7 Manfaat Kreativitas Bagi Kehidupan Ekonomi

Updated
September 23, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 7 Manfaat Kreativitas Bagi Kehidupan Ekonomi
Reading Time: 4 minutes

Kreativitas merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam aspek ekonomi, yang tentu memiliki banyak manfaat. Kreativitas adalah sebuah fenomena di mana sesuatu yang baru dan berharga terbentuk. Jika diuraikan lebih dalam, ada banyak manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi. Artikel kali ini akan membahas 7 manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi.

manfaat kreativitas dalam ekonomi

Sebuah kreativitas ekonomi bisa memengaruhi seseorang untuk terus menciptakan produk terbaru. Misalnya saja bahan baku bayam, dikenal orang hanya bisa diolah menjadi sayur berkuah.

Akan tetapi jika seseorang memiliki kreativitas di bidang ekonomi, ia mungkin akan mengolah bahan baku tersebut menjadi santapan yang berbeda, misalnya dengan mengubahnya menjadi keripik bayam dan berbagai olahan lainnya.

Hal tersebut merupakan contoh manfaat kreativitas yang bisa menumbuhkan alternatif tindakan ekonomi. Alternatif tindakan ini sangat berguna, dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin besar.

Mengolah Suatu Benda Menjadi Lebih Bernilai

Kreativitas sangat diperlukan manusia, terutama dalam mengolah suatu bahan baku. Bahan baku atau benda akan terlihat biasa saja jika berada di tangan orang yang kurang kreatif.

Misalnya saja tanah liat, pasti akan menjadi sebuah benda bernilai seni tinggi jika dibuat oleh orang-orang kreatif. Di sinilah fungsi kreativitas ekonomi, yakni bisa mengolah suatu benda menjadi bernilai tinggi.

Kreativitas ini juga diperlukan dalam bidang pemasaran, agar bisa mendapatkan penjualan maksimal. Misalnya saat penjualan toko menurun, ide kreatif seperti mengadakan promo tertentu, pasti berguna agar penjualan meningkat.

Mempermudah Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi mencakup produksi, distribusi, serta konsumsi. Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi sangat terasa dalam berbagai kegiatan. Misalnya saja dalam proses produksi sebuah barang atau jasa.

Tanpa adanya kreativitas, pasti akan kesulitan menentukan jenis produk atau jasa. Mulai dari komposisi, cara produksi, sampai pemilihan kemasan memerlukan kreativitas di dalamnya. Tujuannya agar bisa terus berinovasi menciptakan barang baru yang bisa bersaing di pasaran.

Baca juga: Apa itu Harga Keseimbangan (Equilibrium) dalam Pasar?

Membuat Bisnis Tetap Kompetitif

manfaat kreativitas dalam kehidupan

Kreativitas bisa membuat bisnis menjadi semakin kompetitif, sehingga pasar akan terus berkembang. Bayangkan jika semua barang atau jasa sifatnya monoton, tanpa persaingan yang ketat, tentu akan sulit menemukan barang atau jasa baru.

Padahal, semakin majunya zaman, perlu ada perubahan dalam hal ekonomi. Kreativitas ini akan menghasilkan inovasi produk dan jasa baru serta berguna untuk mengubah pasar menjadi semakin menggeliat, dan tetap kompetitif.

Adanya bisnis yang kompetitif ini akan memaksa para pemiliknya untuk mencari cara baru agar terus bisa bersaing. Tanpa kreativitas, tentu sebuah bisnis akan mudah sekali kandas akibat persaingan.

Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kreativitas salah satunya. Bisnis yang bertumbuh akan mempengaruhi pertumbuhan sistem ekonomi sebuah negara.

Bagaimana bisa demikian? Dengan adanya pertumbuhan bisnis, pasti akan memunculkan banyak usaha baru. Mata rantai ekonomi dapat terpenuhi jika sebuah bisnis bertumbuh dengan baik.

Pertumbuhan ekonomi yang terus menggeliat juga dapat menopang kesejahteraan masyarakat. Berawal dari ide kecil, tidak menutup kemungkinan bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Baca juga: Apa Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi?

Meningkatkan Kualitas Produk

Sebuah produk yang diciptakan tidak boleh stagnan dari segi kualitas. Harus ada peningkatan agar bisa memuaskan pelanggan, serta amunisi bersaing dengan usaha lainnya.

Tanpa kreativitas, kualitas produk akan tetap berjalan di tempat. Tidak ada perkembangan dari segi fitur, kemasan, dan sejenisnya.

Contohnya Android, salah satu produk teknologi yang terus berinovasi. Tujuannya, agar tidak kehilangan pelanggan dan bisa bersaing dengan iOS serta perusahaan teknologi lainnya.

Selain itu, produk yang stagnan tanpa kreativitas biasanya akan mudah ditinggalkan oleh pelanggan. Misalnya saja Nokia, yang tertinggal oleh produk-produk saingannya karena tidak bisa beradaptasi.

Alhasil, Nokia yang dulu booming kemudian ditinggalkan oleh penggunanya. Pengguna loyal Nokia kemudian beralih ke Android, yang dinilai lebih sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pengguna.

Membuka Banyak Lapangan Kerja

Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi lainnya adalah menjadi pembuka banyak lapangan kerja. Perusahaan yang terus berkembang akibat kreativitas, pastinya memerlukan lebih banyak tenaga kerja baru untuk lebih memajukan bisnisnya. Fenomena ini juga terlihat dari lahirnya bisnis-bisnis startup yang menjaring banyak tenaga kerja meski hanya memiliki modal dan skala bisnis yang kecil pada awalnya.

Tanpa adanya kreativitas, lapangan pekerjaan yang tersedia juga akan semakin terbatas dan tidak bisa bertumbuh. Padahal, pertumbuhan penduduk Indonesia pasti akan terus meningkat begitu pula kebutuhan akan lapangan pekerjaan. Dengan kreativitas, berbagai bidang pekerjaan baru pun ikut muncul, sebut saja digital marketing, cyber security, driver ojek online dan banyak lagi. Profesi-profesi ini mungkin tidak bisa kamu temukan 30-40 tahun yang lalu.

Ternyata, kreativitas sangatlah diperlukan, tidak hanya dalam keseharian, namun juga untuk menopang perekonomian. Ide kreatif ini juga bisa muncul dari mana saja, asalkan kamu bisa peka terhadap kondisi dan perkembangan sekitar. Menarik sekali, bukan?

Bukan hanya dalam bisnis, kreativitas juga penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dengan belajar cara berinvestasi untuk menumbuhkan aset kamu. Namun, pastikan kamu mengetahui bahwa tiap investasi memiliki risikonya, jadi pastikan untuk mempelajar dasar dari tiap aset tersebut sebelum mulai berinvestasi.

Terdapat berbagai macam investasi di luar sana, mulai dari saham, forex hingga crypto. Crypto sendiri menjadi salah satu aset yang tengah diminati masyarakat Indonesia saat ini.

Buat kamu yang ingin memulai investasi crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang di  App Store dan Play Store kamu masing-masing!

Referensi:

Namira Dwi Martina Yogi. Pentingnya Kreativitas Dalam Berwirausaha. Diakses 2 September 2022

Philmckinney. How Does Creativity Benefit the Economy?. Diakses 2 September 2022

Wikipedia. Creativity. Diakses 2 September 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->