Analisis Pasar 27 Mar-2 Apr: Bitcoin Bullish, Axie Infinity Diretas, dan LUNA Meroket

April 4, 2022
Combined Shape 2
4 Menit
Bagikan
Gambar Analisis Pasar 27 Mar-2 Apr: Bitcoin Bullish, Axie Infinity Diretas, dan LUNA Meroket
Reading Time: 4 minutes

Pergerakan harga Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) 27 Maret-2 April 2022

Analisis pasar grafik harian Bitcoin (BTC) menunjukkan adanya beberapa tanda bullish
Grafik harian Bitcoin (BTC).

Analisis pasar selama sepekan terakhir menunjukkan bahwa BTC berhasil naik di atas garis resistensi EMA 200 hari, di mana ia memasuki atas zona Fibonacci 0,5 (area hijau tua) dan turun kembali. Titik resistensi saat ini berada di zona Fibonacci 0,5. Perhatikan bagaimana RSI memuncak pada tanggal 28 dan 29 Maret dan kembali jatuh setelah itu.

Baca juga: 4 Indikator trading yang perlu kamu pelajari!

Grafik mingguan Bitcoin menunjukkan tren bullish
Grafik mingguan Bitcoin (BTC).

Pada grafik mingguan, BTC berhasil menutup harga di atas garis support signifikan (secara sejarah pergerakan harga) yaitu EMA 21 minggu. Titik ini penting karena harga BTC harus berada di atas EMA 21 minggu untuk dianggap masih dalam bull run. Selain itu, kita juga melihat bagaimana harga BTC tidak dapat menembus zona Fibonacci 0,5 (mingguan) tapi kembali pada titik support EMA 21 minggu. Ini adalah titik support jangka panjang yang baik.

Terakhir, garis MACD mingguan (biru) hampir melewati garis sinyal (jingga). Saat garis MACD melintasi dan melewati garis sinyal, terjadi konfirmasi tren bullish.

ūüí° Apa itu MACD?

Moving average convergence divergence (MACD) adalah indikator teknikal (paling bawah di gambar di atas) yang menandakan momentum dua EMA yaitu EMA 12 dan 26. MACD merupakan indikator momentum yang dapat membantu menemukan perubahan tren.
Analisis pasar grafik mingguan Ethereum menunjukkan ETH sedang mengalami tren bullish dengan kenaikan harga selama 3 minggu berturut-turut.
Grafik mingguan Ethereum (ETH).

Terdapat beberapa hal menarik dari grafik mingguan Ethereum di atas.

  1. ETH baru saja keluar dari area kantong emas Fibonacci.
  2. Nilai RSI Ethereum baru saja menembus nilai 52 yang secara historis bullish.
  3. Perhatikan bahwa garis MACD mingguan juga hampir melewati garis sinyal.

Saat grafik mingguan ditutup, ETH seharusnya bisa naik lebih jauh.

Apalagi yang perlu diperhatikan dari pergerakan BTC dalam seminggu terakhir?

Grafik Dominasi Bitcoin yang menunjukkan persentase kapitalisasi pasar Bitcoin jika dibanding dengan aset kripto lain.
  • ūüďČ Bitcoin Dominance menurun: Grafik Dominasi BTC sedang berada di 41,5% BTC.D, secara historis terdapat titik support di 39,5%. Jika bull run terus berlanjut, ada peluang besar bahwa altcoin akan terus naik meskipun angka BTC.D turun lebih jauh.
  • ūüíĶ Net Transfer volume terus menurun: BTC terus keluar dari exchange sejak minggu lalu. Pola arus keluar yang berkelanjutan ini menandakan permintaan yang kuat dari BTC dan seluruh pasar crypto saat ini, sebuah tanda bullish.
  • ūüďą Aliran dana ke dalam aset kripto: Aliran aset kripto mingguan melihat dana masuk sebesar US$193 juta pada minggu lalu, terbesar sejak pertengahan Desember 2021. Aliran masuk Bitcoin mencapai US$98 Juta, sementara Solana memiliki aliran masuk mingguan terbesar dalam sejarahnya, dengan total US$87 Juta.

Kesimpulan analisis pasar

  • ūüöÄ Bitcoin menunjukkan kekuatan dalam pergerakan harganya di mana ia berhasil naik di atas garis resistensi EMA 200 hari. Dalam grafik mingguan, BTC berhasil menemukan titik support pada garis EMA 21 minggu. Indikator garis MACD Bitcoin juga menunjukkan potensi terjadinya bullish crossover.
  • ūüŹÉ Layaknya Bitcoin, Ethereum juga menunjukkan kekuatannya karena ia berhasil keluar dari area kantong emas Fibonacci. Indikator teknikal RSI dan MACD Ethereum juga menunjukkan tanda bullish yang berpotensi mendorong harga ETH naik lebih jauh.

Berita seputar dunia Altcoins

  • ūüíĶ Transaksi skala besar pada Cardano meningkat: Angka transaksi skala besar (LTV) pada jaringan Cardano mengalami peningkatan pesat sejak tahun 2022. Volume transaksi dengan nilai di atas $100 ribu dolar telah meningkat 50x hanya pada tahun 2022. Hal ini menandakan ketertarikan institusional terhadap Cardano sedang meningkat.
  • ūüĆē Terra (LUNA) mencetak angka tertinggi: LUNA, aset kripto dari jaringan Terra, baru saja mencetak harga tertingginya pada 3 April di harga $117 dolar. Terra menjadi altcoin yang paling memanfaatkan periode saat BTC mulai bergerak naik setelah bergerak stagnan selama beberapa minggu. Kenaikan ini terjadi setelah Terra Foundation berniat mengumpulkan Bitcoin sampai angka $10 milyar dolar.

Beberapa berita penting dari dunia kripto dalam seminggu terakhir

  • ‚ė†ÔłŹ Axie Infinity diretas $600 juta dolar: Jaringan sidechain milik Axie Infinity, Ronin Bridge, diretas pada tanggal 23 Maret (tapi baru diketahui pada 30 Maret). Total 173.600 WETH atau Wrapped Ethereum dan 25,5 juta USDC berhasil dikuras dari jembatan yang menghubungkan Ronin ke mainnet Ethereum. Kejadian peretasan ini adalah yang kedua kalinya peretasan terjadi pada teknologi bridge setelah kejadian Wormhole Bridge bulan lalu.
  • ūüŹ¶ Legislasi Parlemen Uni Eropa tentang KYC: Parlemen UE memilih untuk memberlakukan peraturan baru (1 April 2022) yang pada dasarnya akan melarang transaksi kripto yang anonim. Legislasi baru ini mengharuskan penyedia layanan kripto, seperti pusat pertukaran, untuk mengumpulkan informasi pribadi dari individu yang bertransaksi lebih dari 1.000 Euro menggunakan dompet kripto pribadi seperti MetaMask atau Ledger.
  • ūüĆó Yayasan Terra membeli 2.943 BTC: Yayasan dibalik Terra LUNA, LFG, baru saja membeli 2.943 BTC (senilai $139 juta) pada hari rabu, 30 Maret 2022. Pembelian ini adalah lanjutan dari rencana LFG untuk mengakumulasi BTC senilai $10 milyar dolar sebagai mata uang cadangan untuk UST, stablecoin terdesentralisasi jaringan Terra. BTC cadangan ini akan disimpan LFG sebagai solusi dalam skenario saat UST tidak dapat mengikuti nilai dolar.
  • ‚ö†ÔłŹ Senator AS, Elizabeth Warren, mendorong pembuatan CBDC: Salah satu Senator dari partai Demokrat AS, Elizabeth Warren, mengeluarkan pernyataan bahwa ia menginginkan Amerika Serikat untuk menciptakan CBDC (Central Bank Digital Currency) sendiri. CBDC pada dasarnya adalah aset kripto yang dikontrol dan diatur oleh pemerintah. Elizabeth Warren sendiri sudah beberapa kali menggaungkan pernyataan anti-kripto dan menginginkan pemerintah AS untuk mengatur industri kripto.

Referensi

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait