Dana Bitcoin Anjlok $319 Juta: Investor Ramai-Ramai Pasang Taruhan Penurunan Harga!

Updated
September 3, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Dalam seminggu terakhir, para investor dengan cepat menarik dana mereka dari exchange-traded funds (ETF) Bitcoin, seiring dengan meningkatnya jumlah orang yang bertaruh bahwa harga mata uang digital terbesar ini akan turun.

Menurut laporan terbaru dari manajer aset CoinShares, dana sebesar $319 juta telah keluar dari berbagai ETF yang menawarkan eksposur ke Bitcoin, termasuk dari Fidelity, ARK Invest, dan perusahaan Wall Street lainnya.

Di sisi lain, produk investasi short Bitcoin, yang digunakan untuk bertaruh pada penurunan harga, menerima aliran masuk sebesar $4,4 juta, tertinggi sejak Maret. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan Penurunan Dana Bitcoin

CoinShares melaporkan bahwa penyebab utama dari sentimen negatif ini adalah data ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan di Amerika Serikat. Data ini mengurangi kemungkinan pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin oleh Federal Reserve.

Sejak bank sentral Amerika Serikat menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam dua dekade pada tahun 2022, investor terus menunggu penurunan suku bunga. Harapan ini semakin diperkuat setelah Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, menyatakan pada bulan Agustus bahwa perubahan kebijakan sudah dekat.

Baca Juga: Golden Inuverse Resmi Dirilis, Apakah Token $GOLDEN Siap Meroket?

Namun, data ekonomi terbaru justru mengindikasikan bahwa kemungkinan pemotongan suku bunga lebih besar telah berkurang, membuat aset-aset berisiko seperti kripto menjadi kurang menarik.

Pasar kripto dan ekuitas di Amerika Serikat dikenal sebagai aset risk-on, yang lebih rentan terhadap fluktuasi harga dibandingkan investasi lainnya. Dalam lingkungan suku bunga tinggi, investor cenderung memilih untuk menahan uang mereka dalam akun yang lebih aman dan menghasilkan bunga.

Pergerakan Pasar dan Pengaruhnya terhadap Kripto

bitcoin fund flows
Sumber: Coinshares

Pada hari Jumat, Departemen Perdagangan Amerika Serikat melaporkan bahwa indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) naik 0,2% bulan ke bulan dan 2,5% dari periode yang sama tahun lalu, sesuai dengan ekspektasi analis.

Meskipun data ini tidak mengejutkan, pasar menafsirkannya sebagai pengurangan kemungkinan pemotongan suku bunga sebesar setengah poin oleh Federal Reserve.

Selain itu, laporan CoinShares juga menyebutkan bahwa investor di Eropa juga ikut menarik dana mereka dari dana kripto. Produk investasi yang memberikan eksposur ke Ethereum, mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, kehilangan total $5,7 juta.

Baca Juga: Game Telegram Bertema Elon Musk ‘X Empire’ Akhiri Fase Mining Menjelang Airdrop!

Di Amerika Serikat, ETF Ethereum telah disetujui oleh Securities and Exchange Commission (SEC) pada bulan Mei, namun tampaknya belum mampu menarik minat yang signifikan di tengah sentimen pasar yang bearish.

BlackRock dan Tren Berbeda dalam ETF Bitcoin

Di tengah penurunan aliran dana secara umum, BlackRock, manajer aset terbesar di dunia dan penerbit ETF Bitcoin terkemuka, justru menunjukkan tren yang berbeda.

ETF iShares Bitcoin Trust (IBIT) yang dikeluarkan oleh BlackRock mencatat aliran masuk lebih dari $219 juta selama seminggu terakhir, menjadikannya satu-satunya pengelola dana besar yang mampu melawan tren penarikan dana.

Harga Bitcoin saat ini berada di sekitar $58.622 per koin, setelah mengalami penurunan lebih dari 7% dalam tujuh hari terakhir, menurut data CoinGecko. Aset ini sekarang berada 20% di bawah rekor tertingginya di $73.737 yang dicapai pada bulan Maret lalu, setelah persetujuan ETF Bitcoin di pasar Amerika Serikat.

Kesimpulan

Penarikan dana besar-besaran dari ETF Bitcoin mencerminkan perubahan sentimen di kalangan investor, yang kini lebih banyak bertaruh pada penurunan harga kripto. Meskipun demikian, beberapa pengelola aset seperti BlackRock tetap optimis dengan mempertahankan aliran masuk dana yang signifikan. Masa depan pasar kripto akan sangat dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga dan dinamika ekonomi global dalam beberapa bulan mendatang.

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDRETH/IDRSOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8