

Untuk melakukan pemasaran global, pastikan kamu menempuh jalur ekspor. Kerennya, ekspor ini akan lebih memudahkan kamu untuk menjual produk atau jasa lintas negara. Walau banyak kemudahan, tentunya kamu harus selalu memastikan kualitasnya agar bisa bersaing dengan produk global.

Pastikan juga riset tujuan ekspor kamu dari segi kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya, masyarakat suatu negara yang cenderung vegetarian. Tentu sangat cocok jika kamu mengekspor sayuran organik ke dalamnya.

2. Beri Lisensi

Cara berikutnya adalah pemberian lisensi ke perusahaan negara lain. Cara ini tergolong mudah karena perusahaan pembeli lisensi akan membuat produk dan strategi pemasarannya sendiri. Branding asli perusahaan akan tetap diperoleh dan berkesempatan populer di negara orang.

3. Investasi Langsung

Masuk ke pasar internasional juga bisa melalui program investasi. Perusahaan bisa langsung menginvestasikan aneka fasilitas yang akan dipakai di pasar global. Cara ini juga dapat digunakan untuk membentuk perusahaan baru atau mengakuisisi perusahaan sebelumnya.

4. Partnership

Partnership atau piggybacking merupakan kerjasama dengan perusahaan yang tidak bersaing. Tujuannya untuk menjual produk secara global dan secara risiko tergolong rendah. Akan tetapi untuk melakukan cara ini, pastikan tidak ada trust issue dengan perusahaan partner.

5. Joint Venture

Joint venture adalah perusahaan gabungan di pasar global dengan mendirikan anak perusahaan baru. Akan tetapi untuk di pasar internasional, salah satu dari perusahaan tersebut harus lokal jenisnya.

Sementara itu, perusahaan satunya lagi bisa dari negara yang berbeda atau sama. Keuntungannya adalah mudah masuk ke pasar internasional, sekaligus memahami budaya dan kebutuhan masyarakat negara target.

6. Buka Franchise

Berbeda dengan lisensi, franchise memang sekilas mirip tetapi berbeda dari segi rangkaian peraturannya. Proses dan penggunaan bahan baku untuk sistem waralaba ini harus sesuai dengan ketentuan perusahaan pewaralaba.

Contoh Pasar Internasional

contoh pasar internasional

Pasar internasional ada banyak contohnya di seluruh dunia, mulai dari Brazil sampai Belanda. Selengkapnya akan dibahas dibawah ini.

1. Pasar Kopi Brazil

Salah satu contoh pasar internasional adalah pasar kopi Brazil yang terletak di kota Sao Paulo dan sudah ada sejak abad ke-19. Kopii merupakan salah satu komoditas unggulan warga Sao Paulo. Berkat adanya jalur kereta api dari Pelabuhan Santos ke Sao Paulo, pasar kopi ini berdiri.

Selain itu, melalui peranan infrastruktur yang memadai, akhirnya pasar kopi ini semakin terkenal. Bahkan menjadi salah satu standar perdagangan dan pelayanan kopi dunia.

2. Pasar Tembakau Jerman

Awalnya, pasar tembakau di negara ini berlokasi di Belanda. Akan tetapi dipindahkan ke Jerman karena pemutusan hubungan dagang dan politik antara Indonesia dan Belanda pada tahun 1958. Alhasil, dilakukan pemindahan dilakukan ke Jerman agar suplai tembakau tetap berjalan. Indonesia berhasil memasarkan tembakau berkualitas secara lebih luas melalui pasar internasional ini.

3. Pasar Permata Belanda

Pasar internasional ini berada di Amsterdam, ibukota Belanda. Hal utama yang ditawarkan di market jenis ini adalah permata. Akan tetapi, ada hal lain yang juga turut ditawarkan, seperti tour keliling Amsterdam sebagai nilai tambah.

Permata yang dijual memiliki kualitas nomor wahid yang tentu harganya juga tinggi. Walau demikian, market satu ini merupakan salah satu pilihan utama untuk mencari permata berkualitas.

Baca juga: Cara Membuat Neraca Lajur Perusahaan Dagang dan Jasa, Sudah Tau?

Strategi Memasuki Pasar Internasional

Memang potensi keuntungan bisa kamu peroleh di pasar internasional. Akan tetapi tanpa perencanaan matang, tentu target tersebut akan terasa sulit digapai. Ini dia beberapa strategi untuk bisa masuk ke international market.

1. Tentukan Target Secara Spesiifik

Pastikan tentukan target negara secara spesifik ketika kamu ingin masuk ke pasar global. Buat sasaran target market yang relevan dan tepat agar produk kamu diterima baik.

Sama halnya dengan pemasaran dalam negeri, ketika masuk ke pasar internasional, kamu juga harus melakukan riset konsumen. Pikirkan produk apa yang tepat sesuai target pasarnya, dan dapat menjadi solusi. Untuk melengkapi riset pasar, kamu harus melakukan riset budaya juga.

Budaya di setiap negara tentunya beragam dan menciptakan karakteristik masyarakat. Riset budaya penting dilakukan agar nantinya kamu tidak terjebak ke fase cultural gap dalam pemasaran produk.

2. Pertimbangkan Skala Bisnis

Sebenarnya, baik perusahaan skala kecil atau besar bisa masuk ke dalam international market. Namun, perlu dilakukan berbagai pertimbangan mendetail untuk beberapa hal seperti proses pembiayaan dan target konsumen. Skala yang besar belum tentu berhasil meraup banyak sukses. Begitu juga untuk skala kecil juga harus ekstra jeli dalam menetapkan strateginya.

3. Susun Waktu

Untuk memasuki pasar global, susun waktu yang tepat. Kamu bisa menjadi pionir di suatu sektor bisnis atau menunggu kompetitor masuk. Jika kamu menunggu kompetitor masuk, kelebihannya adalah kamu dapat memanfaatkan mereka sebagai bahan analisa kesuksesan dan kegagalannya. Memang untuk go international, segalanya perlu pertimbangannya. Pastikan waktu adalah strategi yang kamu pikirkan agar jalannya bisnis lebih lancar.

Itu dia 6 cara memasuki pasar internasional. Upaya memasarkan produk secara global memang salah satu pilihan menarik agar penjualan kamu lebih optimal. Akan tetapi, untuk masuk ke pasar internasional memang perlu strategi khusus agar bisa bersaing dan diterima masyarakat negara tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->