Pintu Blog
/
Ekonomi
/
Apa itu Deposit? Ini Pengertian dan Contohnya, Lengkap!...

Apa itu Deposit? Ini Pengertian dan Contohnya, Lengkap!

September 3, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Deposit? Ini Pengertian dan Contohnya, Lengkap!
Reading Time: 3 minutes

Istilah deposit mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dunia finansial. Lalu, apa itu deposit? Bagaimana pengertian, jenis-jenis, dan contoh deposit yang ada saat ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Deposit?

pengertian deposit adalah

Menurut Investopedia, pengertian deposit adalah istilah dalam keuangan yang dapat diartikan sebagai transfer dana ke pihak lain seperti bank untuk diamankan. Selain itu, deposit juga bisa mengacu pada saat sebagian dana digunakan sebagai jaminan sebelum bisa memperoleh sebuah barang.

Baca juga: Investasi Mudah, Deposit Rupiah dan Jual Beli Aset Crypto di Pintu!

Contoh-Contoh Deposit

Demand Deposit

Demand deposit adalah jenis deposit di mana kamu bisa mengambil dana kapan saja, bahkan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Contoh umum dari demand deposit yaitu rekening tabungan serta rekening giro.

Saving Deposit

saving deposit adalah

Merupakan salah satu jenis demand deposit pada bank atau lembaga keuangan lainnya. Kamu bisa menarik dana dari rekening tabungan tanpa batas. Saving deposit dikenai bunga, namun umumnya berjumlah kecil. Beberapa rekening tabungan memerlukan saldo minimum untuk menghindari biaya bunga tertinggi, sementara ada juga yang tidak mempunyai syarat saldo minimum.

Time Deposit

Time deposit adalah rekening bank berbunga yang dikenai tanggal jatuh tempo. Tingkat bunga yang diterapkan umumnya lebih tinggi dari rekening tabungan biasa. Semakin lama tanggal jatuh temponya, maka tingkat pembayaran bunga akan semakin tinggi. Salah satu contoh dari time deposit yaitu certificate of deposit.

Sederhananya, time deposit adalah rekening tabungan, di mana pemilik dari rekening tersebut tidak bisa bertransaksi dengan dana tersebut dalam kurun waktu tertentu. Jika jangka waktunya kurang dari satu tahun, maka disebut deposito berjangka pendek, sedangkan jika lebih dari satu tahun disebut deposito jangka panjang.

Term Deposit

Term deposit adalah jenis rekening deposito yang tersedia di lembaga keuangan, di mana dana yang ada akan dikunci dalam jangka waktu tertentu. Biasanya merupakan deposito jangka pendek dengan jangka waktu satu bulan hingga beberapa tahun.

Ketika investor menyerahkan dana di bank dalam bentuk term deposit, selanjutnya bank menggunakan uang itu untuk dipinjamkan ke konsumen atau bisnis lain. Sebagai imbalan kepada investor, pihak bank akan memberi kompensasi dalam bentuk bunga.

Refundable Deposit

Refundable deposit adalah jaminan yang bisa ditarik kembali oleh investor atau deposit yang bisa diperoleh kembali setelah jangka waktu tertentu. Contoh umum dari refundable deposit adalah uang jaminan dan deposit sewa.

Customer Deposit

customer deposit adalah

Customer deposit adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan terlebih dahulu kepada pihak perusahaan untuk bisa memperoleh sebuah barang atau jasa.

Customer deposit biasanya digunakan karena salah satu dari tiga kondisi berikut, yaitu:

  • Kredit konsumen buruk, sehingga perusahaan tidak mempercayai konsumen tersebut dan pihak perusahaan akan meminta pembayaran di muka.
  • Biaya produksi yang tinggi. Ketika perusahaan menilai biaya produksi terlalu tinggi, maka perusahaan akan meminta deposit dari konsumen untuk menutup biaya produksi tersebut.
  • Produk Spesial. Ketika konsumen meminta produk khusus, misalnya dengan desain khusus yang tidak bisa dijual kepada konsumen lain, maka perusahaan akan meminta deposit untuk mencegah pembatalan pesanan.

Deposit dalam Jual Beli Aset Crypto

Deposit dalam crypto adalah sejumlah uang yang harus disetorkan investor untuk bisa melakukan pembelian aset crypto. Salah satu tujuan adanya deposit ini adalah untuk memudahkan pengguna yang ingin melakukan jual beli aset crypto. Di Pintu sendiri, deposit bisa dilakukan secara instan dan bebas biaya (kecuali biaya transfer jika memang ada)

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengertian deposit dan contoh-contohnya. Sekarang, kamu sudah paham mengenai apa itu deposit, bukan? Beberapa jenis deposit seperti Time Deposit dan Term Deposit bisa dijadikan instrumen investasi yang menarik, namun bunga yang diperoleh memang relatif kecil.

Buat kamu yang sedang mencari instrumen investasi yang potensial, crypto bisa jadi pilihan yang cukup menarik, nih! Per 2 September 2021, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar telah meningkat 366% dibandingkan tahun sebelumnya pada bulan yang sama.

Nah, buat kamu yang tertarik melakukan jual beli crypto, download Pintu sekarang! Investasi dan trading berbagai aset bisa dimulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Accountingtools, What is Customer Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Buildium, Refundable Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Julia Kagan, Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

James Chen. Security Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Investopedia, Demand Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Investopedia, Time Deposit. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Investopedia, Saving Account. Diakses tanggal: 01-09-2021.

Author
Cornelia Lyman
Topics
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.