Revolusi Baru di Dunia Blockchain: Kaia Meluncurkan Mainnet dengan Fitur DApps di LINE!

Updated
August 29, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Kaia, sebuah blockchain layer-1 yang dibuat oleh dua aplikasi pesan sosial terkemuka di Asia, baru-baru ini telah meluncurkan mainnet-nya, dan dengan itu telah membawa aplikasi mirip Telegram ke platform pesan populer LINE.

Kaia Luncurkan Mainnet dan Kaia Wave Program

Rantai berbasis EVM (Ethereum Virtual Machine) yang diluncurkan pada 29 Agustus 2024 ini diklaim memiliki “kecepatan pemrosesan sekitar satu detik” dan “biaya gas yang sangat rendah,” menurut Kaia DLT Foundation dalam sebuah posting blog pada hari yang sama.

Baca juga: SSV Network dan Ether.fi Luncurkan Kampanye “Learn & Earn” dan Berikan Hadiah $50.000 ETHFI!

Bersamaan dengan peluncuran ini, proyek tersebut juga memperkenalkan Kaika Wave, sebuah program bagi para pengembang untuk menciptakan “mini DApps” (aplikasi terdesentralisasi) yang akan bekerja dengan aplikasi pesan LINE.

Menurut laporan, program Kaika Wave bertujuan untuk memberdayakan pengembang dalam menciptakan aplikasi terdesentralisasi yang mudah diakses dan diintegrasikan dengan salah satu platform pesan paling populer, sehingga memperluas ekosistem dApp dan meningkatkan adopsi teknologi blockchain dalam penggunaan sehari-hari.

Asal Usul Kaia

kaia luncurkan mainnet
Sumber: The Block

Mengutip laporan Cointelegraph, Kaia terbentuk setelah penggabungan blockchain Finschia dari LINE Jepang dan blockchain Klaytn dari pembuat aplikasi sosial besar Korea Selatan, Kakao, pada Februari lalu.

Kedua aplikasi tersebut sangat populer di Asia, dengan Kaia mengklaim bahwa mereka memiliki basis pengguna gabungan lebih dari 250 juta, dengan pengguna yang terkonsentrasi di Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Thailand, dan Indonesia.

Penggabungan ini menciptakan fondasi yang kuat bagi Kaia untuk memperluas jangkauan teknologi blockchain di pasar Asia yang besar, menggabungkan dua ekosistem yang sudah mapan dan menghubungkan pengguna dari berbagai wilayah dengan solusi blockchain yang lebih terintegrasi dan efisien.

Baca juga: Hamster Kombat: Game Telegram Populer Siap Luncurkan Token HMSTR & Airdrop September!

Mini DApps Kaia Mengikuti Jalan Telegram Mini Apps

Meskipun belum ada detail yang dibagikan tentang Mini DApps yang akan debut di LINE, langkah ini mengikuti pesaing aplikasi pesan mereka, Telegram, yang meluncurkan Mini Apps berbasis blockchain serupa tahun lalu yang menggunakan rantai The Open Network (TON).

Fitur Mini Apps Telegram mencakup berbagai aplikasi, mulai dari daftar tugas, bimbingan bahasa, pencarian kerja, hingga aplikasi kencan yang tampil berdampingan dengan aplikasi kripto untuk perdagangan, staking, peluncuran token, dan sejumlah permainan play-to-earn yang telah menarik jutaan pengguna.

Namun, baru-baru ini blockchain TON mengalami gangguan yang mengakibatkan dua kali offline dalam 36 jam terakhir. Gangguan pertama berlangsung lebih dari tujuh jam antara 27 dan 28 Agustus, dan yang kedua berlangsung selama enam jam hingga 29 Agustus 2024.

Pengembang TON mengungkapkan bahwa airdrop dari memecoin bertema anjing yang disebut Dogs (DOGS) menyebabkan “overload jaringan,” yang menyebabkan jaringan offline karena pengguna membebani jaringan dalam upaya untuk mendapatkan bagian dari airdrop tersebut.

Pada akhirnya, Kaia kini tampaknya mengikuti jejak Telegram dengan peluncuran Mini DApps-nya sendiri, tetapi dengan pelajaran dari tantangan yang dihadapi oleh TON, terutama dalam hal stabilitas jaringan dan manajemen lalu lintas pengguna yang tinggi.

Keberhasilan Kaia dalam meluncurkan Mini DApps ini kemungkinan akan bergantung pada bagaimana mereka mengelola potensi tantangan teknis serupa di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8