SEC Catat Rekor $4,68 Miliar Denda Kripto di 2024, Peningkatan Drastis Tindakan Penegakan!

Updated
September 10, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mencatat rekor denda terhadap perusahaan kripto pada tahun 2024, dengan total mencapai $4,68 miliar. Angka ini menyumbang 68% dari total denda yang telah dikumpulkan SEC sejak mulai mengatur industri kripto pada tahun 2013. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Denda di 2024

Tahun ini, kasus terbesar melibatkan Terraform Labs, perusahaan di balik mata uang kripto Terra, yang menyelesaikan gugatan dengan membayar $4,68 miliar. Jumlah ini melampaui penyelesaian $4,3 miliar antara Departemen Kehakiman AS dan Binance pada tahun 2023.

denda kripto sec 2024
Ikhtisar Tahunan Denda SEC dari 2013 hingga 2024. Sumber: Social Capital

Dalam tahun 2024, SEC telah mengajukan 11 gugatan terhadap perusahaan kripto, meskipun jumlah ini lebih rendah dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 30 gugatan dengan $150 juta dalam penyelesaian. Tren peningkatan denda ini dimulai pada 2018, dengan lonjakan signifikan pada 2019 setelah SEC menjatuhkan denda $1,2 miliar terhadap proyek kripto Telegram.

Baca Juga: Peluncuran iPhone 16 Series dengan Fitur AI Canggih, Bakal Picu Kenaikan Token AI?

Tantangan Regulasi yang Terus Berlanjut

Di bawah kepemimpinan Gary Gensler, SEC semakin tegas dalam menerapkan peraturan pada aset digital. Banyak pihak dalam industri kripto melihat ini sebagai bagian dari “Operasi Choke Point 2.0,” yang memicu pertarungan hukum dengan perusahaan besar seperti Coinbase dan Ripple.

Menurut Gensler, sebagian besar aset digital termasuk dalam kategori sekuritas dan harus mematuhi undang-undang federal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8