Analisis Pasar 20 November 2023: Perhatikan Support Terbaru BTC di $36 ribu!

Update 20 Nov 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 20 November 2023: Perhatikan Support Terbaru BTC di $36 ribu!
Reading Time: 7 minutes

Pasar crypto masih menunjukkan pergerakan positif yang ditandai dengan meningkatnya lonjakan popularitas pada opsi Bitcoin di kalangan komunitas crypto. Open interest (OI) (minat terbuka) pada opsi Bitcoin melampaui pasar berjangka sebesar $17,5 miliar. Peningkatan ini menjadi sentimen positif yang menunjukkan pasar crypto lebih matang. Namun apakah faktor tersebut cukup untuk mendorong lagi kenaikan harga BTC? Simak selengkapnya pada analisis pasar di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ūüĒĄ¬†Indeks harga konsumen AS tetap stabil dari bulan ke bulan, sebuah tanda positif akan potensi penurunan harga-harga yang tinggi. Dari tahun ke tahun, CPI naik 3,2%, sedikit di bawah perkiraan 3,3%.
  • ūüďȬ†Sementara itu, indeks Sentimen Konsumen Michigan turun menjadi 60,4, jauh di bawah perkiraan 63,7 dan 63,8 di bulan Oktober.
  • ūüöĬ†Klaim pengangguran mingguan di AS mencapai level tertinggi tiga bulan pada pekan yang berakhir 11 November 2023, dengan 231.000 klaim baru.
  • ūüĎĬ†Support BTC berada di level $36.000. Pasar optimis BTC bisa mencapai all-time high (baru) di tengah prospek modal institusional yang mengalir ke Bitcoin.
  • ‚úćūüŹĽ¬†ETH menunjukkan kinerja yang lebih lemah dibandingkan BTC. Resistensi ETH bada di garis rata-rata pergerakan 200 minggu.

Analisis Makroekonomi

Indeks Harga Konsumen

Analisis makroekonomi pekan ini dibuka dengan indeks harga konsumen AS di bulan Oktober tetap stabil dari bulan ke bulan yang menjadi sebuah tanda positif akan potensi penurunan harga-harga yang tinggi. Secara tahunan, CPI naik 3,2%, sedikit di bawah perkiraan 3,3%. CPI inti, tidak termasuk makanan dan energi, naik 0,2% dari bulan ke bulan dan 4% dari tahun ke tahun, tingkat tahunan terendah dalam dua tahun terakhir tetapi di atas target Fed di angka 2%. Menyusul pengumuman CPI, Dow Jones melonjak hampir 500 poin, dan para trader mengabaikan kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed dalam waktu dekat. Sebagai gambaran, The Fed telah menaikkan suku bunga sebanyak 11 kali sejak Maret 2022, dengan total 5,25 poin persentase.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Indeks Sentimen Konsumen Michigan: Terkait sentimen konsumen Michigan, terdapat kekhawatiran atas suku bunga yang tinggi. Kekhawatiran ini menyebabkan, Indeks Sentimen Konsumen Michigan turun menjadi 60,4, jauh di bawah perkiraan 63,7 dan 63,8 di bulan Oktober. Penurunan juga dialami pada prospek ekonomi jangka panjang sebesar 12% dengan penurunan sentimen terbesar di antara konsumen berpenghasilan rendah dan usia yang lebih muda. Penurunan tersebut bertepatan dengan pernyataan dari Ketua Federal Reserve tentang adanya kemungkinan kenaikan suku bunga lanjutan. Saat ini suku bunga berada pada puncak 22 tahun di angka 5,25-5,5% dan suku bunga bunga hipotek sekitar 7,9%.
  • Penjualan Ritel: Pada Oktober 2023 penjualan ritel di AS mengalami penurunan 0,1% yang mengakhiri kenaikan enam bulan berturut-turut. Penurunan sebagian disebabkan oleh turunnya harga bensin dan mobil. Di luar itu, penjualan hanya naik tipis 0,1%. Kenaikan di bulan September direvisi naik dari 0,7% menjadi 0,9%. Angka-angka ini mengindikasikan sedikit penurunan belanja konsumen di tengah kondisi pasar yang berfluktuasi.
  • Indeks Harga Produsen (PPI): Pada Oktober 2023, PPI untuk permintaan akhir di AS mengalami penurunan signifikan sebesar 0,5% yang menjadi penurunan terbesar sejak April 2020, dan kontras dengan ekspektasi ekonom yang memperkirakan kenaikan sebesar 0,1%. Selama 12 bulan hingga Oktober, PPI hanya meningkat 1,3%, atau turun dari kenaikan 2,2% di bulan September yang menunjukkan perlambatan inflasi harga produsen.
  • Indeks Manufaktur Negara Bagian New York: di bulan November 2023 indeks tersebut naik tajam menjadi 9,1, yang melampaui ekspektasi -2,8. Indeks yang mengukur kondisi bisnis di New York ini rebound dari -4,6 pada bulan Oktober. Indeks persediaan juga meningkat, mengindikasikan persediaan yang lebih tinggi untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan. Namun, prospek perusahaan-perusahaan untuk enam bulan ke depan menurun yang menunjukkan berkurangnya optimisme tentang kondisi masa depan.
  • Klaim Pengangguran Mingguan: Klaim pengangguran mingguan di AS mencapai level tertinggi tiga bulan pada pekan yang berakhir 11 November 2023, dengan 231.000 klaim baru. Peningkatan ini menunjukkan pasar tenaga kerja yang mendingin dapat berpotensi membantu upaya Federal Reserve untuk memerangi inflasi. Klaim lanjutan juga naik menjadi 1,865 juta, tertinggi sejak November 2021. Kenaikan ini mencerminkan perlambatan ekonomi yang lebih luas dan peningkatan pengekangan permintaan karena suku bunga yang lebih tinggi.

Analisis Harga BTC & ETH

Bitcoin

Meningkatnya harga Bitcoin ternyata mendorong lonjakan popularitas opsi Bitcoin dalam komunitas crypto. Peningkatan ini melampaui pasar berjangka dengan open interest (minat terbuka) sebesar $17,5 miliar, jauh lebih besar dari yang diamati di pasar berjangka sebesar $15,84 miliar. Transisi ini menunjukkan pasar yang lebih matang sekaligus memperlihatkan para pedagang yang berpengetahuan luas mendapatkan pengaruh yang lebih besar di dunia crypto.

Kenaikan nilai Bitcoin tahun ini telah menghidupkan kembali minat terhadap pasar crypto. Kenaikan ini didorong oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk peningkatan permintaan untuk aset-aset safe haven, antisipasi seputar ETF spot di Amerika Serikat, dan ekspektasi positif terkait The Fed.

Meskipun fokus awalnya pada pasar spot dan futures Bitcoin, sekarang terdapat pergeseran ke arah opsi karena menawarkan cara yang hemat biaya untuk berspekulasi tentang pergerakan harga.

Di tengah momentum yang menguntungkan, harga BTC berada di kisaran $36.000 ‚Äď 37.000 menunjukkan rebound yang signifikan dari penurunan 65% tahun lalu dan lonjakan yang mengesankan sebesar 122% tahun ini dan sekarang harga support BTC di $36.000. Prospek modal institusional yang mengalir ke Bitcoin dianggap sebagai pengubah permainan yang potensial, dengan potensi untuk mendorong nilainya melampaui level tertinggi sepanjang masa sebelumnya di harga $69.000. Atau lebih optimis lagi mungkin mencapai tonggak sejarah yang didambakan yaitu $100.000 atau bahkan lebih tinggi.

Ethereum

Berbeda dengan BTC, ETH menunjukkan kinerja yang lebih lemah dengan mengalami kerugian -1,5% terhadap BTC selama sepekan. Saat ini, ETH menghadapi resistensi pada garis rata-rata pergerakan 200 minggu. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga garis resistensi berhasil ditembus.

Pasar crypto secara keseluruhan menghadapi resistensi pada rata-rata pergerakan 150 minggu, yang diposisikan pada angka 1,425 triliun. Antisipasi periode pergerakan yang terbatas pada kisaran di pasar crypto kecuali berhasil melampaui garis resistensi ini.

Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus meningkat mengindikasikan tekanan jual yang lebih tinggi. Simpanan bersih di bursa lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi
  • ūüíĽ Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun dengan pendapatan berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ‚õďÔłŹ¬†On-Chain: Di tengah pasar bullish, banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase kecemasan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasikan dalam jumlah sedang.
  • ūüŹ¶ Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang diisi oleh pengambil posisi. Ketika open interest (OI) menurun mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan adanya pembalikan tren yang dapat memicu terjadinya tekanan jual/beli yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • ūüĒĬ†Indikator Teknikal: Relative Strength Index¬†(RSI) mengindikasikan kondisi netral. Stochastic mengindikasikan kondisi netral di mana harga saat ini mendekati level moderat dalam kisaran tertinggi dan terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Sam Altman dipecat dari posisi CEO OpenAI. Mundurnya Sam token Worldcoin (WLD) mengalami penurunan signifikan lebih dari 13%, menjadi $1.91, menurut data CoinMarketCap. Worldcoin belum memberikan komentar mengenai peran Altman atau arah proyek ke depan. Sebagai informasi, Worldcoin berhasil mengumpulkan $115 juta dalam putaran pendanaan Seri C pada bulan Mei, yang dipimpin oleh Blockchain Capital. Menurut TechCrunch per Maret, Altman merupakan anggota dewan Worldcoin tetapi tidak terlibat dalam operasional sehari-hari.
  • Chainlink mengumumkan peluncuran Staking v0.2, catat tanggalnya! Mulai 28 November 2023, periode Migrasi Prioritas akan dimulai yang memungkinkan para staker v0.1 untuk memigrasikan stake dan reward mereka ke Staking v0.2. Periode ini akan berlangsung selama sembilan hari dan menawarkan akses terjamin untuk migrasi tersebut. Setelah itu, fase Akses Awal dimulai pada 7 Desember 2023, memberikan kesempatan kepada anggota komunitas yang memenuhi syarat dalam Daftar Kelayakan Akses Awal untuk melakukan staking LINK selama empat hari sebelum Pool dibuka untuk umum. Terakhir, fase Akses Umum dibuka pada 11 Desember 2023, memungkinkan siapa saja untuk melakukan staking LINK di Pool v0.2 hingga mencapai kapasitas, dengan batas maksimum untuk setiap dompet.
  • Onyx by J.P. Morgan dan Apollo Global umumkan kolaborasi PoC Berbasis Blockchain untuk Transformasi Manajemen Aset di Bawah Project Guardian. Kolaborasi antara Onyx by J.P. Morgan dan Apollo Global telah menghasilkan Proof-of-Concept (PoC) inovatif di bawah Project Guardian Singapura. Proyek ini menunjukkan potensi transformasi teknologi blockchain, smart contract, dan tokenisasi dalam sektor manajemen aset dan kekayaan. Dengan memanfaatkan Onyx Digital Assets, proyek ini berfokus pada otomatisasi manajemen portofolio dan integrasi aset alternatif dengan aset likuid. Inisiatif ini juga mengeksplorasi interoperabilitas multi-rantai, terhubung dengan sebuah Subnet Avalanche Evergreen yang diizinkan untuk memfasilitasi transaksi dengan WisdomTree. Kerja sama ini menandakan minat yang berkembang dari industri keuangan dalam menggunakan teknologi blockchain untuk meningkatkan infrastruktur pasar modal dan proses institusional.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Celestia (TIA) +95.75%
  • THORChain (RUNE) +48.48%
  • Avalance (AVAX) +47.93%
  • ORDI (ORDI) +43.69%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Neo (NEO) -16.27%
  • Rocket Pool (RPL) -13.70%
  • Theta Network (THETA) -12.41%
  • Kava (KAVA) -12.29%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan