Analisis Pasar 12 Februari 2024: BTC Tembus Lagi ke Harga $48 Ribu, Terkonfirmasi Bullish?

Update 12 Feb 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 12 Februari 2024: BTC Tembus Lagi ke Harga $48 Ribu, Terkonfirmasi Bullish?
Reading Time: 6 minutes

Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Imlek 2024, harga Bitcoin (BTC) merangkak naik dan menyentuh kembali harga $48 ribu. Banyak spekulasi beredar bahwa kenaikan ini terkait dengan opsi Ethereum Spot ETF. Namun di tengah momentum bullish ini, investor crypto tetap perlu mencermati pergerakan harga BTC ke depan. Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ✍🏻 BTC menghadapi resistensi di batas bawah Fibonacci retracement yang jika berhasil melampaui kisaran harga $45 ribu dan $45.100 diperkirakan bisa melanjutkan kenaikan.
  • 💼 Laporan ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) terbaru mengungkapkan ada penambahan 353.000 pekerjaan di bulan Januari. Sementara tingkat pengangguran di AS relatif stagnan di 3,7%.
  • 🏭 PMI Manufaktur Global S&P bulan Januari melampaui perkiraan mencapai 50,7. Sementara versi ISM mencapai 49,1, di atas ekspektasi namun menunjukkan sedikit kontraksi. Di sektor jasa, PMI S&P mencapai 52,5, dan PMI ISM berada di 53,4, keduanya menunjukkan pertumbuhan sektor dan melampaui prediksi.

Analisis Makroekonomi

Indeks Manufaktur

Laporan S&P Global baru-baru ini menyoroti peningkatan signifikan pada Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur AS di bulan Januari yang mencapai 50,7, atau naik dari 47,9 pada bulan Desember 2023. Kenaikan ini merupakan peningkatan tertinggi dalam kondisi operasional sejak September 2022. Adapun peningkatan sebesar 2,8 poin ini mampu melampaui perkiraan angka 50,3 yang menunjukkan adanya ekspansi sektor manufaktur untuk pertama kalinya setelah dua bulan mengalami penurunan.

Sementara itu, data Institute for Supply Management (ISM) melaporkan, PMI bulan Januari tercatat sebesar 49,1 mengalami kenaikan dari bulan Desember sebesar 47,1. Meski begitu angka kenaikan belum mampu menembus di atas 50 yang berarti masih menunjukkan kontraksi yang telah menjadi tren selama 15 bulan berturut-turut.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Indeks Layanan: Pada bulan Januari, indeks manajer pembelian jasa (PMI) S&P Global AS berada di angka 52,5 yang menunjukkan kinerja sektor ini berada dalam performa terkuat dalam tujuh bulan terakhir, meskipun ada sedikit penurunan dari angka awal sebesar 52,9. Peningkatan ini didorong oleh peningkatan signifikan dalam pesanan baru dan ekspor yang terbesar sejak bulan Agustus, serta prospek produksi yang optimis untuk dua belas bulan ke depan. Selain itu, jumlah lapangan kerja ikut meningkat sebagai respons terhadap peningkatan backlog yang merupakan peningkatan pertama dalam tujuh bulan.
  • Tingkat Pengangguran & Nonfarm payrolls: Laporan ketenagakerjaan terbaru menunjukkan lonjakan signifikan dalam penciptaan lapangan kerja dengan penambahan 353.000 pekerjaan di bulan Januari yang jauh melampaui ekspektasi sebesar 187.000. Tingkat pengangguran sendiri tetap konstan di 3,7% bertentangan dengan perkiraan kenaikan tipis dari level terendah di bulan April sebesar 3,4%. Tingkat stabil ini sebagian disebabkan oleh masuknya pendatang baru ke dalam angkatan kerja. Prediksi untuk paruh pertama tahun 2024 menunjukkan tingkat pengangguran akan berkisar antara 3,4% dan 4,0%, konsisten dengan tren yang diamati selama dua tahun terakhir. Pada paruh kedua tahun 2024, penambahan lapangan kerja diperkirakan tidak akan mampu mengimbangi pertumbuhan penduduk sehingga menyebabkan sedikit peningkatan pada tingkat pengangguran.
  • Sentimen Konsumen Michigan: Selama dua bulan berturut-turut, terjadi peningkatan signifikan dalam sentimen konsumen di AS yang belum pernah terjadi selama lebih dari tiga dekade terakhir. Berdasarkan Survei Konsumen Universitas Michigan yang dirilis pada hari Jumat pekan lalu, sentimen konsumen mengalami peningkatan sebesar 13% pada bulan Januari, mencapai level tertinggi sejak Juli 2021. Sentimen kenaikan ini ditambah dengan kenaikan sebesar 14% pada bulan Desember, menandai peningkatan terbesar dalam dua bulan sejak tahun 1991, bertepatan dengan berakhirnya Perang Teluk dan Amerika keluar dari resesi. Meningkatnya kepercayaan konsumen disebabkan oleh membaiknya prospek inflasi dan pendapatan pribadi. Di samping itu, lonjakan ini mewakili peningkatan hampir 60% dari titik terendah sepanjang masa yang tercatat pada Juni 2022 dan sekarang berada pada 7% di bawah rata-rata historis sejak tahun 1978.

Analisis Harga BTC

Bitcoin akhirnya bisa melampaui harga $44 ribu yang menjadi capaian positif di bulan Februari yang menandakan adanya potensi pemulihan pasar. Di tengah momentum bullish ini telah menghasilkan sentimen positif di seluruh lanskap mata uang crypto. Lonjakan harga BTC ini dispekulasikan terkait dengan antisipasi seputar opsi Ethereum Spot ETF dan BTC ETF. Namun, penting untuk dicatat bahwa tingkat tren meskipun sedang meningkat, tetapi masih relatif lebih rendah dibandingkan bulan lalu, sehingga perlunya kewaspadaan lebih lanjut.

Jika melihat gambar grafik di bawah, terlihat jelas pergerakan harga BTC menghadapi resistensi di batas bawah Fibonacci retracement yang jika berhasil melampaui kisaran harga $45 ribu dan $45.100 diperkirakan harga BTC bisa terus naik lagi.

Pasar mata uang crypto secara keseluruhan menghadapi resistensi di batas bawah Fibonacci retracement. Jika berhasil melampaui resistensi harga sebesar $1,68 triliun, antisipasi pergerakan naik tambahan.

💡 Dilansir dari Coinmarketcap.com, per 12 Februari 2024 tepatnya pada pukul 07:30 WIB, harga BTC sempat menyentuh $48.707.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun mengindikasikan tekanan jual lebih rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dari rata-rata 7 hari yang diartikan sebagai tekanan jual lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual lebih banyak kepemilikan dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih tinggi dari rata-rata. Jika mereka bergerak dengan tujuan menjual, hal ini dapat berdampak negatif. Investor berada dalam fase kecemasan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi dalam jumlah sedang.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli mendominasi di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang dipenuhi oleh pengambil. Ketika Open Interest (OI) terbuka meningkat mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 76.00% pergerakan harga dalam dua minggu terakhir telah naik dan dapat terjadi pembalikan tren. Hal ini menunjukkan kondisi netral di mana harga sekarang berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Token Pertama ERC-404 Melonjak 12.000%. Pandora, token pertama yang didasarkan pada ERC-404, mengalami peningkatan harga hingga 12.000% dalam waktu seminggu dengan diperdagangkan $32.000 dan menandakan kelas sub-aset baru di pasar crypto. Para pengembang yang sedang mengerjakan Ethereum Improvement Proposal (EIP) untuk mendapatkan pengakuan resmi atas ERC-404 menyoroti potensinya untuk merevolusi kepemilikan dan penggunaan NFT. ERC-404 sendiri merupakan standar token Ethereum tidak resmi dan eksperimental yang dikembangkan oleh pembuat nama samaran “ctrl” dan “Acme” yang bertujuan untuk menggabungkan karakteristik token ERC-20 yang dapat dipertukarkan dan token ERC-721 yang tidak dapat dipertukarkan ke dalam kelas baru semi- aset digital yang sepadan. ERC-404 Ini memfasilitasi fraksionalisasi asli NFT melalui mekanisme pencetakan dan pembakaran yang memungkinkan transfer pecahan dan perdagangan.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • SEC Adopsi Aturan Baru yang Memengaruhi Pelaku Pasar Crypto dan DeFi. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) telah mengadopsi aturan baru yang mewajibkan pelaku pasar yang terlibat dalam peran penyedia likuiditas yang signifikan, termasuk yang berada di sektor mata uang crypto dan keuangan terdesentralisasi (DeFi), untuk mematuhi undang-undang sekuritas federal. Meskipun ada penolakan dari industri crypto yang berpendapat bahwa aturan tersebut tidak praktis untuk produk DeFi karena sifatnya yang terdesentralisasi, peraturan SEC kini mengamanatkan bahwa individu atau entitas yang terlibat dalam perdagangan sekuritas aset crypto sebagai bagian dari bisnis reguler harus mendaftar sebagai dealer atau sekuritas pemerintah. Para pemimpin industri mengkritik peraturan tersebut sebagai “salah arah dan tidak dapat dilaksanakan,” sekaligus menyoroti tantangan penerapan kerangka peraturan tradisional untuk DeFi dan pembuat pasar otomatis.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Dymension (DYM) +85.14%
  • Immutable (IMX) +27.87%
  • Beam (BEAM) 25.87%
  • Ethereum Name Service (ENS) 23.98%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Ronin (RON) -15.75%
  • Jupiter (JUP) -12.39%
  • Frax Share (FXS) -10.40%
  • Wemix (WEMIX) -7.49%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan