Analisis Pasar Crypto Hari Ini (16 September 2024): September Ceria BTC Balik Ke $60 Ribu

Update 16 Sep 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Analisis Pasar Crypto Hari Ini (16 September 2024): September Ceria BTC Balik Ke $60 Ribu
Reading Time: 5 minutes

Bitcoin (BTC) akhirnya kembali menyentuh level harga penting di $60 ribu setelah beberapa pekan tertahan di bawah harga tersebut. Ada euforia sesaat bagi investor, namun dari berbagai data yang tersedia, sentimen negatif masih menyelimuti pasar crypto secara keseluruhan. Simak analisis di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • 🔴 Dua faktor negatif BTC, turunnya aktivitas jaringan alamat aktif BTC dan arus keluar exchange-traded fund (ETF) BTC sebesar $1 Miliar.
  • 💼 Laporan Pekerjaan Amerika Serikat (AS) di bulan Agustus tidak memenuhi harapan karena pasar tenaga Kerja tetap lamban.
  • ↔️ Tingkat inflasi inti pada bulan Agustus sebesar 3,2% tidak berubah dari angka bulan Juli.
  • 📈 Rata-rata pergerakan klaim selama empat minggu yang membantu memperlancar fluktuasi mingguan naik tipis sebanyak 500 menjadi total 230.750.

Analisis Makroekonomi

Indeks Harga Konsumen (IHK) AS Positif

Inflasi di AS menandai kemajuan yang signifikan untuk menuju target the Fed sebesar 2% meski data secara keseluruhan menunjukkan hanya kecil kemungkinan penurunan suku bunga terjadi di pekan ini.

Dalam sebulan terakhir, indeks harga konsumen (IHK) hanya naik 2,5% dari tahun ke tahun. Penurunan harga gas dan biaya bahan makanan yang stabil pada bulan Agustus memberikan sedikit kelegaan bagi rumah tangga yang menghadapi biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Meskipun IHK keseluruhan lebih dari yang diharapkan, inflasi inti tidak termasuk harga pangan dan energi masih tetap tinggi. Tingkat inflasi inti pada bulan Agustus sebesar 3,2% tidak berubah dari angka bulan Juli. Secara bulanan, IHK inti naik 0,3% pada bulan Agustus, naik dari 0,2% pada bulan Juli yang sebagian besar disebabkan oleh biaya tempat tinggal, harga tiket pesawat, dan layanan yang lebih tinggi.

Data CPI terbaru tidak mengubah prospek ukuran inflasi pilihan Fed dengan indeks harga PCE yang berada di angka 2,6% pada bulan Juli. The Fed mengisyaratkan bahwa kemajuan inflasi yang telah dicapai sejauh ini memungkinkan dimulainya pemotongan suku bunga.

Sementara beberapa ekonom dan pengamat Fed berspekulasi bahwa pertumbuhan lapangan kerja yang lambat dapat mendorong pemotongan yang lebih agresif sebesar 50 basis poin, laporan inflasi hari Rabu menunjukkan pengurangan yang lebih hati-hati sebesar 25 basis poin.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Nonfarm payroll: Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa pengusaha menambah 142.000 pekerjaan non pertanian pada bulan Agustus, naik dari laporan awal bulan Juli sebanyak 114.000 meski tetap di bawah ekspektasi ekonom sebanyak 160.000.
  • Tingkat pengangguran: Tingkat pengangguran AS sedikit turun dari level tertinggi 33 bulan di bulan Agustus yang masih sesuai dengan prediksi yakni turun 4,2%. Pemerintah juga merevisi pertumbuhan lapangan kerja bulan Juli ke bawah sebanyak 114.000, sehingga totalnya menjadi 89.000 lapangan kerja yang ditambahkan. Sementara angka bulan Juni diturunkan dari 179.000 menjadi 118.000, sehingga mengakibatkan berkurangnya 86.000 lapangan kerja yang tercipta selama periode dua bulan.
  • Klaim Pengangguran: Meski Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berada di level terendah sepanjang sejarah dan suku bunga meningkat selama dua tahun terakhir, tetap saja banyak warga AS yang mengajukan tunjangan pengangguran. Terlihat klaim pengangguran meningkat sebanyak 2.000 hingga mencapai 230.000 untuk minggu yang berakhir pada 7 September, sesuai dengan ekspektasi para ekonom.

Analisis Harga BTC

Harga BTC telah berkonsolidasi di bawah angka $60 ribu selama beberapa minggu terakhir. Namun, pergeseran mungkin akan terjadi, karena aset tersebut melonjak ke level tertinggi 8 hari di hampir $58.500 bahkan menyentuh di $60 ribu.

Melihat grafik di bawah ini, harga BTC baru-baru ini memantul dari level support $55K dan pada satu titik menyentuh $58.5K, di mana BTC bertemu dengan resistensinya. Sejak itu, BTC bergerak kembali di atas angka $57K. Dalam beberapa hari mendatang, pasar kemungkinan akan naik menuju melewati level resistensi $60 ribu setelah mampu menembus level harga $58.500.

Selain itu, tren potensi naik dalam jangka pendek juga terlihat dari kenaikan di atas level 50% RSI. Meski begitu, masih ada beberapa data bearish yang menunjukkan BTC berpotensi turun dari titik harga saat ini.

Salah satu faktor negatifnya adalah turunnya aktivitas jaringan alamat aktif BTC menjadi 612.000 yang menjadi penanda sebagian besar pengguna berhenti menggunakan BTC.

Tambahan faktor sentimen negatif lainnya yakni arus keluar sebesar $1 miliar dari ETF BTC di pekan lalu yang menjadi sinyal negatif bagi pasar. Laporan tersebut selanjutnya menyebutkan ekonomi AS yang lemah dan likuidasi berjangka yang signifikan sebagai faktor pendukung yang berpotensi mendorong harga Bitcoin turun.

BITCOIN SEKARANG!

Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus menurun menunjukkan tekanan jual yang rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • 💻 Penambang: Para penambang menjual asetnya dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ⛓️ On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan kerugian. Di tengah pasar bearish, hal ini dapat mengindikasikan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase kecemasan di mana mereka saat ini berada dalam kondisi keuntungan yang belum direalisasi secara moderat.
  • 🏦 Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli sangat dominan di pasar derivatif. Lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi. Seiring meningkatnya Open Interest (OI), hal ini mengindikasikan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan OI dapat mendukung tren harga yang saat ini.
  • 🔀 Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi netral. Stochastic menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Airdrop Hunter, Catat Tanggal Peluncuran Token Game Telegram di September Ini. Tahun ini, berbagai game berbasis Telegram seperti Hamster Kombat, Rocky Rabbit, dan WatBird telah menarik perhatian dengan menawarkan permainan yang menjanjikan bagian dari airdrop token kripto. Kini, waktunya bagi game-game ini untuk meluncurkan token mereka dan memasuki pasar. Token CATI dari Catizen akan diluncurkan pada 20 September, disusul oleh Rocky Rabbit yang meluncurkan RabBitcoin (RBTC) pada 23 September. Di tanggal yang sama, WatBird juga akan memperkenalkan WatCoin (WAT). Terakhir, Hamster Kombat akan merilis token HMSTR pada 26 September. Dengan airdrop yang mendekat, para pemain bergegas menyelesaikan tugas-tugas agar memenuhi syarat untuk mendapatkan token mereka.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Capres Trump Luncurkan Proyek DeFi. World Liberty Financial, akan resmi diluncurkan pada 16 September. Meskipun proyek berbasis Aave ini menarik perhatian, kontroversi muncul terkait alokasi token WLFI yang menunjukkan 70% dialokasikan untuk orang dalam, sementara hanya 30% untuk publik. Proyek ini dipimpin oleh putra-putra Trump dan memiliki hubungan dengan Dough Finance yang sebelumnya diretas. Dengan kampanye Trump 2024 yang sedang berlangsung, proyek ini diperkirakan akan menghadapi pengawasan regulasi ketat, terutama karena risiko terkait peluncuran di tengah musim pemilihan.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Popcat (POPCAT) +45,09%
  • Bittensor (TAO) +39,53%
  • Artificial Superintelligence Alliance (FET) +29,90%
  • MANTA (OM) +26,50%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Helium (HNT) -10,34%
  • SATS (1000SATS) -6,07%
  • Starknet (STRK) -4,62%
  • TRON (TRX) -2,93%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Bagikan