Analisis Pasar 19 Februari 2024: BTC Siap Uji Resistensi Kunci setelah Melewati $52.000

Update 19 Feb 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 19 Februari 2024: BTC Siap Uji Resistensi Kunci setelah Melewati $52.000
Reading Time: 6 minutes

Harga Bitcoin (BTC) membuat kejutan dengan menembus resistensi harga $50 ribu yang merupakan pencapaian tertinggi sejak tahun 2022. Terdapat dua skenario setelah BTC menembus harga tersebut, pertama melanjutkan kenaikan jika mampu naik ke level $53 ribu, atau turun hingga level $46.500. Manakah skenario yang akan ditemui BTC? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ✍🏻 BTC berhasil mencapai $52.000 dengan resistensi terdekat di sekitar $52.450.
  • 📉 Indeks harga konsumen menunjukkan tingkat inflasi tahunan turun menjadi 3,1% di bulan Januari dari 3,4% di bulan Desember. Belanja konsumen juga mengalami penurunan signifikan di bulan Januari, menandai penurunan bulanan paling besar sejak bulan Maret.
  • 🏪 Penjualan ritel mengalami kontraksi sebesar 0,8%, menyusul kenaikan 0,4% yang direvisi turun pada bulan Desember.
  • 💼 Permohonan tunjangan pengangguran turun 8.000 menjadi 212.000.

Analisis Makroekonomi

Indeks Harga Konsumen

Tren penurunan inflasi sedikit meleset dari ekspektasi yaitu turun menjadi 3.1% pada bulan Januari namun tetap berada di atas target The Fed sebesar 2% sedangkan Inflasi inti tetap stabil di angka 3,9%. Meskipun inflasi secara keseluruhan menurun dari puncak pandemi, beberapa kategori seperti tempat tinggal dan makanan mengalami kenaikan harga di bulan Januari.

Lebih lanjut, inflasi mengalami penurunan signifikan dari puncaknya sebesar 9.1% pada Juni 2022 di saat pendapatan rata-rata konsumen tidak berhasil mengimbangi kenaikan harga, sehingga menyebabkan pendapatan riil negatif selama lebih dari dua tahun. Meski begitu, tren ini telah berbalik, di mana menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) terdapat kenaikan pendapatan rata-rata per jam sebesar 1.4% dari Januari 2023 hingga Januari 2024. Secara spesifik, sejak Mei 2023 upah per jam pekerja mampu naik melebihi tingkat inflasi yang dapat mendorong daya beli.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Penjualan Ritel: Pada bulan Januari, belanja konsumen menurun signifikan, menandai penurunan bulanan terbesar sejak bulan Maret, yang memunculkan kekhawatiran terhadap kondisi perekonomian AS. Penjualan ritel turun 0.8%, lebih besar dari perkiraan penurunan 0.3%, menyusul revisi kenaikan 0.4% pada bulan Desember. Penurunan ini lebih besar dari perkiraan, dengan penjualan tidak termasuk otomotif juga turun sebesar 0.6%, berlawanan dengan perkiraan kenaikan sebesar 0.2%. Meskipun laporan penjualan disesuaikan secara musiman, laporan ini tidak memperhitungkan inflasi yang menunjukkan bahwa pengeluaran tidak dapat mengimbangi kenaikan harga, dengan pertumbuhan penjualan dari tahun ke tahun hanya sebesar 0.6%.
  • Klaim Pengangguran Awal: Klaim pengangguran awal untuk pekan yang berakhir 10 Februari turun menjadi 212.000 menunjukkan sedikitnya PHK. Meskipun sedikit lebih tinggi dibandingkan minggu sebelumnya sebesar 212.750, rata-rata empat minggu masih tetap rendah di angka 218.500. Ketahanan ini muncul meskipun The Fed telah melakukan 11 kali kenaikan suku bunga sejak Maret 2022 untuk memerangi inflasi yang masih melebihi target 2%. Meskipun perekonomian belum memasuki perkiraan resesi, The Fed telah mempertahankan suku bunga stabil dalam pertemuan-pertemuan baru-baru ini, menunjukkan pendekatan yang hati-hati terhadap pengetatan lebih lanjut.
  • Indeks Manufaktur Empire State NY: Indeks ini di bulan Februari menunjukkan sedikit peningkatan dalam aktivitas manufaktur di Negara Bagian New York, dengan indeks difusi Kondisi Bisnis Umum naik menjadi -2.4, naik dari -43.7 pada bulan Januari melampaui ekspektasi -13.7. Meskipun masih menunjukkan kontraksi dalam aktivitas (karena angka di bawah 0,0 menandakan kondisi yang memburuk), peningkatan ini menunjukkan terjadi pengurangan signifikan terhadap penurunan yang terlihat pada bulan sebelumnya. Indeks ini didasarkan pada survei terhadap sekitar 200 produsen di Negara Bagian New York, yang berfungsi sebagai barometer kesehatan sektor manufaktur negara bagian tersebut secara keseluruhan.

Analisis Harga BTC

Setelah melonjak melampaui resistensi $50.000, BTC mengalami koreksi ke bawah dan menguji zona $48.250 sebelum memulai pergerakan naik kembali.

Para Bulls berhasil mendorong BTC di atas ambang batas $52,000 dengan resistensi terdekat di sekitar $52.450, dan resistensi berikutnya sekitar $53.200. Jika BTC mampu mencapai penutupan di atas level $53.200, kemungkinan dapat memulai kenaikan lanjutan.

Dalam skenario seperti itu, harga berpotensi naik menuju level $55.000, dan dalam jangka pendek dapat mendorong Bitcoin menuju level $56.200. Berdasarkan grafik di bawah ini, penting bagi BTC untuk membangun support kuat di garis Fibonacci retracement 0.786 terletak di level support $50.000, sebelum naik lebih jauh.

Jika hal ini tidak terwujud, koreksi ke bawah mungkin akan terjadi dan support selanjutnya di sekitar zona $50.800 diikuti oleh level support signifikan di $50.000 atau garis tren yang berlaku. Kerugian tambahan apapun dapat mengarahkan harga menuju zona dukungan $49.200. Support penting berikutnya terletak di dekat level $48.800, dan penembusan level ini meningkatkan risiko penurunan menuju level $46.500 dalam beberapa hari mendatang.

Pasar crypto secara mingguan menunjukkan pembentukan support di batas bawah area rasio emas Fibonacci. Antisipasi pergerakan naik yang berkelanjutan di pasar crypto; jika tidak ada perkembangan, antisipasi dukungan kuat pada kapitalisasi pasar sebesar $1,75 triliun.

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun mengindikasikan tekanan jual lebih rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dari rata-rata 7 hari yang diartikan sebagai tekanan jual lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual lebih banyak kepemilikan dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk menyimpan koin. Investor berada dalam fase keyakinan di mana saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi dalam jumlah tinggi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual mendominasi di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang dipenuhi oleh pengambil. Ketika Open Interest (OI) terbuka meningkat mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 92.00% pergerakan harga dalam dua minggu terakhir telah naik dan dapat terjadi pembalikan tren. Hal ini menunjukkan kondisi netral di mana harga sekarang berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam dua minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Worldcoin (WLD) mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa. Harga token WLD dalam seminggu menjadi $5.36 dan mencapai kapitalisasi pasar sekitar $700 juta. Didukung oleh Tools of Humanity yang didirikan oleh Sam Altman, CEO OpenAI, nilai Worldcoin melonjak seiring peluncuran Sora, model kecerdasan artifisial (AI) yang mampu mengubah teks menjadi video. Token ini sebelumnya telah menunjukkan kepekaan terhadap berita yang berhubungan dengan OpenAI, terutama mengalami penurunan pada November 2023 setelah kepergian singkat Altman dari perusahaan. Pasar token AI secara keseluruhan juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 25% selama seminggu terakhir, menyoroti meningkatnya minat terhadap mata uang crypto terkait AI di tengah pasar yang sedikit membaik.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • ETF Mendorong Kenaikan Bitcoin Menuju Kapitalisasi Pasar $1 Triliun. Lonjakan Bitcoin baru-baru ini melewati angka $50.000, mencapai kapitalisasi pasar sebesar $1 triliun secara signifikan didorong oleh masuknya investasi baru dari dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF), dengan sekitar 75% dana baru tidak termasuk GBTC milik Grayscale yang berasal dari ETF ini, menurut CryptoQuant. Tren investasi ini bertepatan dengan peningkatan kapitalisasi Bitcoin yang direalisasikan menjadi $454 miliar yang menunjukkan permintaan kuat menjelang penurunan separuh Bitcoin yang diantisipasi pada bulan April. Dengan $9.5 miliar atau 2% dari total investasi historis dalam Bitcoin, disalurkan melalui ETF, arus masuk ini menggarisbawahi peran penting ETF Bitcoin spot dalam dinamika pasar saat ini, menyoroti prospek jangka menengah yang bullish tetapi juga menimbulkan potensi risiko jika permintaan yang digerakkan oleh ETF berkurang.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Worldcoin (WLD) +152.13%
  • The Graph (GRT) +61.43%
  • VeChain (VET) +51.57%
  • Sei (SEI) +43.78%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Astar (ASTR) -5.78%
  • Celestia (TIA) -1.99%
  • Bitcoin Cas (BCH) -0.62$

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan