Manfaat Blockchain dan Aset Kripto dalam Industri Olahraga

Update 10 May 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Manfaat Blockchain dan Aset Kripto dalam Industri Olahraga
Reading Time: 8 minutes

Popularitas blockchain yang terus meningkat membuat berbagai industri di dunia mulai menjelajahi dan mencari cara untuk memanfaatkan teknologi blockchain dan crypto. Berbagai jenama besar dari industri seperti fashion dan musik sudah bergerak untuk menggunakan blockchain dalam bisnis mereka. Selain itu, industri olahraga juga melakukan hal yang sama. Mulai dari tim sepak bola yang memiliki sponsor perusahaan kripto, NFT pemain legendaris yang diburu ribuan orang, sampai permainan olahraga berbasis NFT. Lebih lanjut lagi, beberapa proyek crypto sudah berhasil menciptakan berbagai cara untuk mendekatkan penggemar dengan tim favoritnya. Lalu, apa saja kegunaan kripto dan blockchain di industri olahraga? Bagaimana cara industri olahraga bisa memanfaatkan berbagai teknologi di dunia kripto? Artikel ini akan menjelaskannya secara mendetail.

Ringkasan Artikel

  • ūüŹüÔłŹ Industri olahraga semakin merangkul teknologi blockchain dan kripto, dengan merek-merek besar mengeksplorasi cara-cara baru untuk memanfaatkannya demi keterlibatan penggemar dan peningkatan pendapatan.
  • ‚öĹ Token penggemar atau fan token semakin populer, memungkinkan klub olahraga menawarkan pengalaman yang lebih interaktif kepada penggemar, seperti memberikan suara pada keputusan tim atau berpartisipasi dalam kompetisi.
  • ūüéī NFT olahraga, seperti barang koleksi digital dan sistem tiket berbasis NFT, merevolusi memorabilia olahraga dan pasar tiket, menawarkan pengalaman dan insentif unik bagi para penggemar.
  • ‚öôÔłŹ Salah satu masa depan persilangan industri blockchain dan olahraga adalah DAO. DAO bisa menjadi cara baru untuk mengatur tim dan liga olahraga, memberikan penggemar dan investor lebih banyak kontrol langsung atas berbagai aspek organisasi.
  • ūü߆ Tantangan bagi industri olahraga adalah membuat teknologi ini dapat diakses dan mudah digunakan sambil menciptakan pengalaman yang menarik bagi para penggemar di seluruh dunia.

Kripto dan Industri Olahraga

Keberadaan perusahaan-perusahaan blockchain dan crypto di dunia olahraga semakin terlihat jelas. Beberapa contoh kerja sama ini adalah Crypto.com yang menjadi salah satu sponsor FIFA World Cup 2022, Pintu sebagai sponsor Bali United, Sorare yang bekerja sama dengan Premier League Inggris untuk empat tahun, dan Lionel Messi yang menjadi duta platform Socios.com. Dalam beberapa tahun terakhir, klub dan organisasi olahraga menerima industri kripto dengan tangan terbuka.

Menurut laporan oleh Nielsen pada 2021, nilai kerja sama antara perusahaan crypto dengan tim olahraga diprediksi akan mencapai $5 miliar dolar pada 2026. Bukan hanya dalam angka, industri crypto dan blockchain juga membuka berbagai kemungkinan bagi sektor digital industri olahraga. Aset kripto juga berperan dalam membawa inovasi digital untuk industri olahraga, terutama dalam interaksi dengan penggemar.

Penggunaan blockchain dan aset kripto memberikan banyak kesempatan kepada tim olahraga, atlet, dan penggemar mereka untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Contohnya, platform Socios.com memungkinkan tim olahraga untuk melakukan voting agar penggemarnya bisa memilih desain baju yang digunakan tim. Ini dilakukan menggunakan token penggemar yang berperan sebagai token tata kelola. Selain itu, atlet juga bisa merilis produk-produk koleksi digital untuk penggemarnya.

Tim Mangnall, Co-Founder di Capital Block, perusahaan konsultasi web3 yang bekerja dengan klub-klub seperti AS Monaco dan Galatasaray, berkata seperti berikut: "Sebuah produk digital baru dapat menyatukan para penggemar secara global. Seluruh dunia memiliki banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Namun, tantangannya adalah membuatnya dapat diakses dan mudah dimengerti, kita perlu menyederhanakannya."

Manfaat Blockchain dan Aset Kripto untuk Industri Olahraga

  • ‚õĻÔłŹ‚Äć‚ôÄÔłŹ¬†Membuka cara interaksi baru: Teknologi blockchain dan crypto membuka banyak cara baru untuk melibatkan penggemar dalam berbagai keputusan tim olahraga. Atlit, klub, dan liga olahraga bisa bisa menciptakan interaksi lebih dekat dengan penggemarnya menggunakan blockchain.
  • ‚öŬ†Target pasar anak muda: Mayoritas investor dan pengguna crypto berasal dari generasi millenial dan Z. Orang-orang dalam kelompok umur ini adalah anak muda yang memiliki literasi teknologi tinggi dan fasih menggunakan internet. Dengan memanfaatkan crypto dan blockchain, tim olahraga bisa lebih menciptakan strategi baru yang khusus dibuat untuk generasi muda. Segmen kelompok umur ini juga bersinggungan dengan penggemar olahraga dari kalangan anak muda.
  • ūüĆŹ Bersifat global: Blockchain dan crypto merupakan teknologi global yang tidak dibatasi oleh batas negara, sama seperti internet. Klub olahraga bisa mencari memanfaat blockchain untuk menciptakan interaksi dengan basis penggemar global. Dalam konteks ini, crypto dan blockchain bahkan lebih baik dari internet yang seringkali memiliki batasan yang dibuat oleh negara.

Beberapa Implementasi Kripto dalam Industri Olahraga

1. Meledaknya Popularitas Token Penggemar

chiliz socios olahraga
Chiliz akan meluncurkan Chiliz Chain 2.0 pada 10 Mei 2023 dengan Kim Min Jae sebagai duta besarnya.

Salah satu sektor yang sedang berkembang pesat di industri kripto adalah token penggemar atau fan token. Token penggemar memiliki fungsi utama sebagai token tata kelola karena satu token ini merepresentasikan satu suara. Pengguna yang memiliki token penggemar sebuah klub (contohnya $PSG) bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan atau kompetisi yang diadakan klub tersebut. Adanya Fan token menciptakan banyak interaksi baru untuk klub olahraga melibatkan penggemarnya dalam cara yang adil dan transparan. Fan token sendiri dimulai oleh Chiliz (CHZ) yang membuat platform Socios.com. Secara kolektif, ekosistem token penggemar memiliki kapitalisasi pasar sebesar $349 juta dolar.

Chiliz dan Socios.com memiliki kerja sama dengan beberapa klub sepak bola dari Indonesia yaitu Bali United, Persib Bandung, dan Persija Jakarta. Fans ketiga klub tersebut dapat ikut berbagai kegiatan seperti memilih gol terbaik di satu musim, memilih billboard yang terpasang di lapangan, dan mengikuti acara klub.

Lalu apa itu Socios dan Chiliz? Chiliz adalah sebuah proyek crypto yang diciptakan khusus untuk ekosistem penggemar olahraga. Socios.com adalah salah satu platform buatan Chiliz yang ingin memfasilitasi interaksi lebih dekat antara penggemar dan klub olahraga melalui token penggemar. Setiap tim di platform Socios memiliki fan token-nya sendiri seperti token BAR untuk Barcelona. Selain itu, Chiliz kini sudah menjadi blockchain layer-1 yang bisa membangun ekosistem DApps-nya sendiri.

Saat ini, Chiliz sudah memiliki lebih dari 150 partner kerja sama mulai dari tim sepak bola, basket, rugby, dan juga tim e-sports. Chiliz cukup agresif dalam mencari partner kerja samanya dan bahkan berhasil bekerja sama dengan beberapa organisasi olahraga besar seperti UEFA, Serie A Italia, dan Asosiasi Sepak Bola Argentina. Kerja sama terbaru Chiliz adalah dengan Blockasset untuk menciptakan ekosistem token atlit resmi yang terverifikasi.

Pintu Academy sudah pernah membuat artikel tentang apa itu Chiliz Chain dan platform Socios.

2. NFT Olahraga Sebagai Koleksi Digital

Salah satu persilangan pertama dari industri olahraga dan blockchain adalah kartu digital NFT sebagai barang koleksi. Layaknya koleksi fisik, NFT-NFT digital ini banyak dicari oleh kolektor penggila olahraga tertentu. Bahkan, harga NFT dari atlit legendaris seperti Lebron James atau Christiano Ronaldo bahkan bisa mencapai ribuan dolar AS.

Popularitas NFT sebagai koleksi digital diawali oleh NBA Top Shot yang berhasil menarik perhatian komunitas pecinta NBA. NBA Top Shot buatan Dapper Labs merupakan NFT berbentuk video singkat dari momen tertentu dalam pertandingan basket. Pencinta basket bisa membeli dan menjual koleksi NFT NBA Top Shot dalam marketplace buatan Dapperlabs.

sorare premier league olahraga crypto
Sorare menjalin kerja sama dengan Liga Inggris untuk empat tahun.

Salah satu platform NFT koleksi olahraga lainnya adalah Sorare. Apa itu Sorare? Sorare adalah platform olahraga fantasi di mana pemain berperan sebagai manager dan harus membentuk timnya sendiri. Di platform Sorare, tim ini berisikan kartu-kartu NFT yang bisa kamu beli dan jual di berbagai tempat seperti OpenSea.

Saat ini, Sorare mendukung olahraga fantasi sepakbola, basket, dan bisbol. Ketiga cabang olahraga ini memiliki lisensi resmi dari liga masing-masing. Di sepakbola, Sorare mempunyai kerja sama dengan lebih dari 30 liga sepak bola dari beberapa negara. Kerja sama paling besar yang Sorare lakukan adalah dengan Premier League Inggris, liga sepak bola terbesar dan terpopuler di dunia. Saat ini, Sorare sudah memiliki kerja sama dengan semua liga sepak bola terbesar di dunia.

3. Disrupsi Blockchain Terhadap Industri Tiket

Sports Illustrated (SI), sebuah majalah olahraga besar di AS, baru saja mengumumkan kerja sama dengan ConsenSys (perusahaan dibalik MetaMask) untuk membuat ‚ÄúBox Office‚ÄĚ, platform jual beli tiket berbentuk NFT. Pengumuman ini dirilis pada 2 Mei 2023 dan menjelaskan bahwa Box Office akan dibangung menggunakan jaringan layer-2 Polygon di Ethereum.

Platform milik SI Tickets ini akan menjadi layanan tiket NFT lengkap pertama di dunia, memungkinkan pemilik acara, penyelenggara, dan promotor untuk menggunakan Box Office. Lebih lanjut lagi, mereka bisa menambahkan berbagai insentif tambahan ke dalam setiap tiket NFT memalui fitur ‚ÄúSuper Ticket.‚ÄĚ Fitur super ticket ini bisa digunakan promotor dan penyelenggara acara untuk menciptakan interaksi spesial seperti kegiatan khusus sebelum dan setelah acara atau imbalan loyalti tambahan.

CEO SI Tickets, David Lane, menjelaskan bahwa target pasar Box Office adalah acara-acara kecil. David menjelaskan bahwa ia ingin Box Office untuk mendisrupsi sektor jasa tiket mulai dari skala kecil. Ia ingin pengguna yang tidak mengerti blockchain dan crypto tetap bisa menggunakan Box Office.

Selain SI Tickets, Binance juga memberikan jasa tiket NFT bagi penggemar S.S. Lazio (klub di Serie A Italia). Penggemar Lazio dapat membeli tiket NFT untuk pertandingan Lazio pada musim 2022/23. Bukan hanya itu, penggemar yang membeli NFT ini akan mendapatkan akses ke berbagai interaksi spesial di Lazio, diskon untuk pembelian merchandise Lazio, dan juga diskon untuk tiket Europa League Lazio. Tiket NFT Lazio ini merupakan contoh bagaimana klub olahraga bisa memanfaatkan kripto dan blockchain untuk memberikan pengalaman spesial bagi penggemarnya.

Masa Depan Kripto di Industri Olahraga

Dengan begitu banyaknya potensi kegunaan aset kripto dan blockchain di industri olahraga, beberapa sektor akan otomatis mengambil porsi pasar yang lebih besar dibanding yang lainnya. Saat ini, NFT dan token penggemar merupakan sektor yang paling banyak digunakan oleh penggemar serta menjadi perhatian dari banyak klub olahraga. Meskipun begitu, adopsi kripto di industri olahraga masih sangat kecil dan bukan tidak mungkin akan ada kegunaan baru yang mengambil porsi besar dari pasar.

Dunia NFT tiket olahraga juga belum memiliki platform yang bisa mendorong pertumbuhan pesat pada sektor ini. Pengembang dan perusahaan yang ingin menciptakan sistem NFT perlu memikirkan kemudahan untuk pengguna dan sistem insentif. Platform perlu memiliki daya tarik unik agar pengguna lebih memilih sistem NFT tersebut dibanding tiket fisik yang biasa kita gunakan.

Selain itu, contoh lain pengaplikasian kripto yang baru mulai dilakukan di industri olahraga adalah menggunakan DAO untuk mengontrol liga sebuah olahraga atau menjadi sponsor tim dan juga blockchain sports betting atau pertaruhan yang memanfaatkan blockchain. Kedua implementasi kripto ini baru dimulai di beberapa tempat dalam skala kecil. Dalam konteks pertaruhan atau betting, ia sangat terbatas ke beberapa negara yang memperbolehkannya.

DAO di Dunia Olahraga

sailgp near protocol DAO olahraga
Tim Fan-owned SailGP yang dikelola menggunakan DAO.

Terdapat cerita sukses menarik tentang dua DAO yang dibentuk untuk industri olahraga. Pertama adalah tim layar di kompetisi SailGP yang dimiliki oleh penggemar (nama timnya adalah Fan-Owned SailGP Team). SailGP adalah kompetisi perahu layar tahunan. Tim ini mendapatkan pendanaan dari semua investor yang menjadi anggota DAO-nya. Anggota DAO bisa memilih semua aspek tim termasuk warna perahu, nama tim, sampai atlit mana yang ingin dipilih oleh tim. Tim SailGP ini baru akan berlayar pada awal Juni 2023 nanti dan didukung oleh Near Protocol.

Contoh DAO kedua adalah liga bela diri bernama Karate Combat yang sepenuhnya diatur oleh sebuah DAO. Karate Combat akan meluncurkan token $KARATE pada 10 Mei 2023 bersamaan dengan aplikasi Karate Combat untuk smartphone. Token KARATE bisa digunakan oleh pengguna untuk memilih atlit favorit, melakukan prediksi pertandingan, dan juga menjadi hak suara dalam berbagai kebijakan liga. Karate Combat merupakan liga olahraga pertama yang menggunakan DAO. Dengan ini, Anggota DAO bisa berpartisipasi dalam banyak keputusan liga dan penggemar akan lebih dilibatkan ke dalam olahraga yang mereka cintai.

Kesimpulan

Industri olahraga menyaksikan integrasi teknologi blockchain dan kripto yang terus berkembang, karena mereka menyediakan cara baru bagi penggemar, atlet, dan organisasi olahraga untuk berinteraksi. Token penggemar, NFT olahraga, dan sistem tiket berbasis blockchain hanyalah beberapa contoh bagaimana industri ini mendapatkan keuntungan dari teknologi ini. Ketika industri olahraga terus merangkul kripto dan blockchain, kita dapat berharap untuk melihat kasus penggunaan yang lebih inovatif, seperti DAO untuk tim dan liga olahraga, serta peningkatan keterlibatan penggemar global. Namun, tantangannya adalah membuat teknologi ini dapat diakses dan mudah dipahami oleh pengguna, sekaligus menciptakan pengalaman yang unik dan menarik bagi para penggemar di seluruh dunia.

Membeli Aset Kripto di Pintu

Kamu bisa mulai berinvestasi pada berbagai macam aset crypto dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli aset kripto pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari aset pilihanmu (seperti BTC).
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto!

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan