Contoh dan Cara Membuat Jurnal Trading Crypto, Bermanfaat!

Updated
July 8, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Contoh dan Cara Membuat Jurnal Trading Crypto, Bermanfaat!
Reading Time: 3 minutes

Dalam rangka meminimalisir risiko trading crypto, terdapat berbagai strategi yang dapat dilakukan oleh trader, salah satunya adalah membuat jurnal trading crypto. Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat dan contoh jurnal trading crypto. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Jurnal Trading Crypto?

apa itu jurnal trading crypto

Jurnal trading crypto adalah suatu catatan atas seluruh aktivitas perdagangan yang kamu lakukan sebagai investor di pasar. Jurnal trading biasanya berwujud entri jurnal yang disusun berdasarkan tanggal dan masing-masing mewakili aktivitas perdagangan yang kamu lakukan.

Jurnal trading crypto memberikan gambaran umum mengenai seluruh transaksi perdagangan yang pernah kamu lakukan – mulai dari harga masuk dan keluar, pasar tempat transaksi, arah perdagangan, ukuran posisi, hasil perdagangan, serta informasi lain yang berguna untuk disertakan.

Fungsi Jurnal Trading Crypto

Mengapa banyak yang membuat jurnal trading crypto? Berikut 3 manfaat jurnal trading crypto yang wajib kamu ketahui.

Evaluasi Kinerja Perdagangan

Sebagai seorang investor, kamu perlu memahami bahwa dalam praktik perdagangan crypto tidak ada istilah masa trial atau simulasi perdagangan. Oleh sebab itu, ketika kamu sudah memutuskan untuk melakukan investasi dengan meletakkan uang di pasar, maka kamu harus siap menanggung kemungkinan apapun yang terjadi, untung maupun rugi.

Namun tentunya untuk mencegah terjadinya kerugian yang berulang-ulang dalam jumlah besar, maka kamu perlu memahami bagaimana kinerja perdagangan dengan cara melakukan evaluasi. Membuat jurnal trading akan membantu kamu dalam mengevaluasi kinerja perdagangan sekaligus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perdagangan agar kamu dapat menemukan strategi yang pas.

Menghindari Pembelian Impulsif

Berikutnya, dengan membuat jurnal perdagangan, maka para trader dapat menghindari pembelian secara impulsif. Pembelian secara impulsif ini biasanya terjadi ketika rencana yang seharusnya dapat menghasilkan keuntungan secara konsisten tiba-tiba mengalami perubahan mendadak.

Akibatnya, perdagangan dilakukan dengan cara spontan yang didasari emosi karena FOMO maupun FUD. Hal tersebut sangat berbahaya dan justru malah dapat menambah kerugian.

Jurnal trading membantu para pelaku perdagangan untuk mengeluarkan emosi mereka dan berusaha berpikir secara logis. Hal ini bertujuan untuk menghindari aktivitas trading yang hanya dilandasi oleh emosi sesaat dan justru berpotensi menjerumuskan.

Manajemen Risiko

Ketiga, fungsi membuat jurnal trading adalah untuk melakukan manajemen risiko dengan cara menilai tingkat risiko yang dapat diambil berdasarkan seluruh variabel perdagangan, misalnya area yang harus dihindari, tingkat risiko,  dan lain sebagaiya.

Manajemen risiko adalah menilai tingkat risiko yang dapat kamu ambil berdasarkan semua variabel perdagangan. Dengan mencatat setiap perdagangan di jurnal, kamu mungkin bisa menemukan area yang membutuhkan perbaikan dan pengembangan di kemudian hari.

Cara Membuat Jurnal Trading Crypto

cara membuat jurnal trading crypto

Dalam pembuatan jurnal trading crypto. terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:

  • Pastikan untuk selalu mencatat waktu dan tanggal berlangsungnya transaksi, serta jenis aset crypto yang diperdagangkan;
  • Buatlah catatan mengenai entry dan exit price agar memudahkan kamu dalam menentukan arah perdagangan; dan
  • Tuliskan hasil perdagangan yang kamu lakukan – apakah untung atau rugi.

Contoh Jurnal Trading Crypto

Agar lebih memahami tentang pembuatan jurnal trading crypto, simak contoh jurnal trading crypto berikut.

contoh jurnal trading crypto

(coinmarketman.com)

Tentunya, format jurnal trading crypto dari tiap orang akan berbeda-beda sesuai kebutuhan mereka masing-masing. Semoga informasi mengenai contoh dan cara membuat jurnal trading ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Buat kamu yang ingin memulai trading dan investasi crypto, download Pintu sekarang di App Store dan Play Store kamu masing-masing! Telah terdaftar resmi di Bappebti, kamu bisa jual beli crypto di Pintu mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi

Aaron Jacob. A Quick Guide to Accounting For Cryptocurrency. Diakses pada Selasa, 21 Juni 2022.

Philip Koncar. What to Include in Your Journal Trading Spreadsheet. Diakses pada Selasa, 21 Juni 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->