Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, dan Contoh

Updated
November 3, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, dan Contoh
Reading Time: 3 minutes

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari manusia. Untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup, tiap orang harus terlibat dalam kegiatan ekonomi. Apa itu kegiatan ekonomi, pengertian, tujuan dan bagaimana contohnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Baca juga: Apa itu Pelaku Ekonomi?

Pengertian Kegiatan Ekonomi

apa itu kegiatan ekonomi

Sadar maupun tidak, setiap aktivitas manusia selalu berkaitan erat dengan kegiatan ekonomi. Karena kebutuhan hidup setiap manusia berbeda, maka kegiatan ekonomi yang dilakukan tiap orang pun akan berbeda pula. Dalam hal ini, setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan memiliki tujuan berbeda sesuai kebutuhan hidup masing-masing orang yang terlibat di dalamnya.

Dilansir dari Your Article Library, kegiatan ekonomi adalah berbagai aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan manfaat ekonomi atau finansial melalui produksi, penjualan, maupun pembelian berbagai barang maupun layanan.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Ketika seorang individu melakukan suatu kegiatan ekonomi tertentu, sudah pasti terdapat tujuan di baliknya yang hendak dicapai. Secara umum, tujuan utama kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan konsumen.

Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Berdasarkan definisi dan tujuannya, jenis kegiatan ekonomi terbagi lagi menjadi empat sektor, yaitu:

Primer

Hampir setiap sektor utama perekonomian selalu melibatkan produksi ataupun ekstraksi dari bahan-bahan mentah. Kegiatan ekonomi primer adalah kegiatan ekonomi yang berfokus pada pemrosesan bahan-bahan mentah. Adapun kegiatan ekonomi primer yang dimaksud meliputi kehutanan, perikanan, pertambangan hingga pertanian. Pengolahan berbagai jenis bahan mentah beserta metode pengemasan juga masuk dalam sektor satu ini.

Sekunder

Macam-macam kegiatan ekonomi berikutnya adalah kegiatan ekonomi sekunder. Sektor ini berkaitan dengan produksi barang jadi. Proses produksi barang tersebut berasal dari aneka bahan mentah yang dipasok dari sektor primer.

Pada dasarnya, kegiatan ekonomi sekunder adalah segala macam kegiatan manufaktur, sistem pemrosesan hingga konstruksi perekonomian. Secara umum, jenis kegiatan ekonomi sekunder adalah kegiatan produksi.

Contoh kegiatan produksi adalah pengerjaan logam, konstruksi, peleburan, produksi mobil dan tekstil, pekerjaan di bidang industri teknik dan kimia, serta banyak lagi. Bidang satu ini juga mempekerjakan pekerja campuran, baik yang terorganisir maupun tidak.

Tersier

Sebagian besar kegiatan ekonomi tersier selalu mengacu pada industri jasa perekonomian. Pada dasarnya, kegiatan ekonomi tersier adalah kegiatan ekonomi yang berfokus pada penyediaan jasa komersial untuk masyarakat umum, penjualan barang hasil ekonomi sekunder, dan berbagai bidang lain.

Adapun contoh dari kegiatan ekonomi tersier antara lain, usaha restoran, penjualan eceran maupun grosir, pengangkutan barang dan jasa, serta lain sebagainya.

Kuarter

Kegiatan ekonomi kuarter adalah aktivitas ekonomi yang berlandaskan pada inovasi dan teknologi. Kegiatan ekonomi jenis ini antara lain, penelitian, teknologi informasi, budaya, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Contoh Kegiatan Ekonomi

contoh kegiatan ekonomi

Di bawah ini, terdapat beberapa contoh dari aktivitas ekonomi yang dilakukan berbagai sektor ekonomi suatu negara.

Kegiatan Ekonomi Sektor Perkebunan

Berbagai aktivitas perekonomian yang termasuk dalam sektor perkebunan umumnya berkaitan dengan aktivitas tanam-menanam. Dari aktivitas tersebut, nantinya menghasilkan barang tertentu untuk dijual secara langsung kepada konsumen. Contohnya seperti kebun sawit, kebun apel, dan sebagainya.

Kegiatan Ekonomi Sektor Pertanian

Jika bicara soal aktivitas ekonomi yang bergerak di sektor pertanian, tentu tidak lepas dari faktor tanah. Tidak bisa dipungkiri, kondisi tanah yang sempurna akan menghasilkan produk yang berkualitas pula. Contohnya seperti padi, kentang, wortel, dan sebagainya.

Kegiatan Ekonomi Sektor Industri

Secara umum, kegiatan ekonomi pada sektor industri meliputi segala jenis kegiatan usaha yang dilakukan secara perorangan maupun lembaga dalam mengolah bahan baku. Nantinya, bahan baku tersebut akan dijadikan barang jadi atau setengah jadi. Salah satu contohnya adalah pabrik roti.

Kegiatan Ekonomi Sektor Jasa

Sesuai dengan namanya, kegiatan ekonomi pada sektor jasa sangat terkait dengan pemberian pelayanan. Contohnya seperti lembaga keuangan atau perbankan, jasa transportasi, perusahaan asuransi, perhotelan, dan sebagainya.

Dari berbagai penjelasan di atas, bisa terlihat bahwa kegiatan ekonomi adalah salah satu kegiatan yang memiliki peran sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pintu, Aplikasi Jual Beli Bitcoin dan Aset Crypto Lain

Halo, kami adalah Pintu, aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa melakukan investasi dan trading berbagai aset crypto mulai dari Bitcoin, ETH, DOGE, Polkadot Coin, dan banyak lagi hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Download Pintu sekarang!

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency?

Referensi:

Insee. Economic Activity. Diakses 30 Oktober 2021

Yourarticlelibrary. Economic Activities: Meaning, Characteristics and Objectives. Diakses 30 Oktober 2021

WorldAtlas. What Are The 4 Types Of Economic Activity?. Diakses 30 Oktober 2021

Anatha Ginting. Economic Activity | Definition, Type, Actors, Characteristics, Goals. Diakses 30 Oktober 2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+