Apa itu Gala Games dan Token GALA?

August 14, 2022
Combined Shape 2
8 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Gala Games dan Token GALA?
Reading Time: 8 minutes

Kompetisi industri gaming berbasis blockchain mulai dipadati oleh berbagai macam proyek. Mulai dari Decentraland, Sandbox, sampai beberapa proyek baru seperti Iluvium, Otherside dari ApeCoin, dan Gala Games. Dalam konteks industri blockchain gaming, Gala Games merupakan proyek unik karena ia bukan hanya sebuah game, namun ekosistem penerbit game. Lalu, apa itu Gala Games? Mengapa ia berharga dan apa saja yang ia tawarkan? Artikel ini akan menjelaskan Gala Game dan token GALA secara mendetail.

Ringkasan Artikel

  • ūü߆ Gala Games adalah sebuah perusahaan blockchain gaming yang mengintegrasikan teknologi NFT dan kripto ke dalam ekosistem berisi berbagai macam game.
  • ūüĖ•ÔłŹ Gala Games sendiri merupakan platform di mana kamu bisa memilih dari beberapa game yang tersedia. Setiap game pada Gala Games gratis dan diakses layaknya aplikasi terdesentralisasi (DApp). Ekosistem Gala Games dibangun di atas jaringan Ethereum dan token GALA menggunakan format ERC-20.
  • ūüéģ Ekosistem Gala Games memiliki 14 game berbeda di mana dua di antaranya sudah bisa kamu mainkan secara gratis pada situs Gala. Gala memiliki tim pengembang game-nya sendiri dan juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan game berpengalaman.
  • ‚öĖÔłŹ Token GALA adalah aset kripto bawaan Gala Games yang digunakan untuk membeli NFT dan bertransaksi di dalam game. Saat ini, berinvestasi pada token GALA memiliki risiko dan potensi yang sama tingginya.

Apa Itu Gala Games dan token GALA?

Gala Games adalah sebuah perusahaan blockchain gaming yang mengintegrasikan teknologi NFT dan kripto ke dalam ekosistem berisi berbagai macam game. Gala games sendiri merupakan Platform berisi 14 game berbeda dengan 2 game yang sudah memasuki tahap beta dan bisa kamu mainkan. Semua game di ekosistem Gala Games gratis dan kamu tinggal mendaftarkan diri pada situs Gala untuk bisa bermain.

GALA adalah token utilitas berbasis ERC-20 yang digunakan untuk membeli berbagai barang NFT pada ekosistem Gala. Menurut CoinMarketCap, GALA menempati peringkat ke-92 dengan harga per 1 GALA senilai $0,06 dolar AS. Nilai kapitalisasi pasar GALA saat ini adalah $418 juta dolar AS.

Gala Games sendiri diluncurkan pada 2021 dan dipimpin oleh Eric Schiermeyer, salah satu pendiri Zynga yang membuat game Facebook seperti Farmville, Mafia Wars, dan Poker. Saat ini, Gala Games memiliki 1,3 juta pemain aktif setiap bulannya.

ūüí° Gala Games mengklaim dirinya sebagai pembuat ‚Äúblockchain games you‚Äôll actually want to play.‚ÄĚ Maka dari itu, fokus Gala Games bukan pada GameFi (game finance) di mana pemain bermain untuk mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, Gala Games berfokus pada kualitas dan ingin membuat game yang menyenangkan lalu kemudian menambahkan elemen GameFi seperti Pay and earn.

Bagaimana Cara Kerja Gala Games

Gala Games sendiri mirip seperti platform Steam dan Epic Games, di mana kamu bisa memilih dari beberapa game yang tersedia. Bedanya, setiap game pada Gala bersifat gratis dan diakses layaknya aplikasi terdesentralisasi (DApp). Ekosistem Gala Games dibangun di atas jaringan Ethereum dan token GALA menggunakan format ERC-20. Namun, kepadatan jaringan Ethereum berdampak terhadap tingginya biaya gas.

Sejak awal 2021, Gala Games bekerja sama dengan beberapa blockchain lain untuk menghindari biaya transaksi Ethereum yang mahal. Saat ini, token GALA sudah bisa digunakan di jaringan Polygon dan BNB Chain. Semua pengguna sekarang bisa memanfaatkan biaya transaksi yang murah dan cepat menggunakan kedua blockchain tersebut.

Dalam tulisan blognya, Gala Games mengumumkan peluncuran ‚ÄúProject Gyri‚ÄĚ atau Gala Chain, blockchain Gala yang akan berdiri sendiri.

Tokenomics GALA

Menurut CoinGecko, Jumlah suplai token GALA yang beredar adalah 7,5 miliar GALA. Maksimum suplai GALA adalah 50 miliar GALA dan total suplainya 37,9 miliar GALA (suplai maksimum-token dibakar). Angka ini menempatkan sekitar 12,5% jumlah token Gala Games yang beredar di pasaran.

Ekosistem Gala Games

ekosistem gala games
Ekosistem game Gala. Sumber: Moralis Academy.

Semua game di bawah dapat diakses di situs Gala Games secara gratis.

Town Star

Town Star, salah satu game dari gala games
Tampilan Town Star.

Town Star adalah game pertama yang diluncurkan dalam ekosistem Gala Games. Ia dibuat langsung oleh tim pengembang Gala Games dan sedang dalam fase beta. Selain itu, Town Star berhasil memenangkan penghargaan The best blockchain game di AIBC Award 2022. Town Star menempatkanmu sebagai pengelola kota kecil yang harus memproduksi dan membuat barang, lalu menjualnya untuk mendapatkan uang dan terus berkembang. Kamu bisa memproduksi banyak barang mulai dari susu, minyak, dan produk-produk pertanian lain seperti telur. Tujuan dari Town Star adalah untuk terus menerus memproduksi barang dan memperbesar kota milikmu.

ūüí° Play-to-Earn (P2E) adalah sebuah konsep khusus pada blockchain gaming di mana pemain dapat mendapatkan aset kripto melalui skema di dalam game. Skema P2E biasanya mengharuskan pemain membeli NFT dan barang lainnya.

Kamu bisa memainkan Town Star secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, kamu hanya perlu membuat akun di situs Gala Games. Pada Akhir September 2021, Town Star mengenalkan konsep P2E (play to earn) melalui token TOWN dan berbagai barang NFT lainnya.

Pemain bisa berkompetisi dalam papan peringkat untuk mendapatkan town points yang akan menentukan berapa token TOWN yang mereka dapatkan. Pemain juga bisa membeli berbagai NFT berupa item dalam game yang dapat membantu pemain dalam memproduksi barang.

Namun, pada 17 Juli 2022, skema imbalan token TOWN sementara dihentikan karena Gala Games sedang mengevaluasi sisi ekonomi dari P2E Town Stars. Gala Games juga meningkatkan jumlah tim pengembang Town Star sebagai keseriusan mengembangkan game ini.

ūüí° Kamu bisa menemukan panduan lengkap untuk bermain Town Star di sini.

Spider Tank

Spider Tank adalah game kedua yang diluncurkan Gala Games dan sudah bisa dimainkan. Berbeda dengan Town Stars, ia dibuat oleh studio pengembang Gamedia yang berasal dari Belanda dengan pengalaman puluhan tahun membuat game. Dalam Spider Tank, pemain bisa membuat Tank-nya sendiri lalu berkompetisi dengan pemain lain dalam sebuah arena pertarungan (disebut juga mode bermain PvP atau pemain lawan pemain). Kamu bisa mengunduh Spider Tanks pada situs Gala Games dan langsung memainkannya.

Kalau kamu penasaran, kamu bisa menonton cuplikan tentang permainan Spider Tank di bawah.

Spider Tank, game kedua dari ekosistem Gala.

Namun, jumlah Tank yang bisa kamu mainkan sangat terbatas jika kamu tidak membeli NFT khusus Spider Tank. Di sini teknologi kripto dan blockchain mulai dikenalkan.

Pada marketplace Gala Games, sudah ada ratusan NFT Spider Tank yang bisa kamu beli. NFT-NFT ini biasanya merupakan bagian dari badan Tank, senjata, dan elemen lainnya. Dengan membeli NFT Spider Tank, kamu juga memiliki keunggulan dalam meningkatkan kekuatan Tank milikmu. Selain itu, memiliki NFT di dalam game memberikanmu akses terhadap skema P2E Spider Tank yang sedang dikembangkan.

Mekanisme P2E Spider Tank akan secara resmi dimulai pada Kuartal IV 2022. Gala Games baru saja mempublikasikan lite paper tentang skema P2E Spider Tank dengan token SILK yang digunakan sebagai mata uang kripto in-game.

Marketplace NFT

 marketplace nft gala games
Marketplace NFT di situs Gala Games.

Gala Games memiliki marketplace NFT khusus untuk ekosistem game Gala. Kamu bisa membeli berbagai macam NFT menggunakan aset kripto ETH, BAT, dan juga GALA. Gala Games memiliki dompet digital khusus untuk menyimpan NFT dan aset lain terkait Gala. Koleksi-koleksi NFT ini bisa kamu simpan sebagai aset investasi atau barang yang bisa kamu gunakan langsung dalam game pada ekosiste Gala.

Sejak 31 Juli, Gala Games mengumumkan bahwa semua koleksi NFT-nya dapat dibeli langsung di OpenSea. Pengguna hanya perlu memindahkan akun dari dompet Gala ke MetaMask untuk membeli pada OpenSea.

Baca juga: Memilih Marketplace NFT

Game Dalam Tahap Pengembangan

Daftar di bawah ini tidak termasuk semua game yang sedang dibuat di Gala Games tetapi merupakan beberapa yang paling menjanjikan.

  • Mirandus: Sebuah game RPG fantasi berskala besar yang sangat populer di komunitas Gala. NFT Mirandus sudah bisa dibeli tetapi kebanyakan koleksi langkanya sudah habis. Dibuat oleh tim Gala Games.
  • The Walking Dead: Empires: Hasil kerja sama antara Gala Games dengan AMC akan menghasilkan game bertema dunia zombi dari serial TV The Walking Dead. Game ini mengharuskan pemain bertahan hidup bersama pemain lain dalam sebuah dunia post-apocalyptic .
  • GRIT: Grit adalah game berbasis battle royale di mana semua pemain harus berkompetisi satu sama lain dalam sebuah arena bertemakan era wild west. Grit juga hasil kerja sama antara Gala Games dengan platform gaming paling besar di dunia, Epic Games. Selain itu, Grit akan menjadi satu-satunya blockchain game yang ada di Epic Game Store.
  • Superior: Superior adalah game kooperatif di mana beberapa pemain harus bekerja sama melawan musuh kuat. Superior dibuat oleh Drifter, studio yang berisikan puluhan tim pengembang veteran dalam industri game dunia.
  • The Last Expedition: The Last Expedition adalah game AAA (triple A yang artinya memiliki pembiayaan besar) yang dibuat oleh Certain Affinity, studio dibalik pembuatan game populer seperti Halo dan Call of Duty.

Token GALA Sebagai Investasi

harga token gala
Grafik harga GALA selama setahun terakhir. Sumber: CoinMarketCap

Melihat grafik token GALA sejak tahun lalu, kita bisa melihat jelas bahwa harga GALA hancur dalam bear market kali ini. Token GALA jatuh lebih dari 90% dari angka tertingginya (ATH). Namun, ini justru menjadi waktu baik untuk menentukan potensi token GALA dan mencari tahu apakah ia bisa kembali ke angka ATH-nya. Saat ini, harga token GALA $0,06 dolar AS (9 Agustus 2022). Titik resistensi selanjutnya adalah pada harga sekitar $0,07. GALA perlu menembus harga tersebut dan menjadikannya titik dukungan untuk melanjutkan momentum bullish dan keluar dari tren penurunan jangka panjang.

Secara fundamental, posisi Gala Games sangat unik jika dibandingkan dengan aset kripto gaming dan Metaverse lain. Tidak seperti Sandbox, Decentraland, dan Axie Inifinity, berinvestasi pada token GALA bukan berarti berinvestasi pada satu game spesifik. Kamu akan berinvestasi pada sebuah platform gaming dan marketplace NFT yang berisi 14 permainan berbeda (dan kemungkinan terus bertambah).

Kerja sama Gala Games dengan salah satu platform PC gaming paling besar (Epic Games) juga merupakan tanda bahwa Gala Games tidak bisa diremehkan.

Dari 14, 2 game sudah memasuki tahap Beta dan bisa dimainkan. Gala Games memiliki potensi besar yang belum terealisasi dan nilai token GALA akan ikut naik seiring dengan game-game baru diluncurkan. Tapi, kita tidak mengetahui apakah game yang masih dikembangkan akan sukses saat diluncurkan atau tidak dan berinvestasi pada GALA memiliki risiko tinggi.

Pada dasarnya, GALA dan platform Gala Games merupakan proyek industri blockchain gaming unik dengan potensi yang besar. Namun, potensi ini juga bisa diartikan sebagai risiko tinggi dengan banyak ketidakpastian. Apakah Gala Games bisa menarik banyak pengguna? Apakah ekosistem gaming-nya aman? Kamu perlu menentukan apakah kamu bisa mengambil risiko seperti ini atau tidak.

Baca juga: Mengenal 5 Prinsip Dasar Investasi

Apa yang membuat gala games unik

  • ūüĒß Ekosistem Game beragam: Game yang sedang dikembangkan dalam ekosistem Gala Games sangat beragam dan menargetkan berbagai macam pemain. Strategi diversifikasi game ini berpotensi menarik banyak pemain yang memiliki preferensi berbeda.
  • ūüíĽ Berinvestasi kepada Platform: Berinvestasi pada token GALA artinya kamu berinvestasi pada platform gaming dan NFT. Gala Games juga sudah berencana memperluas platformnya untuk berisi musik, film, dan koleksi NFT yang lebih banyak.
  • ūüíľ Tim berfokus pada sisi kualitas: Salah satu prinsip utama Gala Games adalah berfokus pada kualitas game terlebih dahulu sebelum mempertimbangkan aspek finansial (P2E, NFT, dll). Gala Games juga bekerja sama dengan berbagai tim pengembang berpengalaman untuk memastikan kualitas setiap game-nya.

Risiko token GALA

  • ‚ö†ÔłŹ Tokenomics yang buruk: Saat ini, hanya 12,5% (7,5 miliar dari 50 miliar GALA) token GALA yang sudah beredar di pasaran. Hal ini membawa risiko besar karena terdapat potensi tekanan jual yang tinggi di masa depan. Operator node dan tim Gala Games juga memegang jumlah GALA yang besar. Apabila mereka menjual GALA dalam jumlah besar, harga GALA pasti terjun bebas.
  • ūüõ°ÔłŹ Risiko Keamanan: Gala Games memiliki rencana berpindah dari jaringan Ethereum ke blockchain-nya sendiri. Perpindahan ini pasti tidak mudah dan Gala perlu memastikan keamanan penggunanya dari peretasan yang semakin sering terjadi dalam industri gaming.
  • ‚Ěď Ketidakpastian Investasi Industri Blockchain Gaming: Industri blockchain gaming yang didominasi oleh proyek-proyek seperti Decentraland dan Sandbox memiliki risiko yang tinggi, bahkan untuk standar pasar aset kripto. Kita tidak mengetahui siapa yang akan menjadi pemimpin dalam Industri blockchain gaming dan kebanyakan proyeknya masih dalam tahap pengembangan. Ketahui bahwa berinvestasi pada GALA memiliki risiko tinggi.

Gala Games belum memiliki roadmap/peta jalan resmi. Namun, beberapa milestones dan proyek besar yang sedang dikembangkan tahun ini adalah Gala music, Gala Film, dan Project Gyri (Gala Chain). Selain itu, beberapa game sedang dalam tahap pengujian tertutup dengan pengguna terbatas seperti Superior, The Walking Dead: Empires, Last Expedition, dan Grit.

Membeli token Gala Games

Kamu bisa membeli dan berinvestasi pada token GALA di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu juga bisa membeli berbagai altcoin lain seperti ETH, SOL, ADA, dan yang lainnya secara aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait