7 Manfaat Emas dan Perak Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Bisa Investasi?

Updated
March 18, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 7 Manfaat Emas dan Perak Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Bisa Investasi?
Reading Time: 3 minutes

Emas dan perak adalah dua jenis logam yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dibandingkan logam yang lain, kedua logam ini memang lebih mudah ditemukan. Apa saja manfaat emas dan perak dan kenapa banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi di kedua jenis logam tersebut? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Bahan Pembuat Perhiasan dan Uang Logam

Manfaat emas dan perak dalam kehidupan sehari-hari salah satunya untuk membuat perhiasan. Perhiasan emas memang sangat populer di kalangan masyarakat, namun demikian juga dengan perhiasan perak. Karena harganya yang lebih terjangkau, maka orang-orang yang memiliki budget minim banyak membeli perhiasan perak.

Manfaat lainnya adalah untuk membuat uang logam. Emas dan perak akan dicampur dengan logam lainnya untuk kemudian dijadikan uang logam yang bisa kita gunakan sebagai alat tukar.

Baca juga: Cara Menghitung Kadar Emas dan Harganya, Mudah!

Bahan Baku Pembuatan Medali

Medali emas dan perak merupakan simbol penghargaan dalam berbagai ajang perlombaan atau kejuaraan. Oleh karena itu, salah satu kegunaan perak dan emas lainnya adalah untuk dimasukkan ke dalam bahan baku untuk membuat medali.

Aset Investasi

grafik harga emas 2023 terbaru
(Sumber: Tokopedia)

Bagi kamu yang suka berinvestasi, manfaat jenis sumber daya alam emas dan perak adalah sebagai aset investasi yang menguntungkan. Nilai emas cenderung naik dari tahun ke tahun dan terlindung dari inflasi. Itulah mengapa banyak orang suka menjadikan emas sebagai aset untuk investasi jangka panjang.

Beberapa tahun terakhir nilai emas juga tergolong stabil, hingga mengalami kenaikan sebesar 10%. Namun sebagai catatan, agar bisa mendapat keuntungan yang besar kamu harus menginvestasikan emas dalam waktu lama, mulai dari 5 atau bahkan hingga 20 tahun.

Simak peluang investasi emas dibandingkan saham, reksadana hingga crypto lewat video eksklusif Pintu berikut.

Perlengkapan Untuk Pesawat Ruang Angkasa

Tahukah kamu bahwa salah satu manfaat emas dan perak bagi manusia adalah sebagai perlengkapan untuk membuat pesawat luar angkasa. Pesawat luar angkasa membutuhkan emas sebagai pelapis beberapa bagiannya. Salah satu kelebihan emas adalah relatif tahan terhadap panas matahari, sehingga sangat ideal untuk dijadikan bahan pembuat pesawat luar angkasa.

Karena kelebihan tersebut, kini emas juga digunakan sebagai bahan pelapis pada pelindung kepala astronaut. Kadar emas yang dipakai memang sangat kecil, namun perannya sangat besar karena bisa mengurangi intensitas panas matahari pada astronot.

Baca juga: 10 Ciri Emas Asli dan Perbedaannya dengan Emas Palsu

Untuk Menambal Gigi

Kalau kamu masih penasaran dengan apa manfaat dari emas lainnya, kamu pasti sudah sering melihat orang yang menambal giginya dengan logam ini, bukan? Hal ini ternyata sudah dilakukan sejak lama lho! Selain untuk menambal, emas juga sering digunakan untuk membuat gigi palsu. Emas tidak akan bereaksi dengan logam dan senyawa lain, sehingga aman untuk gigi.

Untuk Perawatan Kulit

Sudah sejak lama emas dikenal sangat bermanfaat untuk kulit, bahkan sejak zaman Cleopatra. Saat ini banyak produk dan prosedur perawatan kulit yang mengandung emas dan menawarkan segudang manfaat. Bagi kulit, emas dapat mengatasi penuaan dini dan membuat kulit terlihat lebih awet muda.

Meningkatkan Status Sosial

Ini mungkin hal yang cukup sepele, tapi emas memang bisa menjadi lambang status sosial seseorang. Jika seseorang mampu membeli logam mulia tersebut dan mengoleksi perhiasan emas, maka biasanya ia akan dianggap mapan secara finansial.

Itu dia berbagai manfaat emas dan perak yang perlu kamu ketahui. Emas sangat menguntungkan sebagai alat investasi dan bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Selain emas, investasi lain yang bisa dimulai dengan modal kecil adalah crypto. Di Pintu, kamu bisa berinvestasi crypto mulai dari Rp11.000 saja. Tertarik? Download Pintu sekarang, belajar crypto dan langsung mulai berinvestasi!

Referensi:

Topik
#emas
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->