Lagi Ramai, Apa Itu ChatGPT-4? Lebih Jago Dibanding ChatGPT-3?

Updated
March 22, 2023
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Lagi Ramai, Apa Itu ChatGPT-4? Lebih Jago Dibanding ChatGPT-3?
Reading Time: 5 minutes

Dalam beberapa waktu terakhir, ChatGPT telah menjadi salah satu topik hangat yang ramai diperbincangkan. ChatGPT bisa digunakan versi gratisnya oleh siapapun setelah melakukan sign up/pendaftaran.

Namun, tahukah kamu bahwa pada 14 Maret 2023, ChatGPT baru saja resmi merilis GPT-4? GPT-4 merupakan versi terbaru ChatGPT yang hanya bisa didapatkan melalui ChatGPT Plus.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih rinci mengenai GPT-4, mulai dari pengertiannya, GPT-4 vs GPT-3, hingga bagaimana prediksi dan pendapat GPT-4 terhadap potensi aset crypto ke depannya. Simak artikel lengkapnya berikut ini!

Apa itu Chat GPT-4?

gpt 4 adalah
Sumber: Gizmodo

ChatGPT-4 adalah versi terbaru dari sistem model bahasa OpenAI yang diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2023 lalu. Versi sebelumnya, GPT 3.5, telah mendukung sistem chatbot ChatGPT dalam mendapatkan populartitas yang tinggi saat diluncurkan pada bulan November 2022 lalu.

Setelah memahami apa itu GPT-4, ketahui juga apa itu GPT-3 berikut ini sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya!

Apa itu Chat GPT-3?

gpt 3 adalah
Sumber: Softonic

Generative Pre-trained Transformer 3 atau GPT-3 adalah model bahasa yang memanfaatkan deep learning untuk menghasilkan teks (output) seperti manusia. Tidak hanya menghasilkan teks, GPT-3 ini juga dapat menghasilkan kode, cerita, puisi, dll. Karena kemampuan dan alasan ini, GPT-3 telah menjadi topik hangat di bidang pemrosesan bahasa alami.

Dilansir dari Springboard, GPT-3 diperkenalkan oleh Open AI pada awal Mei 2020 sebagai penerus dari model bahasa sebelumnya (LM) GPT-2. Model ini dianggap lebih baik daripada GPT-2. Faktanya, seluruh versi OpenAI GPT-3 merupakan model bahasa terbesar yang dilatih hingga saat ini, dengan sekitar 175 miliar parameter yang dapat dilatih.

Baca juga: Mengenal Apa itu Machine Learning dan Perbedaannya dengan AI, Sudah Tau?

Bagaimana Cara Menggunakan GPT-4?

Untuk bisa menggunakan Chat GPT-4, kamu bisa mengunjungi chat.openai.com. Lakukan sign up/pendaftaran untuk mendapatkan akun gratis yang akan memberi kamu akses ke GPT-3.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Chat GPT-4? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Untuk menggunakan GPT-4, masuk ke laman https://chat.openai.com/.

2. Di bagian bawah bilah sisi kiri, cari dan klik tombol “Upgrade to Plus”

cara menggunakan gpt4

3. Kamu akan melihat pop-up untuk pilihan paket Free Plan dan ChatGPT Plus. Pilih tombol “Upgrade Plan”

paket-paket gpt

4. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman untuk memberikan detail kartu kredit dan informasi penagihan lainnya. Berikan semua informasi yang diperlukan dan lakukan pembayaran.

5. Setelah pembayaranmu dikonfirmasi, kamu akan memiliki akses ke model OpenAI GPT-4.

6. Pilih model GPT-4 dari menu drop-down, dan mulailah menggunakan GPT-4 dengan ChatGPT.

cara subscription GPT-4

Salah satu cara untuk memastikan bahwa kamu telah menggunakan model GPT-4 dan bukan model yang lebih lama adalah dengan memeriksa warna logo OpenAI yang mendahului respons ChatGPT. Tanggapan model GPT-3.5 diawali dengan logo hijau-putih, sedangkan tanggapan GPT-4 diawali dengan logo hitam-putih. Dilansir dari Aljazeera, per artikel ini ditulis, GPT-4 memiliki batas 100 pesan setiap 4 jam.

GPT-4 vs GPT-3

Untuk mengetahui lebih detail mengenai GPT-4 dan GPT-3, simak perbedaan dari keduanya berikut ini!

GPT-3GPT-4
Tanggal PerilisanNovember 2022Maret 2023
PenggunaanChatbot
Menjawab pertanyaan
Peringkasan teks
Pemrosesan gambar dan teks
Chatbot
Menjawab pertanyaan
Peringkasan teks
AksesibilitasVariasi yang tersedia di OpenAI Playground
Tersedia untuk penggunaan komersial melalui paket harga OpenAI
Tersedia melalui langganan Chat GPT Plus
Daftar tunggu akses terbuka ke GPT-4 melalui OpenAI API
InformasiKeterbatasan pengetahuan tentang peristiwa setelah tahun 2021Keterbatasan pengetahuan tentang peristiwa setelah tahun 2021

Baca juga: Apa itu Cloud Computing dalam AI?

GPT-4 vs Chat GPT, Apa Perbedaanya?

Lalu, apa perbedaan GPT-4 dengan ChatGPT? Berikut ini adalah beberapa perbedaan GPT-4 vs ChatGPT dikutip dari tulisan Jagran Josh:

ChatGPTGPT-4
ChatGPT bersifat unimodal. Aplikasi ini hanya menerima input dalam satu bentuk, yaitu teks.GPT-4 bersifat multi-modal, yang berarti menghasilkan informasi dari teks dan gambar.
Jawaban atau solusi ChatGPT dapat diakali atau salah pada waktu tertentu.GPT-4 sulit untuk diakali karena karena menggunakan metode deep analysis.
ChatGPT terbatas pada bahasa tertentu.Di sisi lain, GPT-4 didesain untuk memahami bahasa yang berbeda secara lebih luas.
ChatGPT (3.5 version) can process 4,096 tokens or roughly 8,000 words.GPT-4 dapat menangani hingga 32.768 token atau lebih dari 64.000 kata.

Apa Kata ChatGPT 4 Soal Crypto?

Chat GPT-4 tentang crypto
Sumber: TechKBPS

Dilansir dari Cointelegraph, GPT-4 yang merupakan versi terbaru dari chatbot AI ChatGPT, meyakini bahwa peristiwa-peristiwa dalam 7 hari terakhir dapat menjadi sinyal bullish untuk Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan Cosmos (ATOM).

Pada 17 Maret 2023, Cointelegraph membagikan hasil eksperimennya menggunakan Chat GPT-4. Eksperimen ini bertujuan untuk memahami potensi bias GPT-4 terhadap cryptocurrency tertentu, bagaimana peristiwa minggu lalu dapat memengaruhi keputusan investasi, dan apakah GPT-4 dapat menyesuaikan strategi untuk menghasilkan keuntungan.

Percobaan dimulai pada 17 Maret 2023, yang mana menginstruksikan chatbot untuk mengalokasikan $100 untuk “menghasilkan uang sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin”. Perintah tersebut harus ditulis sedemikian rupa sehingga GPT dapat memberikan instruksi trading dengan rinci.

Dengan mempertimbangkan konteksnya, GPT-4 menyarankan agar $100 dialokasikan sebagai berikut:

  • $50 ke Bitcoin (BTC)
  • $25 ke Ethereum (ETH)
  • $15 ke Cosmos (ATOM)
  • $10 untuk “proyek terkait NFT dan Web3”

Mengenai Bitcoin, GPT-4 mengatakan bahwa meskipun ada volatilitas jangka pendek dan penurunan harga baru-baru ini, Bitcoin masih memiliki potensi jangka panjang yang kuat, “Tren secara keseluruhan menunjukkan bahwa Bitcoin bertindak sebagai tempat berlindung yang aman selama masa ketidakstabilan keuangan, seperti kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank baru-baru ini. Selain itu, dominasi Bitcoin mendekati 50%, dan beberapa analis memprediksi pergerakan menuju $100 ribu.”

Sementara itu, GPT-4 menyarankan agar Shanghai Ethereum Upgrade yang akan datang dapat memperkuat dominasinya dan menguntungkan penyedia liquid staking. “Harga Ethereum juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan, menjadikannya tambahan yang cocok untuk portofolio,” tambahnya.

Chatbot kemudian merekomendasikan untuk mengalokasikan $15 ke ATOM, karena peluncuran Interchain Security oleh Cosmos, yang dapat menciptakan peluang pertumbuhan potensial untuk ATOM. “Ini adalah proyek yang menjanjikan di ruang blockchain, dan peluncurannya dapat menarik lebih banyak investor,” tulisnya.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->