Bitcoin Memasuki ‘Uptober’, Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Updated
October 1, 2024
Gambar Bitcoin Memasuki ‘Uptober’, Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Jakarta, Pintu News – Bitcoin menghadapi akhir bulan September yang sangat bullish, meningkat sekitar 9%.

Meskipun ada aksi jual kecil di akhir pekan, banyak yang berspekulasi bahwa bulan Oktober, atau “Uptober,” akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi harga Bitcoin.

Apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh para investor Bitcoin minggu ini?

Uji Dukungan di $64.000 Tidak Mengganggu Optimisme Bullish

Pada akhir September, Bitcoin mengalami aksi jual yang membuat harga turun ke $64.198, sebelum pulih sedikit. Meskipun begitu, keyakinan bahwa Bitcoin akan naik tetap tinggi.

Baca juga: Biaya Transaksi Ethereum Melonjak Hingga $45 Juta: Tanda Pertumbuhan ETH yang akan Datang?

Banyak trader, seperti CrypNuevo, melihat peluang untuk posisi long jika harga Bitcoin berhasil kembali ke level resistensi yang lebih tinggi.

“Jadi ada kemungkinan sapuan level tertinggi pada saat itu, yang dapat berbalik kembali ke support. Dari support, jika kita naik lagi dan merebut kembali level tertinggi, itu adalah waktu yang lama bagi saya hingga resisten kedua.”

CrypNuevo mencatat likuiditas pada buku pesanan pertukaran yang berpotensi mendukung perjalanan menuju $ 67.000 yang akan datang.

Seorang analis lainnya, Matthew Hyland, menunjukkan bahwa jika Bitcoin berhasil menutup minggu di atas $65.000, tren kenaikan jangka panjang akan terus berlanjut. Hyland berpendapat bahwa setiap penurunan ke depan akan menjadi peluang beli.

Pasar Fokus pada Powell dan Data Pengangguran AS

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell, akan memberikan pidato pada minggu ini. Para pelaku pasar sangat memperhatikan potensi pemotongan suku bunga berikutnya pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bulan November.

Dengan pemotongan suku bunga 0,5% yang telah terjadi bulan lalu, pelaku pasar memperkirakan ada kemungkinan besar pemotongan lebih lanjut, yang bisa berdampak pada pasar kripto, termasuk Bitcoin.

Selain itu, data pengangguran AS yang akan dirilis minggu ini juga diperkirakan menjadi katalis volatilitas untuk harga Bitcoin.

Mengomentari hal ini, sumber perdagangan The Kobeissi Letter mempertimbangkan kemungkinan The Fed berada “di belakang kurva” dalam menurunkan suku bunga.

“Penurunan suku bunga pada awalnya tidak berhasil menopang perekonomian karena dibutuhkan 6 hingga 24 bulan agar efeknya dapat dirasakan,” tulis surat tersebut pada X.

Baca juga: 61 Alamat Bitcoin Baru dengan 1.000 hingga 10.000 BTC Muncul di 2024, Pertanda Apa Ini?

September yang Bullish, Menuju “Uptober”

Meskipun September biasanya bulan yang sulit bagi Bitcoin, tahun ini menjadi pengecualian. Dengan kenaikan sekitar 9% selama bulan ini, Bitcoin mencatat kinerja September terbaik dalam sejarahnya.

Hal ini menambah optimisme bahwa Oktober, yang dikenal sebagai “Uptober” di kalangan investor kripto, akan memberikan kenaikan lebih lanjut.

Sejarah menunjukkan bahwa rata-rata, Bitcoin mengalami kenaikan hampir 23% di bulan Oktober, yang bisa berarti pencapaian harga tertinggi sepanjang masa.

Dari level saat ini, ini berarti level tertinggi baru sepanjang masa – sesuatu yang oleh para komentator tetap dianggap sebagai sebuah kemungkinan yang berbeda.

Altcoin siap untuk melakukan 3-5x lipat, sementara Bitcoin kemungkinan akan menembus level tertinggi sepanjang masa pada kuartal berikutnya, mengikuti Emas,” pedagang, analis, dan pengusaha kripto, Michaël van de Poppe, meramalkan dalam salah satu postingan X terbarunya.

Sejak 2013, hanya ada dua bulan Oktober yang “merah”, dengan kerugian maksimum di bawah 13%.

Baca juga: 3 Memecoin yang Patut Kamu Perhatikan pada Uptober 2024: Berpotensi Cuan Gila-gilaan!

Coinbase Mulai Bangkit Kembali

Partisipasi investor ritel di pasar Bitcoin mulai meningkat kembali, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan unduhan aplikasi Coinbase. Pada 28 September, aplikasi Coinbase kembali masuk ke dalam 400 aplikasi terpopuler di AppStore Apple.

Menurut data dari Bitcoindata21, ketika aplikasi ini mencapai peringkat 200 teratas, biasanya kondisi pasar bull telah sepenuhnya berjalan.

Peningkatan minat ini bisa menjadi tanda bahwa pasar bull sedang mendekat, setelah partisipasi ritel sempat menurun selama beberapa bulan terakhir.

Whale Bitcoin Baru Mulai Mengambil Keuntungan

Dalam hal pergerakan pasar yang berasal dari investor bervolume besar, data onchain menunjukkan bahwa tren baru muncul. Dalam salah satu posting blog Quicktake pada 27 September, platform analitik onchain CryptoQuant membuat perbedaan antara whale Bitcoin lama dan baru.

“Selama sebulan terakhir, paus dengan lebih dari 155 hari tidak aktif menjadi kurang dominan dalam aksi ambil untung karena harga bitcoin telah pulih,” kontributor Cauê Oliveira mengungkapkan.

Whale Bitcoin merealisasikan keuntungan – Sumber: CryptoQuant

“Di sisi lain, para whales baru telah secara aktif mengambil keuntungan, mengindikasikan bahwa minat untuk menutup posisi lebih dominan di antara para pemain institusional yang telah memasuki pasar dalam 5-6 bulan terakhir.”

Baca juga: 5 Crypto Teratas yang Diprediksi Cuan Puluhan Ribu Dolar di Bull Run Selanjutnya!

Grafik yang menyertainya menunjukkan keuntungan yang direalisasikan oleh kelompok whale – dan para pemain lama tetap kokoh di posisi mereka.

“Investor institusional lama lebih dominan di paruh pertama tahun ini, dengan tingkat profit taking yang tinggi, tetapi sekarang tampaknya menunggu pasar yang lebih menguntungkan untuk posisi mereka,” tambah Oliveira.

“Hal ini mungkin mengurangi tekanan jual pada saat ini, memberikan ruang bagi harga untuk membangun struktur yang lebih positif dalam pemulihan ini.”

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->