Analisis Pasar 17-23 April: BTC Ditutup Negatif & Coinbase Luncurkan NFT Marketplace

April 25, 2022
Combined Shape 2
4 Menit
Bagikan
Gambar Analisis Pasar 17-23 April: BTC Ditutup Negatif & Coinbase Luncurkan NFT Marketplace
Reading Time: 4 minutes

Pergerakan Harga Bitcoin (BTC) 17-23 April 2022

Minggu lalu (17-23 April) adalah minggu kedua BTC mencoba untuk keluar dari garis resistensi EMA 55 minggu (43.000 dolar AS), namun upaya tersebut tetap ditolak. Candle terakhir yang kita lihat pada grafik minggu lalu menunjukkan Gravestone Doji*. Hal ini dapat diartikan bahwa pembeli berusaha untuk mendorong harga ke level tertinggi baru selama sesi, akan tetapi bear mendorong aksi harga untuk turun dan mendekati harga pembukaan pada penutupan sesi.

💡 Gravestone doji adalah pola candlestick pembalikan bearish yang terbentuk ketika harga pembukaan, harga terendah, dan harga penutupan semuanya berdekatan satu sama lain dengan long upper shadow. Long upper shadow menunjukkan bahwa kenaikan bullish di awal sesi telah dikalahkan oleh penurunan pada akhir sesi, yang sering terjadi tepat sebelum tren bearish jangka panjang.

Dengan candle terakhir ditolak, ini memberikan validasi pola grafik bahwa harga mungkin akan terus menurun dalam jangka panjang. Volume minggu ke minggu relatif stabil, dengan sedikit peningkatan. RSI juga masih sideways, dengan level resistance di kisaran 42.600-43.300 dolar AS.

Namun, pada analisis jangka pendek, BTC bisa bergerak sideways, dengan kisaran harga 40.000-43.000 dolar AS. Sebuah pengingat bahwa level 43.000 dolar AS sesuai dengan EMA bull market (EMA 21 minggu). BTC perlu merebut kembali EMA ini untuk mengkonfirmasi momentum bullish.

Pergerakan harga BTC semakin berkorelasi dengan ekuitas AS tahun ini, khususnya, Nasdaq. Dengan aksi penjualan saham-saham teknologi, BTC akan menghadapi tekanan risk-off yang sama dari pasar. Dengan treasury yields yang meningkat, valuasi saham akan dikompresi karena tingkat bebas risiko yang biasa digunakan untuk menghitung arus kas yang didiskon menjadi lebih tinggi. Sampai kita melihat saham teknologi rebound, akan sulit bagi BTC untuk bangkit, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan.

💡 Kenaikan treasury yields dapat memperlambat reli di saham teknologi dan growth stock lainnya karena investor khawatir tentang terkikisnya arus kas jangka panjang untuk perusahaan-perusahaan ini.

Pada grafik bulanan di bawah, dapat dilihat formasi bearish flag channel. Level support berada di 38.000 dolar AS, yang merupakan EMA 21 bulan. Jika BTC ditutup di bawah level ini, dan terdapat konfirmasi untuk bulan depan bahwa level tersebut telah menjadi level resistance, maka kita harus berhati-hati.

Pergerakan Harga Ether (ETH) 17-23 April 2022

Sementara itu, candle ETH berada di antara 21 hingga 55 minggu EMA, yang masing-masing berperan sebagai resistance dan support. Support berada di level 2.880 dolar AS, sementara resistance di level 3.150 dolar AS. ETH tidak mampu menlampaui level resistance di angka 3.150 dan bears dengan cepat menguasai pasar.

Pada daily chart di bawah, dapat dilihat formasi ascending channel (mulai dari pertengahan Januari 2022) terus berlanjut. Perhatikan bahwa harga pasar sideways ETH berkisar antara2.800 hingga 3.200 dolar AS. Di atas dan di bawah harga pasar sideways akan menjadi waktu yang baik untuk menjual dan membeli.

Apalagi yang Perlu Diperhatikan dari Pasar Kripto Satu Pekan Terakhir?

  • 📈 Rasio jual beli jangka pendek mengalami tren kenaikan sejak 10 April. Ini berarti ada lebih banyak volume beli daripada volume jual untuk BTC. Biasanya, ketika tren rasio ini naik maka harga BTC biasanya merespon dengan bergerak ke atas. Namun, harga BTC saat ini belum merespon kenaikan pembelian. Jika rasio ini terus meningkat, maka harga BTC berpotensi untuk naik.
  • 📊 Funding rates stabil sejak awal tahun ini. Semakin tinggi nilai absolut dari funding rates, semakin agresif para traders. Namun, nilai absolut saat ini dari funding rates telah mendekati nol, yang berarti traders tidak agresif dalam kondisi ekonomi saat ini.
  • 📉 Bitcoin fund volume masih dalam tren penurunan. Volume perdagangan koin yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini telah dalam tren turun sejak Mei 2021. Jadi untuk analisis jangka panjang, harapkan kelanjutan pola ini.
  • ⚠ Pertemuan FOMC akan berlangsung pada 3-4 Mei. Ketua Fed menyatakan bahwa kenaikan suku bunga 50 bps akan dibahas untuk pertemuan Mei. Dia menegaskan bahwa mengembalikan inflasi ke target 2% adalah kebijakan utama saat ini. Harapkan lebih banyak volatilitas pasar di minggu mendatang.

Berita Seputar Dunia Altcoins

  • 🚀 Yuga Labs memberikan bocoran tanggal peluncuran untuk proyek metaverse yang terinspirasi BAYC, Otherside, dan mengumumkan bahwa server resmi Discord proyek tersebut sekarang telah dibuka. Menyusul pengumuman tersebut, harga token APE melonjak hampir 28% dalam satu hari mencapai lebih dari 17 dolar AS per token pada 20 April.

Berita Penting Lainnya dari Dunia Kripto Satu Pekan Terakhir

  • Coinbase Luncurkan NFT Marketplace: Mengutip Cointelegraph, marketplace Non-fungible Token (NFT) Coinbase telah resmi pindah ke versi beta. Dalam konferensi pers minggu lalu, wakil presiden produk dan ekosistem Coinbase Sanchan Saxena mengatakan bahwa desain marketplace NFT Coinbase akan menjadi persilangan antara platform media sosial dan pasar NFT lainnya seperti OpenSea.
  • 👟 Nike Rilis Sepatu Digital: Dikutip dari Decrypt, Nike telah merilis sepatu kets metaverse digital pertamanya, RTFKT x Nike Dunk Genesis CryptoKicks berbasis NFT berbasis Ethereum. Raksasa sepatu kets itu mengakuisisi perusahaan NFT RTFKT Studios pada bulan Desember tahun lalu.

Referensi

Nadya Rahmaesya
Author
Nadya Rahmaesya

Topik

Bagikan

Artikel Terkait