Antisipasi Data Inflasi AS (CPI), Harga Bitcoin Turun ke $60.000. Ini Prediksi Harga BTC 2025 dari Analis Ternama

Updated
October 10, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin turun pada hari Kamis (10 Oktober 2024), merosot lebih jauh di tengah terbatasnya minat risiko investor menjelang rilis data inflasi penting di Amerika Serikat. Data tersebut diperkirakan akan menjadi faktor kunci dalam pandangan suku bunga mendatang.

Sebagai mata uang kripto terbesar di dunia, Bitcoin juga tertekan oleh spekulasi mengenai potensi penjualan besar-besaran token yang dimiliki oleh pemerintah AS, meskipun penjualan tersebut tampaknya masih jauh dari kenyataan.

Pasar kripto secara keseluruhan juga mengalami penurunan pada hari Kamis, tertinggal dari pasar berbasis risiko lainnya seperti saham. Bitcoin turun 2,3% menjadi $60.919 pada pukul 00:50 ET (11:50 WIB).

Data CPI Menjadi Fokus dalam Penentuan Suku Bunga

Tekanan terhadap Bitcoin juga disebabkan oleh penguatan dolar AS di tengah ketidakpastian mengenai rencana Federal Reserve terkait pemotongan suku bunga lebih lanjut. Rapat Fed di bulan September menunjukkan bahwa sebagian besar pembuat kebijakan mendukung pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin bulan lalu. Namun, mereka belum memberikan komitmen terkait kecepatan pemotongan di masa depan.

Selain itu, data ketenagakerjaan yang kuat pekan lalu membuat pedagang menghapus taruhan pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin pada November, dengan CME Fedwatch menunjukkan mayoritas bertaruh pada pemotongan 25 basis poin.

Data Indeks Harga Konsumen (CPI) yang akan dirilis hari Kamis ini menjadi pusat perhatian, dengan ekspektasi bahwa CPI utama sedikit menurun pada bulan September, sementara CPI inti diperkirakan tetap tinggi.

Prospek suku bunga AS yang tetap tinggi lebih lama menunjukkan likuiditas yang lebih terbatas untuk berinvestasi dalam aset spekulatif seperti kripto.

Spekulasi Penjualan Bitcoin Pemerintah AS Sebesar $4 Miliar

Ada juga spekulasi mengenai kemungkinan penjualan massal Bitcoin oleh pemerintah AS, yang diambil dari pasar Silk Road. Awal pekan ini, Mahkamah Agung menguatkan keputusan pengadilan untuk melikuidasi 69.370 Bitcoin yang disita dari pasar tersebut.

Meskipun likuidasi ini tidak tampak akan segera terjadi, jika dilakukan, sekitar $4 miliar Bitcoin akan dijual di pasar terbuka, yang bisa menghantam harga Bitcoin.

Distribusi token oleh bursa kripto yang sudah tidak

Prediksi Epik Harga Bitcoin: Peter Brandt Yakin BTC Bisa Tembus $135.000 pada 2025

Sementara itu, Brandt, analis pasar veteran yang berpengalaman sejak tahun 1970-an, baru-baru ini merilis pandangan terbarunya tentang pergerakan harga Bitcoin (BTC). Dalam analisis terbarunya ia memprediksi harga Bitcoin bisa mencapai $135.000 atau setara ~Rp2,2 miliar pada Agustus atau September 2025, dengan potensi kenaikan 35% dalam 365 hari ke depan. Ia juga tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa Bitcoin bisa mencapai enam digit lebih cepat dari yang diantisipasi.

Namun, Brandt memberikan titik invalidasi pada level $48.000. Jika harga Bitcoin turun hingga level ini, skenario kenaikan besar-besaran yang diprediksinya akan gagal terwujud. beroperasi, Mt Gox, sempat menekan harga Bitcoin awal tahun ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


  • Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8