Jurnal Pembalik: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Updated
February 1, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Jurnal Pembalik: Pengertian, Fungsi dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Jurnal Pembalik adalah jurnal khusus yang secara otomatis dibalik setelah tanggal yang ditentukan. Jurnal pembalik hanya ada sampai tanggal yang tertera dan akan efektif hanya ketika mereka dimasukkan dalam laporan. Jurnal pembalik digunakan dalam pelaporan interim (sementara) selama tahun keuangan di mana akrual harus dilaporkan.

Akrual adalah metode penghitungan dalam akuntansi yang hanya mencatat transaksi ketika transaksi tersebut dilakukan, bukan saat dana kas yang digunakan untuk transaksi tersebut diterima atau diserahkan.

 Akrual ini biasanya berjangka pendek dan dibersihkan pada periode berikutnya. Namun, untuk mendapatkan perspektif yang tepat, pengambil keputusan membutuhkan laporan yang berdampak penuh dari semua aspek dan transaksi.

Manajemen dapat menggunakan jurnal Pembalik untuk menghitung atau menyediakan penyusutan (depresiasi). Hal ini karena depresiasi biasanya diberikan pada akhir tahun, dengan menggunakan jurnal pembalik manajemen perusahaan dapat memasukkannya untuk pelaporan bulanan atau periode tertentu untuk memberikan status atau posisi yang lebih akurat.

Apa itu Jurnal Pembalik

Jurnal pembalik atau disebut juga dengan nama entri pembalik adalah sebuah jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi untuk menghapus entri penyesuaian transaksi yang sebelumnya telah dibuat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perhitungan ganda atas transaksi yang dilakukan. Selain itu, jurnal pembalik juga dapat digunakan untuk menghasilkan proses pencatatan transaksi yang lebih efisien.

Jurnal pembalik biasanya dibuat untuk memudahkan pemegang pembukuan keuangan untuk menghapus beban transaksi yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Pemegang pembukuan keuangan dapat menghapus transaksi tersebut karena sudah dibayarkan agar perusahaan tidak membayarkan beban tersebut berulang kali.  Dengan memanfaatkan jurnal pembalik, pemegang pembukuan tidak perlu mengingat-ingat transaksi akrual pada tahun sebelumnya yang sudah dibayarkan.

Meskipun jurnal pembalik bersifat opsional, namun memiliki jurnal pembalik dapat mengurangi risiko perusahaan melakukan pembayaran ganda. 

Baca juga: Petty Cash: Definisi dan Jenis-jenisnya dalam Akuntansi

Fungsi dan Manfaat Jurnal Pembalik

Secara lebih terperinci, jurnal pembalik memiliki banyak fungsi dalam proses pencatatan keuangan perusahaan. Walaupun tidak setiap perusahaan merasa perlu untuk menyusun jurnal pembalik, namun perusahaan yang menyusun jurnal pembalik akan mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini:

Membantu Pencatatan Transaksi

Jurnal pembalik akan membalikkan semua transaksi yang telah dilakukan di jurnal penyesuaian (adjusting entries). Oleh sebab  itu dengan menyusun jurnal pembalik, pemegang pembukuan akan  semakin terbantu dalam mencatat transaksi akrual. Pekerjaan pemegang pembukuan akan semakin akurat dan cepat. Selain itu risiko pembayaran ganda juga dapat diminimalisir.

Memudahkan Pembuatan Laporan Keuangan

Jurnal pembalik tidak hanya memudahkan pencatatan transaksi namun juga dapat membantu dalam penyusunan laporan keuangan. Transaksi yang tercatat secara terperinci akan mempermudah manajemen untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

Penggunaan Teknologi Terbaru

Jurnal pembalik merupakan inovasi baru di bidang keuangan perusahaan. Selain membantu proses pencatatan transaksi, manajemen akan terbiasa untuk mengadopsi metode terbaru saat menjalankan perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan kemampuan perusahaan dalam menghadapi perubahan zaman.

Langkah Menyusun Jurnal Pembalik

langkah menyusun jurnal pembalik

Terdapat empat jenis akun yang dapat digunakan untuk menyusun jurnal pembalik, yang pertama adalah Beban Dibayar Dimuka, pendapatan dibayar dimuka, Beban yang masih harus dibayar, dan Pendapatan yang masih harus diterima. Berikut ini penjelasan lengkap pada masing-masing akun tersebut:

Beban dibayar dimuka

 Akun ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang mengeluarkan beban di awal periode untuk membayar sewa gedung atau membayar bahan baku. Contoh penggunaan jurnal pembalik pada akun beban dibayar dimuka adalah sebagai berikut:

Sebuah perusahaan ritel membayar sewa ruko pada bulan November 2022 dan akan berakhir pada November 2023 sebesar Rp12.000.000. Beban tersebut harus dibayar pada bulan November 2023, maka jurnal pembalik pada akun tersebut akan tampak seperti berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Nov 2022SewaRp 12.000.000
Rp 12.000.000

Pada bulan Desember 2022, laporan keuangan bulanan perusahaan tersebut akan nampak sebagai jurnal penutup seperti  berikut ini:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Des 2022SewaRp 11.000.000
Rp 11.000.000

Pada awal periode akuntansi di bulan Januari, jurnal pembalik pada akun sewa adalah sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Jan 2022SewaRp 10.000.000
Rp 10.000.000

Pada jurnal diatas, tersisa dana Rp10.000.000 yang nantinya masih dapat dinikmati hingga bulan November 2023. Hal ini memungkinkan pemegang pembukuan tidak harus mengingat kapan transaksi sewa akan berakhir dan mencegah perusahaan membayar sewa ganda.

Pendapatan Diterima Dimuka

Akun Kedua yang dapat digunakan untuk menyusun Jurnal pembalik adalah akun Pendapatan Diterima Dimuka. Contoh kasus pendapatan diterima dimuka bisa kita temui pada perusahaan social media manager yang menarik pembayaran dimuka untuk menyiapkan segala keperluan seperti membayar gaji pegawai, membayar content creator, membuat anggaran iklan, dan lain sebagainya.

Jurnal pembalik pada akun pendapatan diterima dimuka adalah sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Nov 2022Beban PupukRp 12.000.000
Utang Pupuk Rp 12.000.000

Pada bulan Desember, laporan keuangan bulanan atau jurnal penutup perusahaan perkebunan sawit akan tampak sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Des 2022Beban PupukRp 11.000.000
Utang Pupuk Rp 11.000.000

Pada awal periode akuntansi di bulan Januari, jurnal pembalik pada akun hutang pupuk adalah sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Jan 2022Beban PupukRp 10.000.000
Utang Pupuk Rp 10.000.000

Dari jurnal pembalik diatas, perusahaan dapat mengetahui bahwa perusahaan masih memiliki utang sebesar Rp10.000.000 untuk dibayar pada 10 bulan kedepan.

Baca juga: Jurnal Penutup: Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

Pendapatan yang masih harus diterima

Jenis akun jurnal pembalik yang terakhir adalah Pendapatan yang masih harus diterima. Pada jenis akun ini, perusahaan harus menalangi biaya produksi hingga akhir periode akuntansi atau hingga proyek selesai dan perusahaan menerima pembayaran dari klien atau pelanggan. Contoh studi kasus pada akun pendapatan yang masih harus diterima misalkan pada distributor yang memiliki piutang dagang pada penjual ritel atau pengecer. Maka jurnal pembalik perusahaan tersebut akan nampak seperti di bawah ini:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Nov 2022Piutang DagangRp 12.000.000
Rp 12.000.000

Pada bulan Desember, laporan keuangan bulanan atau jurnal penutup perusahaan perkebunan sawit akan tampak sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Des 2022Piutang DagangRp 11.000.000
Rp 11.000.000

Pada awal periode akuntansi di bulan Januari, jurnal pembalik pada akun hutang pupuk adalah sebagai berikut:

TanggalAkunReferensiDebitKredit
1 Jan 2022Beban PupukRp 10.000.000
Utang Pupuk Rp 10.000.000

Dari jurnal pembalik diatas, perusahaan dapat mengetahui bahwa perusahaan masih memiliki utang sebesar Rp10.000.000 untuk dibayar pada 10 bulan kedepan.

Kesimpulan 

Kamu sudah tahu manfaat apa saja yang didapat dengan menyusun jurnal pembalik. Selain itu, kamu juga sudah tahu langkah apa saja yang harus ditempuh untuk menyusun jurnal pembalik. Untuk bisa mendapatkan pengetahuan keuangan yang lebih mendalam, jangan lupa untuk membaca artikel keuangan Pintu yang lain.

Untuk bisa mendapatkan pasif income dan juga meraih keamanan finansial, kamu harus tahu bagaimana cara berinvestasi yang tepat. Ada berbagai instrumen yang bisa kamu gunakan berinvestasi, salah satunya adalah cryptocurrency. Dengan Pintu, kamu bisa investasi cryptocurrency mulai dengan Rp11.000 saja. Kamu bisa investasi ke berbagai cryptocurrency unggulan seperti Bitcoin, Ethereum, BNB, dan masih banyak lagi. 

Kamu juga bisa gunakan fitur PTU Staking dan Pintu Earn untuk bisa mendapatkan pasif income.

Dapatkan juga informasi berita crypto terbaru melalui Pintu News dan perdalam wawasan kamu dengan belajar crypto hanya di Pintu Academy. Buruan install aplikasinya sekarang juga! 

Referensi:

Accountingtools.com, what is reversing entry, diakses tanggal 25 Desember 2022

Thebalancemoney.com, what are reversing entry, diakses tanggal 25 Desember 2022

Accountingcouch, reversing entry, diakses tanggal 25 Desember 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->