Menjadi Blockchain Unggulan untuk DeFi di Ekosistem Cosmos, Apa itu Neutron Network (NTRN)?

Update 1 Dec 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Menjadi Blockchain Unggulan untuk DeFi di Ekosistem Cosmos, Apa itu Neutron Network (NTRN)?
Reading Time: 6 minutes

Di awal November 2023, harga token NTRN sempat melonjak hingga 97%. NTRN adalah token platform Neutron Network yang beroperasi menggunakan Cosmos SDK dan Tendermint BFT. Neutron berbeda dari blockchain lainnya karena ia dapat menghubungkan ekosistem Cosmos ke jaringan eksternal sehingga membuka pintu untuk koneksi lintas rantai. Di artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu Neutron Network dan bagaimana cara kerjanya dalam ekosistem blockchain.

Ringkasan Artikel

  • ‚õďÔłŹ¬†Neutron adalah blockchain khusus smart contracts yang didesain untuk pembangunan aplikasi DeFi interchain dengan keamanan Cosmos Hub.
  • ūüĆȬ†Neutron memungkinkan developer meluncurkan aplikasi berbasis smart contracts yang dapat terhubung ke seluruh ekosistem Interchain Cosmos yaitu jaringan 50+ blockchain melalui IBC.
  • ūüĆü¬†Neutron memperkenalkan konsep Interchain Accounts (ICA) dan Interchain Queries (ICQ) sebagai elemen kunci dalam ekosistemnya.
  • ūü™ô¬†Token NTRN adalah token platform Neutron yang berfungsi sebagai alat pembayaran, tata kelola, dan pengembangan aplikasi DeFi.

Apa itu Neutron (NTRN)?

Apa itu Neutron? Neutron adalah blockchain khusus smart contracts yang didesain untuk pembangunan aplikasi DeFi interchain dengan keamanan Cosmos Hub. Artinya, Neutron memungkinkan developer meluncurkan aplikasi berbasis smart contracts yang terhubung ke seluruh ekosistem Interchain atau jaringan 50+ blockchain melalui IBC.

Pelajari lebih dalam tentang Cosmos dan ekosistemnya di artikel ini.

Salah satu hal menarik tentang Neutron adalah kemampuannya untuk melakukan transaksi di berbagai zona (blockchain) Cosmos tanpa perlu men-deploy ulang kode. Ini membuatnya berguna untuk pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps) di ekosistem Cosmos.

Aplikasi lintas rantai membutuhkan Interchain Query untuk mendapatkan data dari berbagai blockchain. Neutron mengembangkan teknologi ini agar aplikasi DeFi memiliki jangkauan luas. Platform ini berfokus pada pengembangan Interchain Accounts (ICA) dan Interchain Queries (ICQ).

Neutron diciptakan pada awal tahun 2023 oleh sebuah tim yang terdiri dari mantan manajer komunitas Lido DAO (LDO), Avril Duthiel. Lido DAO adalah organisasi terdesentralisasi yang bertujuan untuk membangun infrastruktur staking di blockchain Ethereum.

Baca juga: Apa itu Lido DAO (LDO)?

Cara Kerja Neutron (NTRN)

Neutron adalah proyek blockchain yang menggunakan konsep ICA dan ICQ untuk memungkinkan eksekusi transaksi di zona luar dan mengelola akun di berbagai blockchain. Ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antar rantai di ekosistem blockchain.

Interchain Accounts (ICA)

Sumber: Neutron

Interchain Accounts (ICA) memungkinkan modul dan smart contracts untuk menjalankan dan melacak transaksi di seluruh zona interchain, tanpa perlu men-deploy kode tambahan. Dengan ini, Neutron dapat memberikan solusi untuk eksekusi transaksi di ekosistem interchain dan mengelola akun (wallet) di berbagai blockchain tanpa kesulitan.

ICA memungkinkan pembuatan dan pengendalian akun melalui Inter-Blockchain Communication (IBC), tanpa menggunakan private key lokal.

Pada dasarnya, Neutron menjadi Host chain dan Controller untuk berbagai fungsi. Host chain menyimpan IC Accounts dari zona lain dan menjalankan instruksi IBC. Controller menggunakan Modul Otorisasi untuk membuat dan mengelola Interchain Accounts di Host chain.

Berikut proses eksekusi transaksi di Neutron:

  • Pada Neutron, smart contracts mengirimkan transaksi ICA. Modul ICT mengirimkannya ke modul ICA, yang membangun paket IBC.
  • Sebuah relayer mengambil paket tersebut dan membawanya ke modul ICA di Host chain.
  • Di Host chain, paket tersebut dibuka dan dieksekusi sebagai transaksi lokal.
  • Hasil eksekusi dikembalikan melalui modul ICA dan ICT di Neutron ke smart contracts asli.

Dengan cara tersebut, ICA memungkinkan eksekusi transaksi di zona luar, serta penerimaan data status.

Interchain Queries (ICQ)

Sumber: P2P Validator

Neutron membawa Interchain Queries (ICQ) yang dapat disesuaikan untuk para smart contracts developer. Interchain Queries adalah blok bangunan penting yang memungkinkan developer secara aman mengambil data dari blockchain lain.

Jadi, apa itu Queries, dan bagaimana Neutron membawanya ke Interchain?

Queries adalah cara untuk mengambil data dari blockchain storage. Untuk banyak kasus penggunaan, para developer cenderung menggunakan queriers yang lebih rumit. Queriers semacam itu memungkinkan developer untuk mengajukan ‚Äėpertanyaan‚Äô yang lebih konkret misalnya, ‚Äúberapa saldo token X di dompet Y‚ÄĚ?.

Queries sangat penting untuk protokol DeFi. dApps bisa mendapatkan data untuk menghitung harga tukar aset, menentukan rasio pinjaman, dan lain-lain. Tetapi masalahnya, queries hanya bekerja di dalam blockchain yang sama secara bawaan. Untuk mengambil data dari blockchain lain, sistem khusus harus dibangun di atas IBC: Interchain Queries.

Neutron membuat Interchain Queries bekerja dengan cara berikut:

  • Modul ICQ mengumpulkan permintaan query dan membuatnya tersedia untuk relayers.
  • Relayers pergi ke zona (blockchain) yang di-query, menemukan ‚Äúnilai‚ÄĚ untuk setiap ‚Äúkunci‚ÄĚ, dan mengemasnya dengan bukti kriptografis.
  • Relayers membawa hasil yang dikemas kembali ke modul ICQ yang memverifikasinya.
  • Smart contract tertentu mendapatkan hasil yang diverifikasi dari modul tersebut dan memproses hasil mentah menjadi struktur data yang rapi untuk pembuat query.

Neutron memudahkan developer untuk membuat ICQ dengan menggunakan smart contracts daripada modul ICQ untuk memproses hasil. Ini merupakan solusi yang lebih efisien untuk menghindari kesulitan memperbarui modul seperti validator harus setuju pada perbaikan, mengunduhnya, dan me-restart node secara bersamaan.

Kelebihan Neutron (NTRN)

  • Neutron menjadi smart contract chain utama dalam ekosistem IBC serta menjadi gerbang bagi Cosmos untuk terhubung ke ekosistem eksternal.
  • Dengan penerapan Replicated Security framework, Neutron mencapai tingkat keamanan tertinggi di ekosistem Cosmos sejak peluncurannya.
  • Neutron memiliki basis investor terkemuka seperti Binance dan Coinfund. Neutron juga didukung oleh tim dari P2P Validator dan Lido.
  • Aplikasi smart contract dan rollups yang dibangun di Neutron dapat meluas di seluruh jaringan yang berkembang lebih dari 50+ jaringan yang terhubung melalui IBC (rantai Cosmos dan EVM).
  • Dengan menjadi Host chain dan Controller, Neutron mendorong konektivitas dan memungkinkan terciptanya produk DeFi lintas rantai.

Baca juga: Tingkat Adopsi DeFi 2023: Tren, Potensi, dan Tantangan.

Token NTRN sebagai Investasi

Neutron memiliki token platform NTRN. Token ini memiliki peran sebagai token utilitas dan tata kelola dalam ekosistem Neutron. Beberapa contoh kegunaan NTRN sebagai berikut:

  • NTRN digunakan sebagai alat pembayaran untuk menggerakkan dApps dalam jaringan Neutron.
  • Partisipasi dalam tata kelola melalui ikatan ke voting vaults.
  • NTRN akan menjadi aset DeFi dasar yang digunakan untuk dipasangkan dengan token dalam liquidity pool dan vault yield. NTRN juga dapat digunakan sebagai jaminan untuk pasar uang, dan sebagai alat pembayaran untuk DAO.
Sumber: Cryptorank

NTRN memiliki pasokan maksimal sebanyak 1 miliar token. Dari jumlah tersebut, tim Neutron telah mengalokasikan token NTRN ke beberapa sektor yang dapat dilihat pada gambar di atas.

Per 29 November 2023, Neutron memiliki market cap sebesar lebih dari 100 juta dolar AS dengan volume perdagangan harian hampir 20 juta dolar AS. Jumlah tersebut menempatkan Neutron berada di posisi 287 CoinMarketCap berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar.

Saat ini, NTRN diperdagangkan di harga 0.48 dolar AS, naik 66% dari awal bulan November dari harga 0.28 dolar AS. Salah satu faktornya adalah peluncuran Nexus oleh Hyperlane pada awal November 2023. Nexus adalah sebuah platform cross-chain bridge baru yang didukung oleh Neutron dengan fokus awal pada Cosmos dan Celestia.

Baca juga: Apa itu Celestia? Blockhain Modular Pertama di Dunia.

Sebelumnya, pada bulan Oktober, para pemegang staking di Astroport memutuskan untuk bermigrasi dari Terra ke Neutron. Hal ini membuat nilai yang dikunci di liquidity pool Neutron Astroport mencapai lebih dari 30 juta dolar AS di tanggal 15 November 2023.

Kesimpulan

Didirikan pada tahun 2023 oleh tim yang dipimpin oleh Avril Duthiel, Neutron menjadi blockchain khusus smart contracts dengan fokus pada keamanan dari Cosmos Hub. Kelebihannya mencakup interoperabilitas yang tinggi, dukungan Replicated Security, serta menjadi Host chain dan Controller untuk berbagai kasus penggunaan

Token NTRN menjadi aset utama dalam ekosistem Neutron dengan peran sebagai alat pembayaran, partisipasi dalam tata kelola, dan aset dasar dalam DeFi. Meskipun NTRN termasuk token baru, NTRN telah menunjukkan konsistensi dalam harga dan memiliki kegunaan dalam ekosistemnya.

Cara Membeli Token NTRN di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Neutron, kamu bisa mulai berinvestasi pada aset crypto NTRN dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli NTRN pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari NTRN.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto NTRN!

Selain NTRN, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti ATOM, BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Neutron Team, Overview of Neutron, Neutron Network, diakses 28 November 2023.
  2. Rpatel, Neutron: The Premiere Controller Chain, Medium, diakses 28 November 2023.
  3. Peter Henn, Neutron Price Prediction 2023: What is Neutron (NTRN)? CCN, diakses 28 November 2023.
  4. Eloise, What is NTRN? Details about the Neutron project, Coinbay, diakses 29 November 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan