Apa Perbedaan Investasi dan Spekulasi?

Updated
January 17, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Perbedaan Investasi dan Spekulasi?
Reading Time: 3 minutes

Ketika seseorang memutuskan untuk meletakan dana pada instrumen saham, forex, crypto, dan lainnya, sebenarnya mereka sedang melakukan spekulasi atau investasi? Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai perbedaan investasi dan spekulasi, termasuk pengertian dan contoh-contohnya.

Baca juga: 7 Jenis Investasi Online dan Cara Memulainya

Apa Itu Spekulasi?

apa itu spekulasi dan contohnya

Pada dasarnya, dalam konteks penanaman modal, spekulasi adalah aktivitas penanaman modal pada suatu produk finansial yang probabilitas gagalnya tinggi. Spekulasi biasanya mengharapkan return yang tingginya abnormal dan belum tentu tercapai.

Pengertian Spekulasi

Dalam berspekulasi, seseorang berusaha membuat keputusan berdasarkan pertimbangan yang didasarkan pada tujuan trading mereka. Meski begitu, risiko dalam berspekulasi cenderung tinggi.

Hal ini senada dengan definisi spekulasi menurut KBBI, yang mana diartikan sebagai dugaan atau tindakan yang tidak berdasarkan kenyataan.

Contoh Spekulasi

Untuk memahami lebih dalam mengenai perbedaan spekulasi dan investasi, kamu bisa melihat contoh spekulasi berikut.

Investor A menanamkan modal pada perusahaan penambangan emas yang masih baru dan tidak stabil. Dalam hal ini, hanya terdapat dua kemungkinan yang mana saham perusahaan bisa saja meroket naik atau justru perusahaan mengalami kebangkrutan.

Kebanyakan investor biasanya tidak akan berinvestasi pada perusahaan seperti di atas. Namun spekulator berani mengambil risiko hilangnya dana mereka demi memperoleh pengembalian yang tinggi.

Pada umumnya, spekulator hanya mengambil keputusan berdasarkan firasat, meskipun ada latar belakang pengalaman dan pendidikan juga yang akan mempengaruhi keputusan mereka secara tidak langsung.

Lalu, Apa itu Investasi?

apa itu investasi dan contohnya

Bentuk investasi sangatlah beragam. Investasi bisa berupa uang, waktu, dan energi. Dalam konteks finansial, investasi artinya membeli dan menjual sekuritas seperti saham dan berbagai produk finansial lainnya. Dari sana, investor berusaha untuk mendapat keuntungan dari modal yang mereka tanamkan.

Pengertian Investasi

Pengertian investasi menurut KBBI adalah penanaman modal atau uang untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan bisa beragam, mulai dalam bentuk aset dasar atau bentuk apresiasi lainnya, misalnya dividen berkala atau pembayaran bunga. Bisa juga bentuknya adalah pengembalian penuh secara tunai dari modal yang ditanamkan.

Dalam perbedaannya dengan trading, investasi adalah tindakan membeli dan menahan sebuah aset dalam jangka waktu lama, setidaknya satu tahun.

Contoh Investasi

Setelah mengetahui tentang contoh spekulasi, kamu juga perlu memahami tentang contoh investasi.

Investor B memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan multinasional. Berdasarkan hasil riset dan analisis laporan keuangan dan riwayat performa, perusahaan ini bisa memberikan dividen yang meningkat secara konsisten dan risiko gagal bayar yang rendah.

Lalu, apa bedanya dengan spekulasi?

Riset dan analisis adalah kunci utama dalam proses berinvestasi. Proses ini termasuk mengevaluasi berbagai faktor aset, pola, dan tren di pasar, serta memanfaatkan analisis teknis maupun fundamental.

Baca juga: 7 Jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Investasinya

Perbedaan Investasi dan Spekulasi

Untuk bisa lebih memahami mengenai perbedaan investasi dan spekulasi, simak tabel perbandingannya di bawah ini.

AspekInvestasiSpekulasi
DefinisiMenanamkan sejumlah modal dengan dasar analisa dan riset mendalamMenanamkan modal pada produk finansial dengan dasar firasat (sebagian besarnya) yang risikonya cenderung di atas rata-rata
RisikoRelatif lebih amanLebih tinggi dibandingkan investasi
Jangka WaktuLama, lebih dari 1 tahunSingkat,  biasanya kurang dari 1 tahun
Jenis PendekatanAmanAgresif

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai perbedaan investasi dan spekulasi. Bagaimana, apakah sejauh ini kamu melakukan investasi atau spekulasi, nih?

Berbicara tentang investasi, belakangan ini investasi crypto sedang menarik perhatian masyarakat Indonesia, terlihat dari jumlah investor crypto yang semakin meningkat dan bahkan telah mencapai 6,5 juta investor di Mei 2021 lalu. Buat kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, yuk download Pintu sekarang!

Referensi:

Joseph Nguyen. Investing vs. Speculating: What’s the Difference?. Diakses 10 Januari 2022

Dheeraj Vaidya, CFA, FRM. Investment vs Speculation. Diakses 10 Januari 2022

Tom Stevenson. The Difference Between Investment and Speculation. Diakses 10 Januari 2022

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->