Analisis Pasar Crypto Hari Ini (14 Oktober 2024): Vitalik Cuan Dari Memecoin, BTC Masih Mencari Arah

Update 14 Oct 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Analisis Pasar Crypto Hari Ini (14 Oktober 2024): Vitalik Cuan Dari Memecoin, BTC Masih Mencari Arah
Reading Time: 5 minutes

Bitcoin (BTC) di awal kuartal IV ini masih belum terlihat jelas arahnya. Tarik menarik antara “bears” dan “bulls” masih terjadi. Padahal dari sisi makroekonomi banyak data-data positif yang menjadi salah satu faktor untuk jadi pendorong kenaikan pada harga-harga aset crypto. Simak analisisnya di bawah ini.

Ringkasan Artikel

  • 📝 BTC diperdagangkan di bawah Moving Average (MA) 200 hari pada $63.400 dan berkisar di sekitar MA 100 hari pada sekitar $61.000.
  • 💼 Laporan lapangan kerja non-pertanian di Amerika Serikat (AS) mengalami peningkatan 254 ribu, namun tingkat pengangguran stagnan di angka 4,1%.
  • 🟢 Tingkat pengangguran AS di bulan September turun menjadi 4,1%. Penurunan ini melampaui ekspektasi konsensus dan angka penggajian untuk bulan Juli serta Agustus.
  • ✅ Mayoritas pejabat Fed AS mendukung penurunan suku bunga setengah poin.

Analisis Makroekonomi

Non-farm payroll

Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis laporan lapangan kerja non-pertanian yang mengalami peningkatan 254 ribu di bulan September. Total perubahan lapangan kerja non-pertanian untuk bulan Juli direvisi naik sebesar 55.000, dari +89.000 menjadi +144.000, sementara perubahan untuk bulan Agustus disesuaikan naik sebesar 17.000, dari +142.000 menjadi +159.000. Sebagai hasil dari revisi ini, lapangan kerja untuk bulan Juli dan Agustus digabungkan sekarang 72.000 lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya. Meski lapangan kerja meningkat, namun tingkat pengangguran tidak mengalami perubahan dan masih di angka 4,1%.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Tingkat Pengangguran: Tingkat pengangguran di AS turun di bulan September menjadi 4,1% atau turun juga dari bulan Agustus sebesar 4,2%. Penurunan ini melampaui ekspektasi konsensus dan angka penggajian untuk bulan Juli serta Agustus secara kolektif yang direvisi naik sebanyak 72.000 pekerjaan.
  • Risalah The Fed: Mayoritas pejabat Fed dari hasil rapat kebijakan pada Rabu pekan lalu mendukung pemotongan suku bunga setengah poin sebagai langkah awal menuju kebijakan moneter yang lebih akomodatif. Namun, terdapat konsensus luas bahwa pemotongan awal ini tidak akan mengikat Fed pada kecepatan tertentu untuk penurunan suku bunga di masa mendatang. Risalah tersebut memberikan wawasan lebih jauh tentang keberagaman pendapat di dalam The Fed saat para pembuat kebijakan menyetujui pemotongan suku bunga.
  • Klaim Pengangguran Awal: Warga AS yang mengajukan tunjangan pengganguran meningkat 33 ribu menjadi 258 ribu pada (5/10). Peningkatan ini menjadi tingkat klaim awal tertinggi sejak awal Agustus 2023.
  • Indeks Harga Konsumen (IHK): Harga konsumen naik sebesar 2,4 persen sepanjang tahun hingga September hanya turun sedikit dari bulan Agustus. Meskipun perlambatan tersebut lebih rendah dari yang diantisipasi para ekonom, ada berita positif mengenai biaya perumahan. Jika tidak termasuk biaya makanan dan bahan bakar yang dapat berfluktuasi secara signifikan, ukuran inflasi “inti” naik sedikit menjadi 3,3 persen, dibandingkan dengan 3,2 persen sebelumnya. Meskipun laporan tersebut menunjukkan penurunan inflasi yang lebih kecil dari yang diharapkan, rincian yang mendasarinya cukup menggembirakan di mana bulan September, kenaikan harga tempat tinggal mulai menunjukkan tanda-tanda perlambatan yang signifikan, yang telah diantisipasi oleh para pembuat kebijakan.

Analisis Harga BTC

Pergerakan BTC di Oktober masih belum stabil. Awal pekan sempat naik ke $64,400, namun hanya bertahan sebentar dan pada Rabu (9/10) BTC malah turun ke $62,000. Penurunan tersebut membuat para “bears” (sebutan bagi yang pesimis), terus mendorong BTC lebih jauh ke $60,400 pada kamis esoknya. Bahkan di malam Kamisnya, BTC makin terpuruk dengan turun ke titik terendahnya di $58,500 yang menyebabkan terlikuidasi sekitar $250 juta.

Namun para “bulls” (sebutan bagi yang optimistis) tidak mau kalah dan bergerak mencegah BTC lebih turun lagi. Hal ini terbukti dengan BTC pulih sekitar $2000 dan diperdagangkan di kisaran, $61,000 & $62,000.

Kenaikan BTC di atas Moving Average (MA) 100 hari dan 200 hari sempat memicu kembali sentimen bullish. Namun, setelah mencapai zona resistensi $66.000, tekanan jual yang signifikan muncul, menghentikan pergerakan naik. Level ini secara historis merupakan resistensi bulanan yang kuat dan ketidakmampuan BTC untuk menembusnya menyebabkan penolakan tajam.

Saat ini, BTC diperdagangkan di bawah MA 200 hari pada $63.400 dan berkisar di sekitar MA 100 hari pada sekitar $61.000. Area ini penting, karena level support $60.000 merupakan penghalang psikologis dan signifikan. Jika turun di bawah support ini, penurunan jangka menengah menuju kisaran $52.000-$55.000 menjadi skenario yang mungkin terjadi. Kisaran ini merupakan level support utama berikutnya dan dapat menjadi target jika momentum bearish berlanjut.

BTC Dominance juga menurun menjadi 57,7%. Saat BTC tengah berjuang untuk menembus level resistensi utama, pelaku pasar mungkin melihat ini sebagai peluang untuk berinvestasi pada koin lain yang menunjukkan momentum atau potensi pertumbuhan lebih besar.

BELI BITCOIN SEKARANG!

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual asetnya lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Di tengah pasar bullish, hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase cemas di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen jual sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang diisi oleh pengambil posisi. Seiring meningkatnya open interest, hal ini mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral. Stochastic menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Vitalik Cuan $2,24 Juta dari Penjualan Meme Coin. Ethereum co-founder Vitalik Buterin, baru-baru ini berhasil mengantongi $2,24 juta dari penjualan berbagai meme coin yang diterima sebagai hadiah dari para pengembang. Dalam rangkaian transaksi selama 12 jam, Vitalik mengubah meme token seperti $MOODENG, $MSTR, $EBULL, $POPCAT, $MILO, $FWOG, $TCATI, dan $VITALIK menjadi 908,77 $ETH. Penjualan terbesar adalah 10 miliar $MOODENG yang menghasilkan 395,96 $ETH atau senilai hampir $976.000. Ini bukan pertama kalinya Buterin menjual meme coin, di mana sebelumnya pada 2021 ia juga menjual Shiba Inu ($SHIB) dan mendonasikan sebagian hasilnya untuk amal.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Peter Todd Ungkap Dirinya Bukan Satoshi. Sebuah dokumenter baru dari HBO mengklaim telah mengungkap identitas Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin yakni seorang ahli crypto asal Kanada, Peter Todd. Namun, Todd menolak klaim ini dan menyebutnya “konyol.” Dalam film Money Electric: The Bitcoin Mystery, Todd dihadapkan dengan bukti yang diajukan oleh pembuat film Cullen Hoback, tetapi dia dengan tegas membantahnya. Satoshi Nakamoto telah lama menjadi misteri karena kekayaannya yang diperkirakan mencapai $69 miliar. Sebelumnya, berbagai individu telah dituding sebagai Satoshi, tetapi semua klaim itu, termasuk dari Craig Wright, telah dibantah atau terbukti salah.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • First Neiro On Ethereum (NEIRO) +107,21%
  • Sui (SUI) +27,39%
  • Brett (BRETT) +22,33%
  • Chiliz (CHZ) 20,70%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Helium (HNT) 12,23%
  • Kaspa (KAS) -9,70%
  • Maker (MKR) -8,50%
  • Wormhole (W) -7,85%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Bagikan