Kenapa Market Crypto Merah Hari Ini? Update Indikator Pasar Bitcoin Terbaru – 27 Juni 2024

Updated
June 27, 2024
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin (BTC) mengalami penurunan tajam dalam beberapa jam terakhir, jatuh di bawah level support $70.000. Penurunan tajam ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk data ketenagakerjaan AS yang kuat dan penurunan harga saham GameStop, yang berdampak negatif pada sentimen pasar crypto. Penurunan dramatis ini telah menyebabkan likuidasi lebih dari $300 juta dari pasar cryptocurrency dalam satu jam terakhir.

Indikator Pasar Bitcoin

Krisis saat ini dapat dilihat dalam indikator pasar Bitcoin. Metrik Dominasi Bitcoin, yang menunjukkan persentase total kapitalisasi pasar cryptocurrency yang dimiliki oleh Bitcoin, naik 1,04% menjadi 53,69%. Ini menunjukkan bahwa meskipun Bitcoin sedang mengalami retracement, Bitcoin masih berkinerja jauh lebih baik daripada cryptocurrency lainnya.

Lebih lanjut, cadangan Bitcoin di bursa turun 0,06% menjadi 1,81 juta, menunjukkan bahwa investor crypto mungkin menarik Bitcoin ke dompet crypto pribadi untuk disimpan dan tidak menjual di bursa crypto.

Indeks Fear & Greed Crypto, yang menunjukkan sentimen pasar, turun 1,28% menjadi 77, yang berarti bahwa sentimen pasar masih dalam wilayah ‘Greed’. Namun, keserakahan yang ekstrem biasanya merupakan fase terakhir dari pasar bull dan terlihat jelas dalam situasi saat ini.

Baca Juga: FTX Minta Persetujuan Pengadilan untuk Membayar Kembali Pelanggan dalam Bentuk Tunai

Data Ketenagakerjaan AS yang Kuat

Laporan situasi ketenagakerjaan AS baru-baru ini juga memberikan tekanan negatif pada harga Bitcoin karena mengungkapkan bahwa 272 ribu pekerjaan ditambahkan pada bulan Mei, jauh lebih tinggi dari perkiraan 185 ribu pekerjaan.

Akibatnya, angka pekerjaan yang lebih tinggi telah mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga Federal Reserve atau Fed dalam waktu dekat, yang telah menyebabkan peningkatan suku bunga dan dolar AS. Perubahan lanskap ekonomi ini telah memberikan tekanan negatif pada aset berisiko termasuk cryptocurrency.

Saham GameStop dan Sentimen Pasar Crypto

Pada saat yang sama, penurunan signifikan dalam saham GameStop (GME) juga memengaruhi sentimen di pasar cryptocurrency secara negatif. Menurut Coingape, situasi tersebut dipicu oleh Roaring Kitty, seorang trader yang memiliki banyak pengikut di platform media sosial, melalui sesi langsung di YouTube.

Seperti yang diharapkan, Roaring Kitty tidak banyak bicara dan ini membuat investor agak kecewa. Saham GameStop turun 40% selama sesi, dan koin meme GME turun 50%. Tren bearish jenis ini juga memengaruhi cryptocurrency meme lainnya seperti DOGE di mana harganya turun 8%, SHIB yang turun 10%, dan PEPE sebesar 15%.

Terlepas dari aksi jual baru-baru ini, ETF Bitcoin spot telah berada dalam rekor akumulasi terpanjang sejak peluncurannya. Selama 18 hari berturut-turut, ETF ini mengakumulasi lebih dari 56.000 Bitcoin, hampir tujuh kali lipat jumlah yang ditambang selama periode itu. Namun, ini tidak cukup untuk mempertahankan reli harga Bitcoin.

Pada saat penulisan, harga Bitcoin diperdagangkan pada $69.000, turun 2,5% selama 24 jam terakhir. Bersamaan dengan itu, kapitalisasi pasar BTC turun 2,52% menjadi $1.362.313.410.346, sementara volume perdagangan 24 jam melonjak 48% menjadi $36.296.396.359.

Baca Juga: Sui Gandeng Copper, Perkuat Infrastruktur Stablecoin dan Aset Dunia Nyata!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan
iconmonstr-twitter-1iconmonstr-facebook-6iconmonstr-whatsapp-1

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8