3 Peristiwa Ekonomi AS yang Dapat Mempengaruhi Pasar Kripto Minggu Ini

Updated
September 10, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Pasar aset berisiko seperti Bitcoin memulai minggu ini dengan tenang. Mata uang kripto terbesar saat ini diperdagangkan pada $54.800, mencerminkan kenaikan moderat 0,7% dalam 24 jam terakhir.

Namun, peristiwa ekonomi makro AS yang akan datang dan perdebatan yang diantisipasi antara Donald Trump dan Kamala Harris dapat memengaruhi sentimen pedagang dan mendorong perubahan dalam portofolio. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa ini dapat membentuk pasar!

Debat Donald Trump Melawan Kamala Harris

politifi meme coin
Sumber: Coingecko

Seperti yang dicatat BeInCrypto sebelumnya, debat presiden mendatang antara Donald Trump dan Kamala Harris telah menempatkan kripto dalam sorotan. Kedua kandidat telah menjadikan topik tersebut sebagai pusat kampanye mereka. Harris tampaknya mendukung kebijakan pro-kripto, menurut laporan baru-baru ini.

Trump, sementara itu, telah membuat komentar bullish tentang Bitcoin dan pasar kripto yang lebih luas, memenangkan hati orang dalam industri. Senator Pennsylvania John Fetterman memperkirakan debat yang “ketat”, mengakui bahwa baik Trump maupun Harris mampu mempertahankan pendirian mereka.

Menurut data CoinGecko, koin meme PolitiFi sudah mengalami volatilitas menjelang debat, dengan beberapa koin yang terinspirasi dari Trump membukukan keuntungan dua digit.

Baca Juga: Tim Meme Coin Bisa Terjerat Hukum? Ini Kata Para Ahli Hukum!

CPI AS

Inflasi menjadi titik fokus minggu ini dengan dirilisnya Indeks Harga Konsumen (CPI) Agustus dan Indeks Harga Produsen (PPI) yang kurang signifikan, keduanya tiba sebelum pertemuan Federal Reserve berikutnya. Angka-angka ini dapat memainkan peran penting dalam menentukan keputusan suku bunga The Fed.

fed interest rate
Probabilitas Suku Bunga The Fed. Sumber: CME Fed Watchtool

Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) akan merilis CPI Agustus pada Rabu, 11 September. Pada bulan Juli, inflasi turun menjadi 2,9% dari 3% di bulan Juni, sebuah perubahan yang mendorong kinerja Bitcoin.

Baca Juga: Whale Bitcoin Tak Gentar! Akumulasi $10,271,000,000 dalam 6 Bulan Terakhir

Ekonom sekarang memperkirakan inflasi akan turun lebih lanjut menjadi 2,7%, yang dapat meningkatkan kekuatan Bitcoin jika terwujud. IHK inti, tidak termasuk barang-barang yang mudah berubah seperti makanan dan energi, diproyeksikan akan turun menjadi 3,1% pada bulan Agustus, turun dari 3,2% pada bulan Juli. Baik IHK utama maupun inti diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan bulanan sebesar 0,2% untuk bulan Agustus.

“Di tengah antisipasi data CPI dan debat Trump-Harris, para pedagang mengklaim nilai Bitcoin saat ini sangat rendah. Pasar kripto menunggu dampak berita ekonomi dan politik AS,” catat seorang pengguna.

Sentimen Konsumen

Pasar juga akan fokus pada laporan sentimen konsumen awal, yang akan dirilis pada 13 September. Data Keyakinan Konsumen Universitas Michigan akan menyoroti kesenjangan antara kekuatan ekonomi AS secara keseluruhan dan bagaimana rumah tangga memandang kesejahteraan keuangan mereka.

Sentimen konsumen cenderung lebih sensitif terhadap inflasi, sementara kepercayaan konsumen terkait erat dengan pasar tenaga kerja. Kepercayaan konsumen yang kuat dapat meningkatkan pengeluaran dan mendorong investasi dalam aset seperti Bitcoin jika investor tetap optimis tentang ekonomi.

Namun, jika data hari Jumat mengungkapkan bahwa konsumen masih berjuang dengan inflasi, suku bunga tinggi, dan ketidakamanan pekerjaan, pasar kripto dapat bereaksi secara tidak terduga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

  • BeInCrypto. US Economic Events & Crypto Implication This Week. Diakses pada tanggal 10 September 2024
  • Featured Image: Generated by AI
Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8