Apa Itu Surat Perjanjian Investasi, Fungsi, dan Contohnya?

Updated
July 13, 2022
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa Itu Surat Perjanjian Investasi, Fungsi, dan Contohnya?
Reading Time: 2 minutes

Dalam dunia investasi, dalam hal ini penanaman modal di sebuah perusahaan, dikenal istilah surat perjanjian investasi. Apa itu surat perjanjain investasi, jenis-jenis serta bagaimana contoh surat perjanjian investasi? Simak selengkapnya dalam artikel berikut inI!

Apa Itu Surat Perjanjian Investasi?

Surat perjanjian investasi adalah jenis perjanjian pemegang saham yang berfungsi untuk mengatur hubungan antara perusahaan dan investor yang akan menanamkan modal di perusahaan tersebut. Dalam pembuatan dokumen ini, sangat penting untuk mengatur hubungan dan aturan antara perusahaan dan investor atau pemegang saham.

Fungsi Surat Perjanjian investasi

Tujuan surat perjanjian investasi berbeda untuk pengusaha dan investor.

Bagi pengusaha, tujuan surat perjanjian investasi adalah untuk memastikan bahwa penanam modal menjalankan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan keuangan

Sedangkan bagi investor, tujuan surat perjanjian investasi adalah untuk melindungi investasinya tanpa membahayakan perkembangan proyek perusahaan.

Isi Surat Perjanjian Investasi

Meskipun mungkin berbeda antara satu surat dan lainnya, beberapa hal yang harus ada di surat perjanjian investasi adalah sebagai berikut.

  • Jumlah Penanaman Modal
  • Manajemen perusahaan
  • Hak-hak para pemegang saham
  • Perkiraan pengeluaran perusahaan
  • Hal-hal eksklusif yang didapat pemegang saham
  • Pengalihan kepemilikan saham ekuitas
  • Kerahasiaan perusahaan dan pemegang saham.

Jenis-jenis Surat Perjanjian Investasi

Karena perusahaan memiliki banyak aktivitas, maka jenis perjanjian investasi yang bisa dilakukan juga beragam. Berikut beberapa jenis surat perjanjian investasi yang banyak digunakan.

Surat Perjanjian Pembelian Saham

Jenis surat ini merupakan salah satu surat perjanjian investasi yang paling sederhana. Prinsipnya adalah karena investor membeli saham perusahaan yang belum diperdagangkan secara publik, maka diperlukan surat perjanjian untuk memastikan terpenuhinya hak dan kewajiban dari tiap pihak.

Surat Perjanjian Opsi Saham

Jenis surat perjanjian investasi ini diberikan kepada karyawan sebuah perusahaan dengan harga penawaran yang harus lebih tinggi dibandingkan nilai pasar per lembar saham.

Surat Perjanjian Saham dengan Batasan

Seperti namanya, surat perjanjian investasi saham ini mengandung berbagai informasi mengenai batasan investor untuk mengambil kepemilikan laba ekuitas dengan atas event tertentu.

Baca juga: 6 Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Contoh Surat Perjanjian Investasi

Untuk bisa lebih memahami tentang apa itu surat perjanjian investasi, simak contoh surat perjanjian investasi berikut ini.

Contoh Surat Perjanjian Investasi Profit Sharing

Contoh Surat Perjanjian Investasi Usaha

Surat perjanjian investasi dilengkapi dengan aturan atau pasal-pasal yang berlaku, agar lebih jelas dan sah. Selain itu, apa saja yang menjadi hak dan kewajiban perusahaan dan pemegang saham sebaiknya disebutkan dalam surat perjanjian.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu surat perjanjian investasi, fungsi, jenis hingga contohnya.

Belakangan ini, jenis-jenis investasi semakin bertambah jumlahnya, salah satunya adalah investasi crypto. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang di App Store dan Play Store kamu masing-masing.

Pintu telah terdaftar resmi di Bappebti dan kamu bisa melakukan jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi

Contractscounsel. Investment Contrack. Diakses 19 Juni 2022

The Finity Law Firm. Investor Agreements. Diakses 19 Juni 2022

UpCounsel. Equity Investment Agreement: Everything You Need to Know. Diakses 19 Juni 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->