3 Altcoin yang Diborong Whale Kripto di September 2024, Berpotensi Melonjak?

Updated
September 8, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Pada minggu pertama bulan September 2024, penurunan aktivitas perdagangan yang mencolok telah terjadi, dengan banyak pelaku pasar yang memilih untuk tetap berada di pinggir lapangan.

Hal ini tercermin dari penurunan 5% dalam kapitalisasi pasar mata uang kripto global selama seminggu terakhir.

Sementara itu, para investor besar, yang dikenal sebagai whale kripto, mengambil keuntungan dari penurunan pasar. Minggu ini, mereka telah mengakuisisi altcoin seperti Polygon (POL), Ethereum (ETH), dan koin meme bertema kodok, Pepe (PEPE).

Token Ekosistem Polygon (POL)

Pada tanggal 4 September kemarin, Polygon menyelesaikan migrasi 1:1 dari token asalnya dari MATIC ke POL. Setelah itu, token ini mengalami lonjakan akumulasi whale karena jumlah alamat dompet yang memiliki antara 100.000 dan 1.000.000 POL meroket lebih dari 90%.

Baca juga: 5 Best Crypto to Invest in 2024, Ada Koin Jagoanmu?

Sumber: Santiment

Berdasarkan laporan BeInCrypto, saat ini, kelompok pemegang POL ini terdiri dari 33 alamat dan mengontrol 5% dari total pasokan altcoin yang beredar.

Meskipun migrasi dianggap sebagai peristiwa “jualan berita”, jumlah paus POL terus bertambah. Para investor besar ini terus mengumpulkan token, tidak terpengaruh oleh reaksi harga yang diredam.

Menurut laporan, nilai POL tetap diredam sejak migrasi, menunjukkan sedikit tanda pemulihan. Pada saat artikel ini ditulis (8/9/24), altcoin ini diperdagangkan pada harga Rp5.768.

Ethereum (ETH)

Dilansir dari BeInCrypto, Ethereum telah menghadapi perlawanan yang signifikan pada level harga $2560 (Rp39.573.632) minggu ini.

Namun, hal ini tidak menghentikan para pemegangnya yang besar untuk mengakumulasi altcoin terkemuka ini, seperti yang dapat dilihat dari kenaikan 38% dalam netflow selama tujuh hari terakhir.

Pemegang besar adalah alamat whale yang memiliki lebih dari 0,1% dari pasokan aset yang beredar. Arus bersih mereka mengukur selisih antara koin yang mereka beli dan yang mereka jual selama periode tertentu.

Sumber: The Block

Ketika arus bersih pemegang besar naik, para whale ini meningkatkan kepemilikan mereka. Ini adalah sinyal bullish yang dapat mendorong investor ritel untuk melakukan hal yang sama, menaikkan nilai aset.

Jika ETH menyaksikan lonjakan akumulasi di seluruh pasar, ETH dapat naik melewati resistensi untuk diperdagangkan di $2868 (Rp44.334.834).

Pepe (PEPE)

Dalam seminggu terakhir, permintaan untuk koin meme berbasis Ethereum, PEPE, telah meningkat di antara para whale kripto.

Baca juga: Elon Musk Beri Kode “DOGE” Pasca Pidato Donald Trump, Harga Dogecoin Melonjak!

Data dari Santiment menunjukkan bahwa jumlah alamat yang menyimpan antara 1 juta dan 10 juta PEPE telah mencapai rekor tertinggi 69.000.

Sumber: Santiment

Angka ni adalah kenaikan 1,2% selama tujuh hari terakhir, yang mengonfirmasi bahwa investor besar membeli lebih banyak PEPE.

Alamat-alamat ini telah didorong untuk mengakumulasi koin meme mengikuti sinyal beli dari rasio Nilai Pasar terhadap Nilai Realisasi (MVRV).

Metrik on-chain ini, yang dihitung menggunakan rata-rata pergerakan 30 hari, berada pada -5,67% pada 7 September 2024.

Sumber: Santiment

Ketika rasio MVRV suatu aset berada di bawah nol, ini mengindikasikan bahwa aset tersebut dinilai terlalu rendah.

Dengan kata lain, harga saat ini lebih rendah daripada harga rata-rata yang dibayarkan untuk semua token yang beredar. Hal ini sering kali menandakan peluang bagus bagi investor yang ingin “membeli penurunan”.

Secara keseluruhan, pergerakan whale kripto ini menunjukkan bahwa mereka masih optimis terhadap prospek jangka panjang pasar kripto. Altcoin seperti POL, ETH, dan PEPE mungkin menarik bagi investor yang ingin mengikuti jejak whale.

Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto masih sangat fluktuatif dan investasi apa pun harus dilakukan dengan hati-hati.

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8