Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
5 Cara Menghasilkan Uang dari Bitcoin, Bisa Dilakukan Siapa Saja!

5 Cara Menghasilkan Uang dari Bitcoin, Bisa Dilakukan Siapa Saja!

August 25, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar 5 Cara Menghasilkan Uang dari Bitcoin, Bisa Dilakukan Siapa Saja!
Reading Time: 3 minutes

Perkembangan cryptocurrency di Indonesia sudah semakin pesat. Kini, terdapat 229 aset crypto yang telah diakui BAPPEBTI sebagai komoditas yang dapat diperjualbelikan secara legal di Indonesia. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor aset crypto di Indonesia pun telah mencapai 6,5 juta orang. Penasaran kenapa banyak orang yang tertarik pada aset ini dan bagaimana cara menghasilkan uang dari bitcoin? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Investasi

Nik Hoffman, kontributor Bitcoin Magazine dari Nasdaq mengungkapkan bahwa cara menghasilkan uang dari bitcoin yang paling sederhana adalah dengan melakukan strategi beli dan HODL, yaitu menyimpan aset crypto dalam jangka waktu yang lama.

Ia berpendapat bahwa bitcoin adalah aset investasi dengan performa terbaik di dekade ini. Mereka yang ingin menghasilkan uang dari bitcoin hanya perlu menyimpan aset tersebut saja dan akan memperoleh keuntungan di masa depan.

Hoffman memperkuat opininya dengan mengungkapkan bahwa pasokan bitcoin yang terbatas dan adopsi pengguna yang terus meningkat menjadikan bitcoin sebagai aset investasi yang menjanjikan. Ia menegaskan bahwa hal ini hanya berlaku untuk bitcoin saja, bukan cryptocurrency lain.

Trading

cara mendapatkan uang dari trading bitcoin

Jika investasi adalah cara menghasilkan uang dari bitcoin untuk jangka panjang, maka trading adalah cara cepatnya. Cara ini banyak dilakukan karena trading bitcoin dapat dilakukan sepanjang hari dengan mudah melalui beragam situs atau aplikasi.

Margin keuntungan yang diperoleh dari trading bergantung pada seberapa cakap seorang trader untuk membaca grafik dan menganalisis situasi pasar kripto.

Survei dari Chappuis Halder menunjukan bahwa per 2019 lalu, terdapat 43 juta trader crypto aktif di seluruh dunia dengan jumlah trader paling banyak berasal dari Amerika, Eropa, disusul oleh Jepang dan Korea Selatan.

Mining

Penambangan bitcoin (mining) adalah proses verifikasi sejumlah transaksi bitcoin yang dikelompokkan ke dalam satu blok yang ditambahkan pada blockchain Bitcoin. Sebagai imbalan, penambang akan mendapatkan koin yang dapat dijadikan modal untuk investasi, trading atau dikonversi langsung ke mata uang fiat (rupiah).

Seluruh penyelenggaraan aktivitas yang berkaitan dengan aset crypto di Indonesia sendiri diatur dalam Peraturan No. 5 tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Bursa Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Airdrop

Airdrop bitcoin merupakan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan atau lembaga dengan membagikan bitcoin secara gratis. Hasil airdrop dapat digunakan oleh pegiat kripto sebagai modal investasi atau trading.

Aktivitas airdrop sudah pernah dilakukan beberapa kali, di antaranya yaitu airdrop Bitcoin Cash (BCH) pada 2017, airdrop UniSwap (UNI) di tahun 2020 dan airdrop Bitcoin (BTC) yang diadakan oleh pemerintah El-Salvador.

Baru-baru ini, pada tanggal 22 Juli – 1 Agustus 2021, Pintu selaku pedagang aset crypto yang telah terdaftar resmi di BAPPEBTI juga mengadakan campaign airdrop untuk membagikan 1000 MATIC gratis kepada pengguna yang beruntung.

Baca juga: Apa itu Bitcoin? Simak selengkapnya disini!

Content Creator Seputar Crypto

cara mendapatkan uang dari content creator crypto

Cara menghasilkan uang dari bitcoin lainnya yang bisa coba kamu lakukan adalah dengan menjadi content creator seputar dunia crypto dan bitcoin. Content creator bisa memperoleh uang dari kerjasama afiliasi, sebagai Key Opinion Leader (KOL) atau dari iklan yang ditampilkan pada kontennya.

Content creator seputar crypto dapat ditemui di berbagai platform media sosial, meskipun jumlahnya belum terlalu banyak.

Beragam channel crypto yang cukup terkenal di Youtube adalah Bitboy, Data Dash, Coin Bureau, Alt Coin Daily dan Morning Invest.

Sementara itu beberapa channel crypto di Podcast yang cukup terkenal adalah The Pomp, Crypto Campfire, Unchained, Bitcoin Audible, dll.

Untuk kamu yang berminat di bidang ini, coba pelajari konten-konten dari akun-akun diatas untuk mengetahui tren yang ada dan minat konsumen saat ini.

Itu dia beberapa cara menghasilkan uang dari bitcoin yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu. Tertarik untuk berinvestasi dan trading aset crypto seperti bitcoin? Download aplikasi Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa kamu lakukan mulai dari Rp11.000 saja lho!

Referensi:

Coinmarketcap, Cryptocurrency in Indonesia. Diakses tanggal: 23-08-21.

Cointelegraph, El Salvador to Airdrop $30 in Bitcoin to Every Adult Citizen. Diakses tanggal: 23-08-21.

European Business Review, 6 Methods to Make Good Money with Bitcoin. Diakses tanggal: 23-08-21.

Nasdaq, How To Make A Profit In Bitcoin Easily. Diakses tanggal: 23-08-21.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.