Subsidi Adalah: Pengertian, Jenis & Fungsinya

Updated
April 29, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Subsidi Adalah: Pengertian, Jenis & Fungsinya
Reading Time: 4 minutes

Menurut Cambridge Dictionary dan Merriam-Webster Dictionary, subsidi adalah hibah atau pemberian yang diberikan pemerintah kepada individu atau perusahaan untuk mendorong suatu kebijakan atau insentif yang menguntungkan publik.

Subsidi adalah alat yang sering digunakan pemerintah untuk mempengaruhi pertumbuhan sosio-ekonomi. Oleh sebab itu, mempelajari apa itu subsidi adalah hal yang menarik karena dapat membantu kita dalam memahami dampaknya pada masyarakat.

Subsidi adalah tunjangan yang diberikan secara langsung atau tidak langsung dengan tujuan untuk mengurangi beberapa jenis beban yang ditanggung penerima subsidi. Subsidi adalah hal yang kerap dianggap sebagai insentif yang dapat memberikan peningkatan untuk kepentingan publik secara keseluruhan. Namun tidak jarang subsidi juga memberikan dampak buruk bagi masyarakat.

Yuk cari tahu apa itu subsidi, sekaligus jenis dan dampaknya melalui artikel Pintu di bawah ini!

Apa Itu Subsidi?

Subsidi adalah hibah atau pemberian yang diberikan secara langsung atau tidak langsung dari pemerintah kepada individu, lembaga, atau perusahaan.

Dalam teori ekonomi, subsidi adalah alat yang dapat digunakan untuk mengimbangi kegagalan pasar dalam mencapai efisiensi ekonomi yang lebih besar. Tujuan subsidi adalah untuk memberi dukungan atau insentif pada komponen ekonomi yang dianggap sebagai bagian penting dari ekonomi atau infrastruktur nasional.

Contoh subsidi adalah bantuan pemerintah terhadap industri diantaranya adalah kredit pajak atau pajak konsumen. Jenis subsidi ini sering diberikan oleh pemerintah untuk mendukung bagian penting ekonomi yang dianggap rentan terhadap kekuatan eksternal.

Akan tetapi meskipun dapat memberi dampak positif langsung pada industri atau perusahaan tertentu yang terlibat, para ekonom berpendapat bahwa subsidi bertentangan dengan perdagangan bebas dan menciptakan inefisiensi pasar.

Terdapat sejumlah kritik terhadap subsidi yang ditunjukkan dengan adanya masalah penyaluran dan alokasi subsidi yang optimal. Masalah lain yang dikritisi pada pemberian subsidi adalah kurangnya kemampuan dalam menghitung biaya yang tidak terlihat. 

Selain itu, pemberian subsidi kerap ditemukan adanya insentif politik sehingga membuat subsidi justru memberikan lebih banyak masalah daripada manfaat.

Baca juga: Pengertian dan Rumus Anuitas

Jenis-Jenis Subsidi

Subsidi adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendorong produksi dan konsumsi di industri tertentu. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka. Beberapa jenis subsidi adalah sebagai berikut:

Subsidi Bahan Bakar 

Subsidi bahan bakar bertujuan untuk meringankan beban rakyat sehingga kegiatan ekonomi berjalan dengan lancar dan tidak terjadi inflasi.

Subsidi Makanan

Dimaksudkan untuk memastikan kecukupan pangan bagi masyarakat.

Subsidi Kesehatan

Subsidi kesehatan bertujuan untuk memastikan akses kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Hal ini dapat berdampak pada masyarakat yang lebih produktif sehingga pembangunan nasional dapat meningkat.

Subsidi Pendidikan

Bertujuan untuk memenuhi hak seluruh masyarakat atas akses pendidikan yang terjangkau bagi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat lebih produktif karena memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan lapangan pekerjaan.

Subsidi Perumahan

Subsidi perumahan bertujuan untuk memastikan akses perumahan yang terjangkau bagi masyarakat. Dengan begitu masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar dengan layak.

Subsidi Pertanian 

Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi petani serta memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat.

Subsidi Industri

Subsidi yang diberikan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri dan menciptakan lapangan kerja.

Manfaat Positif Subsidi

apa itu subsidi

Subsidi adalah upaya pemerintah dalam melakukan intervensi pasar yang memiliki dampak positif dan negatif tergantung bagaimana pemerintah mengelolanya. Beberapa dampak positif yang mungkin terjadi akibat subsidi adalah:

Subsidi yang dikelola dengan baik dan tepat sasaran dapat menurunkan harga barang atau layanan tertentu. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengurangi biaya hidup bagi masyarakat yang kurang mampu.

Meningkatkan Daya Saing Industri

Subsidi juga terbukti dapat membantu industri agar dapat bersaing dengan industri luar negeri. Dengan subsidi, industri dapat mengadopsi teknologi yang lebih modern, menawarkan harga yang lebih kompetitif, serta meningkatkan kualitas produk mereka.

Meningkatkan Ketersediaan Barang

Subsidi dapat mencegah kelangkaan barang tertentu, seperti bahan bakar atau makanan, yang penting bagi masyarakat. Hal ini juga dapat membantu mencegah inflasi dan gejolak sosial akibat kelangkaan bahan pokok.

Baca juga: Sistem Pemrosesan Transaksi

Dampak Negatif Subsidi

Meskipun memiliki banyak dampak positif, subsidi juga memiliki sisi lain yang berdampak negatif untuk perekonomian negara. Hal ini bergantung pengelolaan subsidi apakah efisien dan tepat sasaran. Beberapa dampak negatif yang mungkin terjadi akibat subsidi adalah:

Meningkatkan Defisit Anggaran

Jika subsidi tidak diimbangi dengan pendapatan yang lebih besar atau pengeluaran yang lebih efisien, subsidi dapat menyebabkan defisit anggaran pemerintah yang dapat memengaruhi stabilitas ekonomi dan menimbulkan masalah jangka panjang.

Menimbulkan Ketimpangan Ekonomi

Subsidi diberikan kepada sektor atau individu tertentu dan dapat menyebabkan ketimpangan ekonomi jika sebagian masyarakat tidak mendapat manfaat dari subsidi. Selain itu, subsidi yang tidak adil atau tidak efektif dapat membantu pemilik usaha besar daripada usaha kecil atau produsen daripada konsumen.

Meningkatkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Subsidi bahan bakar fosil dapat memicu penggunaan bahan bakar fosil yang lebih tinggi, yang dapat berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia.

Meningkatkan ketergantungan

Subsidi dapat menciptakan ketergantungan pada penerima subsidi, yang dapat menghambat inovasi dan keberlanjutan jangka panjang.

Penutup

Subsidi bukanlah satu-satunya langkah yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian negara. Langkah yang lebih tepat untuk mendorong kesejahteraan masyarakat jangka panjang adalah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola keuangan pribadi, salah satunya dengan berinvestasi.

Selain dapat meningkatkan kesejahteraan, dana investasi juga dapat meningkatkan inovasi dan ketersediaan modal bagi industri. Sehingga dalam jangka panjang industri dapat meningkatkan daya saing, kualitas produk, serta menyediakan lapangan pekerjaan.

Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Referensi: 

Gordon Scott, Subsidies: Definition, How They Work, Pros and Cons, diakses tanggal 13 April 2023 

Evan Tarver, How Do Government Subsidies Help an Industry, diakses tanggal 13 April 2023

Tejvan Pettinger, Effect of Government Subsidies, diakses tanggal 13 April 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->