Apa itu Axie Infinity (AXS)?

November 22, 2021
Combined Shape 2
5 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Axie Infinity (AXS)?
Reading Time: 5 minutes

Ekosistem Decentralized applications atau DApps yang semakin luas membuat banyak developer menciptakan berbagai inovasi agar bisa mendapatkan perhatian komunitas crypto. Salah satu sektor DeFi yang sedang berkembang pesat adalah industri gaming. Banyak developer mulai melihat potensi teknologi blockchain dan NFT dalam membuat gim yang tidak hanya seru tetapi juga menguntungkan secara finansial. Game Axie Infinity adalah salah satu gim berbasis blockchain dan aset kripto yang popularitasnya terus meningkat.

Mengenal Axie Infinity

Axie infinity adalah game berbasis blockchain yang mengambil inspirasi dari game pokemon.
Axie Infinity, game mirip Pokemon yang berbasis blockchain. Sumber: Quartz

Axie Infinity adalah sebuah gim berbasis blockchain Ethereum yang memadukan berbagai elemen dalam dunia cryptocurrency seperti NFT, staking, dan konsep play to earn. Dalam Axie Infinity kamu akan membeli, mengembangbiakkan, dan mempertarungkan hewan virtual yang disebut Axies. Secara konsep dan permainan, Axie Infinity terinspirasi dari serial tv popular Pokemon tentang monster yang saling bertarung. Sama seperti Pokemon, setiap axies memiliki atribut dan kekuatannya masing-masing.

Baca juga: Apa itu Ethereum dan bagaimana cara kerja smart-contract?

Axie Infinity berdiri pada ekosistem smart-contract Ethereum menggunakan teknologi sidechain Ronin yang membuat biaya transaksinya lebih murah daripada jaringan utama Ethereum. Semua aset dalam Axie Infinity memiliki format standar NFT Ethereum yaitu ERC-721. Sementara itu, kedua aset kripto Axie Infinity adalah Axie Infinity Shard (AXS) dan Smooth love potion (SLP). Menurut Coinmarketcap, Axie Inifinity saat ini menempati peringkat ke-25 cryptocurrency terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar $8 miliar dolar.

Siapa pencipta Axie Infinity?

Axie Infinity diciptakan oleh Trung Thanh Nguyen, CEO perusahaan Sky Mavis dibalik perkembangan Axie Infinity. Nguyen membuat Axie Infinity setelah terinspirasi dari Crypto Kitties, sebuah gim kucing virtual dalam bentuk NFT. Lalu, Nguyen menggabungkan elemen koleksi dari Crypto Kitties dan elemen pertarungan dari Pokemon untuk menciptakan Axie Infinity.

Sejak diluncurkan pada pertengahan 2018, popularitas Axie Infinity terus meningkat dengan sekitar 2 juta pemain aktif pada Oktober 2021. Selain itu, Sky Mavis baru saja mengumpulkan pendanaan $152 juta termasuk dari Andreessen Horowitz. Sky Mavis mengatakan akan menggunakan pendanaan ini untuk meluncurkan sistem pertarungan yang lebih baik, pertukaran uang Axie Infinity, dan mode permainan baru.

Cara kerja Axie Infinity, AXS, dan SLP

Dalam game axie infinity, player akan mempertarungkan 3 monster axie mereka melawan orang lain atau musuh komputer
Tampilan Axie Infinity saat bertarung. Sumber: The Verge

Axie Infinity adalah game yang memanfaatkan teknologi NFT di mana setiap Axies merupakan NFT yang bisa diperjualbelikan di marketplace Axie Infinity. Setiap Axies memiliki kelas dan atribut yang memberikannya kekuatan dan kelemahan. Selain itu, kamu juga bisa mengubah bagian-bagian dari tubuh Axiesmu untuk menambahkan kekuatannya.

Baca juga: Apa itu NFT dan apa bedanya dengan aset kripto biasa?

Setelah memiliki 3 Axies , kamu bisa mulai mempertarungkannya dengan pemain lain atau musuh yang dikontrol oleh komputer. Setiap kali kamu memenangkan pertarunganmu, atribut dan kekuatan Axies akan meningkat, dan ini meningkatkan harga setiap Axies yang kamu punya.

AXS coin (Axie Infinity Shard) berfungsi sebagai token governance dan digunakan pada staking dalam jaringan Axie Infinity. Berdasarkan Coinmarketcap, total suplai AXS adalah 270 juta AXS sedangkan jumlah yang berputar di pasar saat ini (November 2021) sekitar 60 juta AXS. Kamu bisa mendapatkan bunga AXS dari melakukan staking di situs Axie Infinity.

Smooth Love Potion (SLP) adalah aset kripto di dalam gim Axie Infinity. SLP kamu dapatkan dengan melakukan pertarungan dengan pemain lain atau melawan musuh bot dalam Axie Infinity. Lalu, SLP juga bisa kamu gunakan untuk mengembangbiakkan 1 Axies baru dari 2 Axies yang kamu miliki. Pada dasarnya, SLP adalah mata uang yang digunakan untuk segala aktivitas yang kamu lakukan di dalam Axie Infinity.

Namun, salah satu kritik utama Axie Infinity adalah kamu harus memiliki modal yang cukup besar karena satu axie bisa berharga $150-$300 dolar dan kamu perlu 3 axies untuk bermain. Lalu, mengapa Axie Infinity bisa begitu populer dan bagaimana banyak orang bisa mendapatkan keuntungan finansial dari bemain Axie infinity?

Bagaimana cara mendapatkan uang dari bermain Axie Infinity?

1. Menjual Smooth Love Potion (SLP)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari Axie Infinity adalah menjual SLP yang kamu miliki. Kamu bisa mendapatkan SLP dengan bertarung menggunakan Axies yang kamu miliki. SLP adalah sebuah komoditas berharga yang selalu dicari oleh pemain lain karena ia dibutuhkan untuk berbagai aktivitas di dalam permainan. SLP dapat kamu jual di aplikasi jual beli aset kripto seperti Uniswap. Kamu juga bisa langsung menjual SLP langsung pada marketplace Axie Infinity. Pada dasarnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan cuma-cuma hanya dengan bermain Axie Infinity.

2. Mengembangbiakkan dan menjual Axies

Marketplace game axie infinity berisi berbagai macam item dari game termasuk axie, SLP, land, dan juga item lainnya.
Marketplace Axie Infinity untuk menjual axies dan item-item game lainnya.

Kamu bisa mengembangbiakkan Axies dengan menggunakan SLP dan 2 Axies yang kamu punya. Jumlah SLP yang dibutuhkan untuk melahirkan axies baru bergantung kepada atribut Axies milikmu. Semakin bagus axiesmu, kemungkinan melahirkan axies baru dengan nilai tinggi juga semakin besar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap Axies dalam permainan ini merupakan NFT. Artinya, kamu bisa menjual axies yang kamu miliki di berbagai macam platform seperti OpenSea dan juga marketplace Axie Infinity. Monster paling mahal yang pernah dijual adalah pada tahun 2020 seharga 300 ether, setara dengan $130.000 dolar. Axies adalah salah satu barang NFT yang paling dicari karena monster-monster ini dibutuhkan untuk masuk ke dalam dunia Axie Infinity. Nilai axies yang kamu punya bergantung kepada banyak hal termasuk nilai kelangkaannya, atributnya, dan berapa kali ia bisa melahirkan Axies baru.

3. Staking Axie Infinity Shard (AXS)

Terakhir, kamu bisa mendapatkan aset kripto AXS dengan melakukan staking langsung pada jaringan Axie Infinity di sini. Situs staking Axie Infinity menyebutkan bahwa kamu bisa mendapatkan keuntungan sebanyak 117% per tahun. Namun, seperti staking pada umumnya, asetmu akan disimpan dan ‘dibekukan’ pada jaringan Axie Infinity. Metode mencari keuntungan ini sangat ideal bagi kamu yang ingin sekadar menyimpan uangmu dan mendapatkan keuntungan pasif dalam jangka waktu 1 tahun ke atas.

Bagaimana cara mulai bermain Axie Infinity?

Sky Mavis, perusahaan dibalik Axie Infinity, membuat sebuah panduan bermain Axie Infinity yang bisa kamu akses di sini. Namun, kamu bisa mengikuti 6 langkah di bawah untuk mengetahui cara main game Axie Infinity!

  1. Membuat akun Sky Mavis menggunakan Metamask
  2. Mengunduh Ronin Wallet, dompet digital ciptaan Sky Mavis
  3. Memindahkan aset kriptomu ke Ronin menggunakan Ronin Bridge
  4. Membeli 3 axies menggunakan ETH
  5. Download game Axie Infinity
  6. Mulai bermain!

Membeli AXS

Kamu bisa mulai membeli AXS dan aset kripto lainnya di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli AXS dengan cara yang aman dan mudah. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kesimpulan

Axie Infinity adalah salah satu gim berbasis blockchain yang mampu memanfaatkan banyak aspek cryptocurrency yang sedang populer dan menggabungkannya dengan tipe permainan yang adiktif. Selain itu, model play to earn yang memberikan keuntungan berdasarkan seberapa sering penggunanya bermain menjadikan Axie Infinity sebagai salah satu gim paling populer di dunia kripto saat ini. Salah satu kritik kepada Axie Infinity sekarang adalah mahalnya harga axies sehingga banyak pemain yang kesulitan untuk memulai bermain. Saat ini, harga satu Axies bisa mencapai $200 dolar dan Sky Mavis sedang membuat rencana memberikan Axies secara gratis agar Axie Infinity bisa mencapai pasar yang lebih luas.

Sumber:

  1. Axie Infinity Vietnamese Developer – Techinasia
  2. What is Axie Infinity? – Binance Academy
  3. What is Axie Infinity? – Quartz
  4. How Axie Infinity is turning gaming on its head – The Verge
  5. White paper dari Axie Infinity
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait

Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+