Musim Meme Coin: Cara Menghindari Jebakan Meme Coin

Update 23 May 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Musim Meme Coin: Cara Menghindari Jebakan Meme Coin
Reading Time: 8 minutes

Setiap tahun, pasar kripto melalui berbagai tren yang silih berganti. Tren ini dibangun dari narasi yang melibatkan berbagai protokol, proyek, atau kebijakan negara. Akibatnya, aset-aset kripto yang masuk dalam kategori tren tersebut akan mengalami kenaikan harga drastis dalam waktu yang singkat. Dalam satu kategori aset, apresiasi harga lebih dari 1.000% adalah hal biasa. Kategori aset ini biasa disebut sebagai meme coin. Aset-aset meme coin merupakan aset dengan volatilitas super tinggi, bahkan untuk standar aset kripto. Dalam setiap tahap siklus pasar crypto, selalu ada periode di mana sejumlah meme coin tiba-tiba trending dan menjadi pusat perhatian banyak trader. Periode ini biasa disebut sebagai meme coin season atau musim meme coin. Lalu, apa itu musim meme coin? Bagaimana kamu bisa memanfaatkannya dan menghindari jebakan meme coin? Kita akan membahasnya di sini.

Ringkasan Artikel

  • ūü§° Meme coin adalah kategori aset kripto yang menggunakan meme populer sebagai gambarannya dan didukung oleh komunitas online yang antusias. Dengan volatilitas harga yang sangat tinggi, meme coin sering menjadi pusat perhatian trader kripto, biasanya dalam periode yang disebut ‚Äúmusim meme coin‚Äú.
  • ūüĆä Tidak ada yang pasti tahu mengapa ada musim meme coin. Namun, beberapa analisis mengindikasikan bahwa musim meme coin biasanya bertepatan dengan sinyal market top saat pasar berbalik menjadi bearish.
  • ūüďĪ Bubble Maps dan Dextools adalah platform yang dapat digunakan untuk analisis data on-chain yang penting untuk menghindari risiko meme coin rug pull dan pump and dump.
  • ūüďą Trading meme coin memiliki risiko tinggi, dengan volatilitas harga yang sangat tinggi dan potensi kerugian besar. Namun, beberapa trader berhasil memanfaatkan peluang ini dengan strategi yang tepat.
  • ūü߆ Prinsip dasar dalam membeli meme coin adalah memahami risiko meme coin, membeli dalam jumlah kecil, dan memahami siklus meme coin. Selain itu, penting untuk tidak serakah dan selalu mengambil keuntungan saat kondisi memungkinkan.

Musim Meme Coin

Pertama-tama, apa itu meme coin? Meme coin adalah sebutan untuk sebuah kategori aset yang digambarkan menggunakan meme populer dan didukung oleh para pengikut online yang antusias. Kategori aset kripto ini juga merupakan investasi yang sangat berisiko dengan volatilitas harga yang sangat tinggi. Selain itu, meme coin juga biasanya tidak memiliki kegunaan apa pun dan orang membelinya murni sebagai aset spekulatif. Beberapa meme coin paling populer saat ini adalah DOGE, SHIBA, dan PEPE.

meme coin millionaire
Statistik CoinGecko tentang meme coin millionaire. Sumber: CoinGecko.

Meskipun dengan volatilitas harga dan risiko kerugian yang sama tingginya, banyak orang membeli meme coin akibat tergiur potensinya. Seperti pada gambar di atas, meme coin bisa menarik banyak pembeli karena potensinya menjadikan meme coin millionaire. Di Twitter, banyak orang yang membagikan bagaimana beberapa trader berhasil mendapatkan jutaan dolar AS lewat membeli meme coin sebelum dia populer.

Obsesi terbaru komunitas kripto adalah meme coin PEPE. PEPE berhasil naik lebih dari 10.000% dalam waktu beberapa minggu. Tren PEPE ini kemudian memicu musim meme coin singkat.

Apakah cerita-cerita ini benar? Akun seperti @lookonchain menggunakan data on-chain untuk melacaknya. Pertanyaan yang lebih tepat untuk dilontarkan adalah berapa orang yang berhasil menjadi milyuner dan berapa persentasenya dari total pembeli? Orang-orang yang melakukan ini biasanya tidak hanya membeli satu meme coin saja dan pada dasarnya seperti bertaruh dengan melemparkan uang koin dan berharap yang jatuh sesuai dengan yang kita mau.

Mengapa bisa ada Meme Coin Season?

meme coin btc bearish
Analisis seorang influencer di Twitter tentang meme coin sebagai sinyal bearish bagi Bitcoin. Sumber: @milesdeutscher.

Lalu, kenapa bisa ada musim meme coin? Apa yang menyebabkannya? Sebenarnya tidak ada yang tahu kenapa dalam setiap siklus selalu ada tren meme coin baru. Bahkan, musim meme coin ini sudah dijadikan sebagai sinyal bagi beberapa trader yang cermat. Mereka melihat musim meme coin sebagai indikator dalam siklus kripto karena kejadian ini memiliki pola tertentu.

meme coin btc correlation
Korelasi volume perdagangan meme coin dan grafik Bitcoin (hijau volume perdagangan). Sumber: Dune @j1002.

Beberapa analisis menjelaskan bahwa musim meme coin biasanya bertepatan dengan sinyal market top di mana pasar akan berbalik menjadi bearish. Pada awal Mei, total volume perdagangan aset meme coin mencapai $2,3 miliar dalam seminggu. Ini adalah angka perdagangan meme coin tertinggi sejak Mei 2021. Musim meme coin kali ini dipimpin oleh koin PEPE yang menampilkan karakter meme populer Pepe the Frog. Kenaikan PEPE memicu ratusan aset meme coin lainnya yang juga sempat mengalami kenaikan drastis.

Seperti pada grafik di atas, dalam dua situasi saat volume perdagangan meme coin mencapai titik tinggi, BTC mengalami penurunan. Musim meme coin ternyata menandakan kondisi bearish bagi pasar aset kripto. Ia merupakan top signal atau sinyal titik atas yang terjadi sebelum BTC mengalami titik balik ke arah bawah. Lalu, apakah ini yang akan terjadi sekarang?

Cara Menghindari Rug Pull Meme Coin

1. Menggunakan Bubble Maps

Bubble Maps adalah platform yang memvisualisasikan data-data on-chain sebuah aset kripto. Platform Bubble Maps bersifat multi-chain, mendukung aset kripto dari blockchain Ethereum, BSC, Fantom, Arbitrum, Chronos, Avalanche, dan Polygon. Kamu bisa melihat daftar alamat aktif yang memiliki aset kripto di blockchain-blockchain tersebut. Seperti pada gambar PEPE di atas, Bubble Maps juga memperlihatkan histori transaksi antara dua alamat yang memiliki token dalam jumlah besar. Ini diperlihatkan dengan gelembung berwarna dengan arah panah ke gelembung lain.

Pada dasarnya, kita ingin menghindari meme coin rug pull yang gelembungnya terpusat hanya dalam beberapa alamat saja. Dalam Bubble Maps PEPE, kita bisa melihat bahwa mayoritas gelembungnya terpisah-pisah, menandakan alamat-alamat berbeda. Sebaliknya, gambar Bubble Maps BEN di bawah adalah contoh meme coin dengan risiko rug pull dan pump and dump yang tinggi. Gelembung hijau di tengah mengontrol hampir 28% dari total suplai BEN dan bisa menghancurkan harga dalam seketika.

meme coin ben bubble maps
Meme coin BEN dengan satu alamat yang mengontrol 28% suplai.

Bubble Maps memberikan kesempatan bagi pengguna kripto pemula untuk melihat data on-chain dengan mudah. Dengan ini, kamu bisa mengetahui risiko sebuah aset kripto tanpa melalui proses rumit.

2. Melakukan Analisis Data On-Chain Lewat Dextools

Salah satu hal penting lain sebelum melakukan trading meme coin adalah melihat data on-chain masing-masing token. Berbeda dengan Bubble Maps, kita akan melihat data on-chain lain seperti jumlah transaksi yang terjadi, keamanan smart contract, dan volume perdagangan. Terdapat dua platform untuk melakukan ini yaitu Dextools dan Dexscreener. Kita akan menggunakan Dextools karena ia memiliki tampilan yang lebih sederhana dan data yang lebih lengkap.

Tampilan Dextools.

Pada setiap trading pair, Dextools akan menampilkan data on-chain singkat di sebelah kiri. Selain itu, Dextools memiliki sistem skor untuk setiap aset kripto. Skor menandakan paramete-parameter keamanan dasar seperti verifikasi smart contract, honey pot, dan apakah pemilik token bisa menguras kolam likuditias atau tidak. Jika skor sebuah aset rendah, sebaiknya kamu tidak membeli aset tersebut. Dex tools bisa membantumu menghindari aset-aset scam yang berpotensi mengalami rug pull. Ia juga sangat mudah digunakan.

Beberapa Peringatan Sebelum Kamu Membeli Meme Coin

1. Pahami Risikonya

Pola grafik 99% meme coin yang ada.

Gambar di atas merupakan representasi dari 99% meme coin yang ada di kripto. Seperti yang bisa kamu lihat, kenaikan dan penurunan yang terjadi di aset meme coin bisa sangat drastis. Banyak trader yang sukses membeli meme coin seperti PEPE atau DOGE sebenarnya membeli puluhan meme coin lain sebelum akhirnya menemukan satu yang sukses.

Trading meme coin sangat mirip seperti pertaruhan karena kita tidak bisa berpegang pada nilai fundamental atau pun analisis teknikal. Maka dari itu, meme coin memiliki risiko yang sangat tinggi. Dua aspek sama dari hampir semua meme coin yang sukses adalah komunitas pemiliknya yang sangat loyal dan juga nama koinnya yang berhubungan dengan meme populer.

2. Beli dalam Jumlah Sedikit

Ini merupakan prinsip standar dalam membeli meme coin untuk memitigasi risiko koin yang kamu beli gagal meningkat drastis. Banyak trader menggunakan strategi ini saat membeli meme coin. Biasanya, mereka akan menyebarkan $100 dolar ke beberapa aset meme coin yang mereka pikir memiliki potensi. Strategi ini dilakukan agar kita tidak tiba-tiba kehilangan uang dalam jumlah besar. Aset-aset meme coin bisa saja mengalami penurunan -50% dalam sehari dan naik 100% di hari berikutnya. Trading dalam jumlah kecil meminimalisir potensi kerugian yang bisa kita alami.

Selain itu, hal penting lain dalam trading meme coin adalah take profit atau mengambil keuntungan. Hal ini sangat bergantung pada kepercayaanmu terhadap meme coin yang kamu miliki. Prinsip umumnya adalah jangan serakah (sangat penting dalam trading meme coin) dan jangan lupa untuk ambil modal yang kamu simpan di awal.

3. Pahami Siklus Meme Coin

Sumber: @milesdeutscher.

Siklus aset-aset kripto bisa terjadi dalam waktu singkat. Bitcoin memiliki siklus empat tahun, altcoin mengalami siklus naik turun dalam beberapa bulan, dan meme coin bisa menyelesaikan satu siklus penuh hanya dalam beberapa hari. Seperti pada gambar di atas, akun Twitter @milesdeutscher membagikan apa yang menurutnya sinyal bearish bagi PEPE. Bagi trader yang sudah berpengalaman, pertanda sebuah meme coin akan mulai turun bisa dilihat dari mulai banyaknya influencer besar yang mulai membeli.

Kalau kita membicarakan fase, meme coin hanya memiliki dua fase yaitu early adopters dan FOMO. Pada fase early adopters, orang-orang yang membeli biasanya adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam trading meme coin (atau ‚Äúorang dalam‚ÄĚ di kasus meme coin pump and dump). Pada fase FOMO, aset tersebut sudah menjadi tren dimana-mana dan ini menarik banyak pembeli pemula yang kemudian terjebak karena harga mulai turun drastis.

Kesimpulan

Pasar kripto selalu melalui berbagai tren yang berubah setiap tahun, salah satunya adalah tren “meme coin“. Meme coin adalah kategori aset kripto yang biasanya menggunakan karakter meme populer. Meme coin biasanya memiliki volatilitas yang tinggi serta seringkali tidak memiliki fungsi atau kegunaan selain sebagai aset spekulatif. Contohnya adalah DOGE, SHIBA, dan PEPE.

Musim meme coin merujuk pada periode ketika meme coin menjadi populer dan menarik perhatian banyak trader. Hal ini seringkali memicu kenaikan harga yang drastis dan bisa memberikan keuntungan yang besar, namun juga berisiko tinggi. Menariknya, musim meme coin juga bisa dijadikan sebagai indikator dalam siklus pasar kripto karena biasanya bertepatan dengan sinyal market top dan pasar akan berbalik menjadi bearish.

Beberapa cara untuk menghindari rugi dalam membeli meme coin antara lain menggunakan Bubble Maps untuk melihat data on-chain sebuah aset kripto dan melakukan analisis data on-chain melalui platform seperti Dextools. Pada akhirnya, trading meme coin sangat berisiko dan harus dilakukan dengan hati-hati dengan pemahaman yang cukup.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan