5 Hal yang Bisa Mengguncang Pasar Kripto Minggu Ini Awal Oktober 2024

Updated
October 1, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto hanya beberapa jam lagi memasuki kuartal keempat tahun ini. Saat ini, pasar perlahan bergerak menuju Bull Run, yang diperkirakan akan melanda pasar pada awal hingga pertengahan tahun 2025. Namun, sebelum itu, investor mungkin akan menyaksikan reli pasar dan Uptober, yang diantisipasi oleh ratusan analis kripto.

Hal ini didasarkan pada data historis Bitcoin, yang menunjukkan bahwa Oktober menjadi bulan yang menguntungkan hampir setiap tahun dalam 13 tahun terakhir. Lebih penting lagi, September jauh lebih bullish dari asumsi sebelumnya, semakin meningkatkan hype Uptober. Namun, minggu pertama ini dapat membangun atau menghancurkan pasar.

5 Hal yang Bisa Mengguncang Pasar Kripto

the fed pertemuan mendesak
Generated by AI

Tanggal 30 September menandai akhir bulan dan awal kuartal baru. Ini menjadi signifikan karena ada diskusi dari ketua Fed Jerome Powell tentang prospek ekonomi AS di konferensi National Association for Business Economics. Hal penting dari diskusi ini adalah bahwa Ketua Fed akan memberikan prospek yang diperlukan untuk pemotongan suku bunga pada bulan November. Namun, kejelasan lebih lanjut akan datang dengan data ketenagakerjaan, yang akan dirilis pada hari Rabu.

The Fed telah meluncurkan pemotongan suku bunga 50 bps bulan ini, yang dampaknya cukup positif di industri kripto, yang menyebabkan reli harga sementara untuk sebagian besar cryptocurrency. Sekarang, mata tertuju pada pertemuan ini dan bagaimana Fed akan memperkenalkan pemotongan suku bunga berikutnya.

Baca Juga: XRP Diprediksi Meroket ke $3 Menjelang Natal, Analis Beri Sinyal Bullish Oktober 2024!

Event Penting Minggu Ini:

  1. Ketua Fed Powell Berbicara – Senin
  2. Data Manufaktur ISM September – Selasa
  3. Data Pekerjaan JOLTs – Selasa
  4. Data Ketenagakerjaan Nonfarm ADP – Rabu
  5. Pertemuan OPEC Oktober – Rabu
  6. Klaim Pengangguran Awal – Kamis
  7. Laporan Pekerjaan September

Bagaimana Kinerja Pasar Kripto Hari Ini?

bitcoin uptober 2023

Dalam beberapa hari terakhir, dominasi bulls tinggi di pasar, yang menyebabkan pemulihan yang signifikan. Namun, hari ini pasar relatif turun, di mana kapitalisasi pasar global berada di $2,25 Triliun setelah turun 2,16%, tetapi aktivitas perdagangan naik 55,7%, saat ini di $71,37B.

Dampak ini juga terlihat di Bitcoin, tetapi meskipun turun 2,74% dari hari sebelumnya, harga Bitcoin masih kuat di atas $63K. Namun, banyak altcoin populer telah mengalami penurunan, mewarnai peta panas pasar kripto dengan warna merah.

Namun, tidak semua kinerja token turun, karena ada banyak pengecualian, menjaga pasar tetap hidup bahkan hari ini. Dimulai dengan token bursa FTX yang gagal, yang telah memperoleh nilai 60% hari ini, ENA, BONK, dan banyak koin meme lainnya juga naik. Bahkan Toncoin bullish hari ini, mendekati angka $6 setelah penurunan selama seminggu. Dengan ini, ada bagian yang kalah dan menang di pasar kripto, tetapi sekarang mata tertuju pada Uptober.

5 Hal yang Bisa Mengguncang Pasar Kripto Minggu Ini: Apakah Uptober Akan Terjadi?

Bitcoin FOMC
CoinGape

Pasar kripto bersiap untuk minggu yang penting, dengan beberapa peristiwa yang berpotensi mengguncang pasar. Pertemuan Ketua Fed Powell pada hari Senin akan diawasi dengan ketat, karena investor mencari petunjuk tentang lintasan kebijakan moneter masa depan. Data ketenagakerjaan September, yang akan dirilis pada hari Rabu, juga akan menjadi fokus utama, karena dapat memberikan wawasan tentang kekuatan ekonomi AS.

Selain itu, pertemuan OPEC pada hari Rabu akan diawasi dengan ketat, karena kartel tersebut dapat memutuskan untuk memangkas produksi minyak, yang dapat menyebabkan harga energi lebih tinggi. Akhirnya, laporan pekerjaan September, yang akan dirilis pada hari Jumat, akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kesehatan pasar tenaga kerja AS.

Penutup

Hasil dari peristiwa ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada pasar kripto. Jika Ketua Fed Powell mengisyaratkan bahwa The Fed akan terus menaikkan suku bunga, hal itu dapat menyebabkan investor menarik diri dari aset berisiko seperti kripto. Demikian pula, data ketenagakerjaan yang lemah atau pemotongan produksi minyak oleh OPEC dapat menyebabkan penurunan pasar.

Namun, jika data ekonomi kuat dan The Fed mengisyaratkan pendekatan yang lebih dovish, hal itu dapat menyebabkan reli pasar kripto. Investor akan mencermati peristiwa minggu ini untuk mencari petunjuk tentang arah pasar kripto di masa mendatang. Uptober mungkin masih terjadi, tetapi itu akan sangat bergantung pada hasil dari peristiwa penting ini.

Baca Juga: Akankah Shiba Inu Mengulang Lonjakan 3 Digit Bersejarahnya Oktober 2024 Ini?

Pintu kini telah hadir dalam versi web trading crypto. Daftar akun dan login Pintu untuk memanfaatkan fitur trading terlengkap, likuiditas tinggi, dan biaya trading terendah. Cek kurs BTC/IDR, ETH/IDR, SOL/IDR dan aset crypto lainnya secara mudah di Pintu Pro Web.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8