Solana Siap Tumbuh 5 Kali Lipat dengan Adopsi Retail Liquid Staking, Apa Dampaknya?

Updated
September 14, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Liquid staking berbasis Solana memiliki potensi untuk meningkat lebih dari lima kali lipat karena pertumbuhan adopsi ritel yang berkelanjutan.

Liquid staking menciptakan lebih banyak efisiensi modal bagi investor dengan menawarkan token yang setara dengan token staking awal yang dapat digunakan dalam aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) lainnya.

Pertumbuhan Staking Liquid Solana Menjadi Sorotan

Solana, salah satu platform blockchain terkemuka, menunjukkan potensi pertumbuhan besar dalam staking liquid.

Baca juga: 6 Altcoin Pilihan Pakar Berpotensi Ubah $100 Jadi $1,5 Miliar di Tahun 2025!

Menurut laporan dari Bybit Research, adopsi staking liquid di jaringan Solana diprediksi akan meningkat hingga lima kali lipat berkat adopsi yang kuat dari investor retail.

“Dalam pandangan kami, Solana memiliki potensi yang sangat besar untuk liquid staking karena komunitas staking-nya yang aktif. Berdasarkan statistik pasar LST Ethereum, pasar LST Solana berpotensi tumbuh hingga $18 miliar.”

tvl solana
Sumber: DefiLlama

Pada saat penulisan, staking liquid berbasis Solana bernilai lebih dari $3,8 miliar dalam nilai total kumulatif terkunci (TVL), menurut DefiLlama, yang berarti peningkatan hampir lima kali lipat jika berhasil melampaui $18 miliar.

Risiko Sentralisasi Tidak Menjadi Perhatian di Solana

Liquid staking sudah menjadi kategori protokol terbesar di Ethereum, dengan TVL gabungan lebih dari $39,5 miliar, dibandingkan dengan pasar pinjaman kumulatif $30,9 miliar.

Kategori protokol terbesar di Ethereum – Sumber: DeFiLlama.com

Segmen pasar yang terus berkembang menyebabkan meningkatnya kekhawatiran sentralisasi, mengingat TVL Lido yang bernilai $22,9 miliar menyumbang lebih dari 57% dari pasar liquid staking Ethereum.

Namun, jenis risiko sentralisasi ini tidak selalu menjadi perhatian untuk liquid staking berbasis Solana, menurut Bybit Research:

“Dalam pandangan kami, konsentrasi yang sangat besar dari satu pihak dari Ethereum tidak akan terulang di Solana karena ada banyak pemain saat ini seperti yang disorot dalam laporan. Keberhasilan Lido disebabkan oleh keunggulan penggerak pertamanya.”

Rasio staking di Solana dan Ethereum. Sumber: Bybit

Akankah Investor Ritel Menjadi Katalisator Pertumbuhan Liquid Staking Berbasis Solana?

Menurut laporan dari Bybit yang dibagikan kepada Cointelegraph, investor ritel dapat memegang kunci untuk mendorong pertumbuhan hampir lima kali lipat di pasar liquid staking berbasis Solana melalui token liquid staking (LST).

Baca juga: Prediksi Harga Solana 2030: Bisakah SOL Mencapai Rp17 Juta?

Laporan itu mengatakan:

“LST yang didukung oleh bursa utama akan meruntuhkan batasan dan menjadi jembatan de-facto antara pengguna biasa dan peluang DeFi di Solana. Bybit adalah yang pertama di pasar setelah baru-baru ini meluncurkan bbSOL, bursa pertama di dunia yang meluncurkan LST di Solana.”

Ritel kemungkinan besar akan tertarik dengan peningkatan fleksibilitas dan likuiditas dalam liquid staking, dibandingkan dengan staking biasa, di mana token yang terkunci tidak dapat digunakan kembali di aplikasi DeFi lainnya, tambahnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8