HODL: Asal Usul dan Keuntungannya

Updated
December 21, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar HODL: Asal Usul dan Keuntungannya
Reading Time: 4 minutes

HODL sering dikenal sebagai suatu tindakan menyimpan atau menahan sebuah aset dalam periode waktu tertentu setelah membelinya. Perbedaan antara HODL dengan tindakan penahanan aset yang lain adalah HODL memiliki periode penyimpanan aset lebih lama. Istilah ini mulai dikenal secara tidak sengaja sejak tahun 2013.

HODL di Cryptocurrency

Dalam dunia kripto, HODL adalah singkatan dari hold on for dear life dan sebetulnya berasal dari kata hold. Strategi HODL sendiri sering digunakan dalam dunia Cryptocurrency karena dianggap efektif untuk menghindarkan trader dari kerugian sebab volatilitas jangka pendek. Penggunaan strategi HODL juga diharapkan bisa memberikan keuntungan jangka panjang.

Istilah HODL juga digunakan dalam dunia Bitcoin oleh para trader. Yang mana di Bitcoin HODL digunakan sebagai pengingat para trader agar tidak menjual aset mereka dalam waktu dekat setelah membelinya. Hal ini sesuai dengan fungsi HODL sebagai strategi membeli aset lalu kemudian menahan aset tersebut.

Terdapat dua strategi dalam Cryptocurrency yang bisa kamu pakai, yaitu cut loss dan menahan aset. Beberapa trader lebih memilih strategi cut loss atau menjual aset untuk menyelamatkan modal mereka karena merasa aset tersebut akan terus mengalami penurunan harga di masa depan. Namun tidak sedikit trader lebih memilih menahan aset atau HODL meski harga aset sedang turun saat itu.

Biasanya para trader yang menggunakan strategi HODL ini karena mereka yakin di masa mendatang aset yang mereka miliki harganya bisa kembali naik. Hal ini sesuai dengan pengertian HODL dalam Cryptocurrency karena tidak buru-buru menjual aset ketika harganya sedang turun.

Asal Usul Istilah HODL

asal usul hodl

Asal usul istilah HODL pertama kali muncul secara tidak sengaja pada tahun 2013 karena pengguna forum bernama Game Kyuubi. Ia salah menuliskan kalimat kekecewaannya pada penurunan harga Bitcoin dan menjadi kalimat “I’M HODlING”. Dari cuitan Game Kyuubi inilah kemudian banyak trader Bitcoin yang mengenal istilah HODL dan menggunakannya sampai saat ini.

Jadi pada awalnya harga Bitcoin sempat melonjak tinggi dari 15 dolar menjadi 1.100 dolar AS selama bulan Januari hingga Desember awal. Namun memasuki pertengahan bulan Desember, harga Bitcoin justru turun drastis menjadi 716 dollar. Kejadian ini menuai banyak kekecewaan dari pemilik aset Bitcoin, dan tidak sedikit trader yang menjual Bitcoin mereka pada saat itu.

Namun berbeda halnya dengan Game Kyuubi yang tetap menahan aset Bitcoin yang ia miliki meski tengah kecewa. Alhasil banyak orang yang juga mengikuti strategi Game Kyuubi ini dan percaya harga Bitcoin akan kembali naik nantinya. Hal ini terbukti benar, yang mana pada tahun 2017 harga Bitcoin mencapai 19.167 dan terus naik sampai saat tahun 2021 Bitcoin sampai di harga 58.000.

Kelebihan dan Kekurangan HODL

Jika kamu meyakini bahwa aset kripto yang kamu miliki akan terus meningkat harganya di masa yang akan datang, maka kamu dapat menggunakan strategi HODL dan tidak memedulikan volatilitas harga jangka pendek.

Oleh karenanya, penting untuk kamu tentukan terlebih dahulu tujuan investasi dan juga mempelajari aspek fundamental aset kripto yang kamu miliki. Hal ini diperlukan untuk menentukan strategi investasi yang akan kamu lakukan.

Seperti yang dijelaskan di atas, harga bitcoin melonjak dari 15 dolar AS ke 1.100 dolar AS pada tahun 2013. Meski nilainya terus naik, aset kripto memiliki volatilitas jangka pendek yang tinggi, yang berarti harga dapat naik dan turun dengan sangat cepat.

Perlu diingat bahwa strategi HODL tidak bisa memberikan keuntungan 100% di masa depan. Oleh karenanya ada investor yang memilih untuk mengambil profit saat grafik menunjukkan tren penurunan harga dan tidak mempertahankan aset, sebelum harga terus mengalami penurunan. Tetap pertimbangkan keuntungan dan kerugian menggunakan HODL dengan baik sebelum mencoba strategi ini.

Filosofi HODL

filosofi hodl

Terdapat dua keadaan yang biasanya membuat para trader terlalu berani mengambil resiko ataupun terlalu takut untuk menerima resiko. Dua keadaan tersebut adalah FOMO (Fear of Missing Out) dan FUD (Fear, Uncertainty, and Doubt). FOMO merupakan kondisi trader yang terlalu berani untuk membeli aset padahal harganya terlalu tinggi.

Sedangkan FUD adalah kondisi dimana trader terlalu takut dan menjadi sangat ragu pada perkembangan harga aset mereka sehingga memilih menjual aset dengan harga murah. Kedua keadaan ini bisa diatasi dengan strategi HODL. Sesuai dengan strategi dan filosofi HODL yang tetap menahan aset ketika harga sedang turun dan menjualnya ketika harga sedang tinggi.

Filosofi HODL yang diutarakan oleh Game Kyuubi adalah dengan tetap berfikir positif dalam keadaan apapun ketika sedang trading. Dengan begitu maka kamu akan lebih fokus sehingga terhindar dari resiko perdagangan jangka pendek. Mengingat harga Crypto yang cukup sering berubah-ubah sehingga kamu harus memiliki strategi tersendiri.

Trading Cryptocurrency Aman dan Nyaman Bersama Pintu

Strategi HODL bisa kamu coba ketika sedang trading di Pintu. Kenapa harus Pintu? Ini karena aplikasi Pintu tidak hanya resmi terdaftar di BAPPEBTI, namun kamu juga bisa memulai trading dengan modal minim.

Bahkan hanya dengan Rp. 11.000 kamu sudah bisa beli Crypto di Pintu. Aplikasi ini juga cocok untuk trader pemula yang masih takut menggunakan modal yang terlalu besar. Selamat mencoba!

Referensi:

Jake Frankenfield, HODL Definition. Diakses tanggal: 07-12-2021

Corporate Finance Institute, What is “HODL?”. Diakses tanggal: 07-12-2021

Rhys Thomas, What does HODL mean in crypto?. Diakses tanggal: 07-12-2021

Topik
#Hodl
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->