5 Investasi Paling Aman Menurut Para Ahli Finansial

Updated
October 4, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 5 Investasi Paling Aman Menurut Para Ahli Finansial
Reading Time: 3 minutes

Kamu perlu tahu apa saja instrumen investasi paling aman yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter investasimu. Kenapa? Karena investasi yang aman dapat membantu kamu bertahan pada saat ekonomi sedang tidak stabil.

Investasi paling aman yang kamu miliki dapat memberi jaminan kesejahteraan yang lebih baik. Dan yang lebih penting dari semua itu, kamu terbebas dari ketidakpastian keuangan di masa mendatang.

Berikut ini adalah daftar investasi paling aman menurut para ahli finansial di dunia.

Deposito Berbunga Tinggi

investasi deposito paling aman

Menurut Kevin Matthews, seorang mantan penasihat keuangan dan pendiri situs web pendidikan investasi Building Bread, “Jika kamu tidak memerlukan akses langsung ke uang tunai kamu tetapi ingin mendapatkan lebih banyak return dari pada rekening tabungan biasa, maka deposito adalah pilihan yang baik.”

Jenis investasi ini cocok untuk investor yang tidak ingin terlalu banyak mengambil risiko dan menginginkan return investasi yang tetap, serta seseorang yang membutuhkan dana dalam jangka waktu yang pendek.

Akan tetapi, dibandingkan instrumen investasi yang lain, keuntungan yang ditawarkan oleh deposito berbunga tinggi memang relatif kecil. Namun untuk menyimpan dana darurat kamu, jenis instrumen investasi ini cukup cocok untuk dipilih.

Baca juga: Apa itu Deposit? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini!

Obligasi Pemerintah

Sebelum terjun ke politik, Sandiaga Uno merupakan seorang manajer investasi yang sukses. Salah satu portfolio yang ia miliki diantaranya adalah obligasi pemerintah.

“Nah, kalau kita melihat surat berharga pada saat ini ya tentunya yang paling aman ya sovereign-lah, surat berharga yang diterbitkan pemerintah [surat berharga negara/SBN],” ujarnya dalam sebuah webinar yang membahas tema “Menjadi Investor di Masa Pandemi Covid-19″pada Kamis (14/5/2020) lalu.

Saat pemerintah membutuhkan dana untuk membangun infrastruktur, biasanya negara akan menerbitkan surat utang yang dapat dibeli oleh masyarakat dengan imbalan pengembalian berupa bunga. Dengan memiliki surat obligasi, kamu akan mendapatkan bunga yang bisa menjadi penghasilan tambahan tetap kamu setiap bulannya.

Karena dijamin oleh pemerintah, maka obligasi pemerintah merupakan salah satu investasi paling aman yang bisa kamu pilih sebagai salah satu portofolio investasi kamu.

Surat ini juga dapat kamu perjual belikan di pasar sekunder sehingga termasuk ke dalam instrumen investasi yang likuid. Obligasi pemerintah cocok untuk investor yang menghendaki keamanan dan pendapatan yang stabil. Kekurangannya adalah bunga yang ditawarkan tidak terlalu besar.

Logam Mulia

Menurut Robert Kiyosaki, logam mulia seperti emas dan perak akan memiliki nilai yang tinggi dikarenakan jumlah permintaannya yang selalu naik, baik untuk keperluan penggunaan pribadi maupun industri di bidang kesehatan, otomotif, dan elektronik. Itulah sebabnya investasi logam mulia adalah termasuk salah satu investasi yang aman untuk pemula.

Properti

investasi properti paling aman

Menurut Robert Kiyosaki dan Grant Cardone, properti adalah aset terbaik untuk dimiliki karena harganya yang terus naik diakibatkan jumlahnya yang terus berkurang namun peminatnya yang terus bertambah. Itulah mengapa properti merupakan salah satu investasi paling aman yang bisa kamu pilih.

Ada berbagai jenis properti yang bisa kamu investasikan, mulai dari kos, apartemen, hingga lahan pertanian.

Secara historis, investasi properti hanya tersedia untuk orang yang sangat kaya. Namun, dengan diperkenalkannya platform crowdfunding, hambatan masuk yang tinggi ini telah berkurang secara signifikan, dan aset tersebut dapat diakses secara luas oleh semua jenis investor.

Investasi properti termasuk salah satu investasi yang paling aman, namun tetap memberikan return yang cukup tinggi.

Aset Crypto

Ray Dalio, salah seorang manajer hedge fund ternama di dunia mendeskripsikan Bitcoin sebagai “emas digital di abad ke-21.” Selain itu, Brett Messing dari SkyBridge, firma investasi global di New York bahkan mengungkapkan seiring dengan perkembangan regulasi dan infrastruktur seputar crypto, investasi bitcoin bisa dibilang seaman investasi obligasi dan komoditas seperti emas, yang dimanfaatkan untuk menyeimbangkan portofolio investasi.

Bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar pun telah mengalami peningkatan nilai hingga 320% per 4 Oktober lalu dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi bitcoin dan aset crypto lainnya, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bankrate, 9 Best Long-Term Investments in October 2021. Diakses tanggal: 1-10-21.

CNBC, Tertarik Investasi Obligasi? Ini Tips dari Sandiaga Uno. Diakses tanggal: 1-10-21.

Forbes, Best Safe Investment. Diakses tanggal: 1-10-21.

Gareth Jenkinson, Risk it For The Bitcoin: Has BTC Matured to be a Safe Investment Play? Diakses tanggal: 1-10-21.

James Royal, 10 Best Investment in 2021. Diakses tanggal: 1-10-21.

Joanna Ossinger, Robert Kiyosaki Reveals His Current Investing Strategy. Diakses tanggal: 1-10-21.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+