Bitcoin Kembali Tembus $60.000! ETF Bitcoin Spot Meggumpulkan $263 Juta dalam Sehari

Updated
September 15, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Pada hari Jumat (13/9/24), dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin AS mengalami lonjakan arus masuk, dengan pembelian bersih mencapai $263 juta, menurut data dari SoSoValue.

Angka ini menandai arus masuk satu hari terbesar sejak 22 Juli, didorong oleh minat baru karena Bitcoin naik di atas $60.000, meningkat 12% selama seminggu terakhir.

Fidelity, ARK Invest, dan 21Shares Mengalami Arus Masuk Besar

Sumber: Farside Investors

Menurut laporan Farside Investors, yang memimpin kenaikan baru-baru ini adalah ETF Bitcoin Fidelity (FBTC), yang menarik sekitar $102 juta dalam bentuk modal baru, sehingga total arus masuk mingguannya menjadi $218 juta.

Baca juga: Harga Bitcoin Bangkit, Whale Kripto ini Raup Keuntungan Rp187 Miliar!

Pemulihan yang kuat ini terjadi setelah dua minggu berturut-turut mengalami kinerja negatif, di mana $467 juta mengalir keluar dari dana tersebut.

Selain itu, ETF Bitcoin ARK Invest dan 21Shares (ARKB) mengikuti di belakangnya, mengakhiri hari dengan arus masuk bersih sekitar $99 juta.

ETF Bitcoin lainnya yang dikelola oleh perusahaan seperti Bitwise, Franklin Templeton, Valkyrie, VanEck, dan Grayscale juga mencatat arus masuk yang positif, yang mencerminkan tren minat baru yang luas di pasar ETF Bitcoin spot AS.

IBIT dan BTCW Mencatat Arus Masuk Nol

bitcoin etf blackrock
Sumber: Viska Digital

Namun, tidak semua dana memiliki tingkat kesuksesan yang sama. BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan WisdomTree’s Bitcoin Fund (BTCW) contohnya, melaporkan arus masuk nol pada hari Jumat.

IBIT, khususnya, telah berjuang dalam beberapa minggu terakhir, tidak mengalami arus masuk selama beberapa hari perdagangan dan bahkan mengalami arus keluar bersih pada dua kesempatan, 29 Agustus dan 9 September 2024.

Sejak awal, IBIT hanya mencatat tiga hari arus keluar bersih, kejadian yang relatif jarang terjadi di antara ETF Bitcoin.

Terlepas dari kinerja yang beragam di berbagai dana, ETF Bitcoin spot AS menutup minggu ini dengan lebih dari $400 juta arus masuk bersih, sebuah bukti dari sentimen bullish secara keseluruhan di sekitar pasar kripto.

Lonjakan harga Bitcoin, ditambah dengan arus masuk ETF yang kuat, menandakan tumbuhnya optimisme di kalangan investor.

Baca juga: Rusia Siap Mengatur Pembayaran Lintas Batas dengan Kripto pada November 2024!

Pasar Kripto Menguat

Di luar AS, pasar mata uang kripto yang lebih luas juga menikmati keuntungan. Bitcoin sendiri mengalami kenaikan harga dari $54.300 pada awal minggu menjadi lebih dari $60.600 pada hari Jumat (13/9/24).

Mata uang kripto utama lainnya mengikuti, dengan Ethereum (ETH) membukukan kenaikan mingguan sebesar 8%, mencapai $2.400. Selain itu, altcoin seperti Toncoin (TON), Chainlink (LINK), dan Avalanche (AVAX) termasuk di antara yang berkinerja terbaik, menurut data dari CoinGecko.

Terlepas dari reli baru-baru ini, sebuah laporan dari ARK Invest mengatakan bahwa basis biaya rata-rata investor ETF Bitcoin masih berada di atas harga pasar saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa banyak investor yang membeli lebih awal saat ini memegang posisi yang merugi.

Namun, laporan ARK juga menunjukkan bahwa fundamental jangka panjang Bitcoin tetap kuat, dengan MVRV Z-Score – sebuah indikator yang membandingkan kapitalisasi pasar Bitcoin dengan basis biayanya – yang menandakan bahwa nilai dasar mata uang kripto ini masih bullish.

Spekulasi pasar menunjukkan bahwa lonjakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya baru-baru ini mungkin didorong oleh ekspektasi potensi penurunan suku bunga oleh Federal Reserve AS.

Dengan data inflasi yang berada di bawah ekspektasi di 2,5%, banyak investor mengantisipasi penurunan suku bunga sebesar 25-50 basis poin selama pertemuan Fed berikutnya pada 18 September 2024.

Potensi pelonggaran moneter, dikombinasikan dengan langkah serupa oleh Bank Sentral Eropa dan Bank of Canada, dapat terus mendorong optimisme di pasar kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8