Perkembangan Ekosistem Mantle Network

Update 15 Aug 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Perkembangan Ekosistem Mantle Network
Reading Time: 6 minutes

Sebagai sebuah jaringan layer 2 yang berakar dari BitDAO, Mantle Network menghadirkan solusi skalabilitas yang menawarkan berbagai keunggulan dalam ekosistem blockchain Ethereum. Dengan arsitektur modularnya, platform ini tidak hanya memberikan skabilitas yang diperlukan, tetapi juga menjamin tingkat keamanan yang tinggi. Dukungan teknologi ini mendorong pertumbuhan pesat dalam ekosistem Mantle yang semakin menarik minat para pengguna crypto. Cari tahu selengkapnya tentang perkembangan ekosistem Mantle dan potensinya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • Dua minggu sejak peluncuran mainnet, Mantle Network telah berhasil mempertahankan jumlah pengguna harian dalam kisaran 1.000 hingga 2.000 pengguna.
  • Hingga tanggal 9 Agustus 2023, total value locked (TVL) di dalam Mantle Network mencapai 41.82 juta dolar AS. Dari jumlah tersebut, Agni Finance berkontribusi sebesar 25.5 juta dolar AS dalam TVL.
  • Dalam membangun ekosistem yang kuat dan beragam, Mantle Network telah berhasil menghadirkan sejumlah aplikasi. Di antaranya adalah Agni Finance, Lendle, dan Lootex.

Sekilas tentang Mantle Network

Mantle Network adalah jaringan layer 2 di atas Ethereum yang dikembangkan oleh BitDAO. BitDAO adalah komunitas DAO yang memiliki aset simpanan terbesar sebanyak 2,1 miliar dolar AS dalam berbagai aset crypto.

Platform Mantle bekerja mirip dengan Optimism dan Arbitrum, di mana transaksi diproses menggunakan validator off-chain yang dikenal sebagai sequencer. Namun, yang membedakannya adalah penggunaan jaringan modular dan pemanfaatan EigenDA untuk meningkatkan ketersediaan dan keamanan data.

Mantle Network merupakan hasil keputusan komunitas BitDAO untuk mengubah nama BitDAO menjadi Mantle Network. Perubahan juga dilakukan pada token BIT menjadi MNT.

Baca selengkapnya tentang Apa itu Mantle Network di artikel ini.

Perkembangan Mantle Network

Pada 17 Juli 2023 lalu, Mantle secara resmi meluncurkan jaringan utamanya (mainnet). Dalam waktu dua minggu setelah peluncuran mainnet, ekosistem Mantle telah berkembang dengan partisipasi dari 23 kolaborator. Saat ini, sudah ada 104 aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang tersedia di ekosistem Mantle.

Sejak peluncuran mainnet, Mantle Network telah berhasil mempertahankan jumlah pengguna harian dalam kisaran 1.000 hingga 2.000 pengguna. Yang menarik adalah, rata-rata jumlah transaksi per pengguna aktif telah mengalami peningkatan, di mana setiap alamat yang aktif melakukan minimal 40 transaksi per hari.

Sumber: Impossible Finance

Salah satu pengamatan positif yang dapat diambil adalah meskipun terjadi peningkatan baik dalam jumlah transaksi maupun jumlah pengguna, persentase transaksi yang mengalami kegagalan tetap stabil yakni di bawah 1%.

Sumber: Impossible Finance

Pertumbuhan jaringan Mantle dapat terlihat pada gambar di bawah. Dari data terbaru per 11 Agustus 2023, jumlah transaksi harian Mantle mengalami peningkatan sejak peluncuran mainnet. Tercatat hampir 1.5 juta transaksi dengan pengguna aktif sebanyak lebih dari 200.000.

Sumber: explorer.mantle.xyz

Aplikasi pada Ekosistem Mantle Network

Sumber: Mantle Zone

Per 9 Agustus 2023, jumlah TVL yang terkumpul pada Mantle Network mencapai 41.82 juta dolar AS. Jumlah tersebut merupakan kumpulan TVL dari beberapa dApps yang ada di ekosistem Mantle.

Dalam membangun ekosistem yang kuat dan beragam, Mantle Network telah berhasil menghadirkan sejumlah aplikasi. Di antaranya adalah Agni Finance, Lendle, dan Lootex.

Agni Finance ‚Äď DEX

Sumber: DefiLlama

Agni adalah decentralized exchange (DEX) dengan model automated market maker (AMM) yang merupakan bagian penting dari ekosistem Mantle Network. Saat ini, Agni mengungguli Total Value Locked (TVL) di jaringan Mantel dengan menunjukkan angka 23.49 juta dolar AS.

Agni beroperasi melalui AMM efisien, friendly user interface (UI), dan dukungan token asli Mantle (MNT). Agni menawarkan biaya transaksi rendah berkat integrasi EigenDA di Mantel, meningkatkan skalabilitas melalui arsitektur modular dan teknologi roll-up, dan menonjolkan keamanan dengan fitur dari Ethereum serta mekanisme deteksi penipuan.

Kemitraan dengan entitas besar juga memberikan dasar kuat bagi ekosistem Agni, seperti EigenLayer, Covalent, Pyth Network, Biconomy, dan The Graph.

Lendle ‚Äď Lend and Borrowing Platform

Sumber: DeFiLlama

Lendle adalah platform simpan pinjam aset crypto yang beroperasi di atas jaringan Mantle. Lendle menerapkan sistem over-collateralization seperti kebanyakan platform simpan pinjam lainnya. Pengguna dapat memberikan aset sebagai jaminan dan meminjam dana dari aset tersebut. Hal ini memastikan keamanan bagi pemberi pinjaman.

Per 11 Agustus 2023, Lendle memiliki TVL sebesar 882.974 dolar AS yang menempatkannya di posisi ke-4 berdasarkan jumlah TVL di Mantle Network seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Lendle memiliki token platform LEND dengan total supply sebanyak 100.000.000 token. Peminjam dan pemberi pinjaman di platform Lendle dapat menghasilkan imbalan berupa token LEND.

Lendle menggunakan konsep Loan To Value (LTV) untuk menghitung batas pinjaman berdasarkan volatilitas dan likuiditas aset.

Pemberi pinjaman dapat memperoleh imbal hasil dengan meminjamkan aset di Lendle, didorong oleh imbalan token LEND. Peminjam, di sisi lain, dapat meminjam dana dengan aset jaminan mereka, sehingga meningkatkan efisiensi modal. Mereka juga dapat menggunakan Lendle untuk melakukan short-selling aset dan mengeksplorasi berbagai peluang DeFi tanpa menjual aset mereka sendiri.

Lootex ‚Äď Marketplace NFT

Sumber: Lootex

Lootex adalah marketplace NFT multi-chain terdesentralisasi yang diluncurkan pada Februari 2021. Ia mendukung perdagangan NFT dalam game di blockchain Ethereum, BNB Chain, Polygon, Arbitrum, dan Avalanche.

Lootex merupakan sebuah platform NFT yang secara khusus dikembangkan untuk para gamer. Marketplace ini bertujuan untuk menjadi item shop di metaverse di mana pemain dapat dengan bebas membeli dan menjual perlengkapan atau aset dalam game lainnya.

Kerja sama Lootex dengan Mantle pada awal Agustus 2023, menjadikannya sebagai marketplace NFT pertama yang ada di Mantle Network. Dengan skalabilitas dan teknologi EigenDA pada Mantle, ini akan memberikan pengalaman yang lebih unggul, efisien, dan lancar bagi pengguna Lootex.

Roadmap Mantle Network

Pada tanggal 30 November 2022, BitDAO mengumumkan peluncuran Mantle Network. Kemudian, tepat pada tanggal 10 Januari 2023, mereka merilis testnet Mantle Network, menunjukkan komitmen mereka terhadap pengembangan yang solid.

Kemudian, pada 5 Mei 2023, terjadi perubahan nama dari BitDAO menjadi Mantle Network yang menarik perhatian. Perubahan ini mendapat dukungan melalui proses diskusi dan pemungutan suara komunitas selama tujuh hari.

Dalam mempersiapkan peluncuran mainnet Mantle Network, token MNT pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2023. Pemegang token BIT dapat menukarkan token BIT mereka yang ada dengan token MNT melalui saluran konversi resmi.

Pada 17 Juli 2023, Mantle secara resmi meluncurkan mainnet-nya. Mantle Network Mainnet Alpha adalah puncak dari upaya pengembangan selama enam bulan, di mana jaringan memproses lebih dari 14 juta transaksi, 140.000+ smart contracts, dan 48.000+ developers. Mantle juga terhubung ke 690.000+ pengguna, dan mempertahankan jumlah wallet address aktif bulanan sebanyak lebih dari 157.000.

Kesimpulan

Mantle Network telah membangun ekosistem yang kuat dan beragam melalui sejumlah aplikasi inovatif. Diantaranya adalah Agni Finance sebagai DEX, Lendle sebagai platform pinjaman, dan Lootex sebagai marketplace NFT. Agni Finance membawa perdagangan yang efisien dan aman, Lendle memberikan model simpan pinjam yang aman, sementara Lootex menghubungkan para gamer dengan aset dalam game.

Dengan peluncuran mainnet pada Juli 2023, Mantle Network terus mengalami pertumbuhan dalam jumlah pengguna dan transaksi harian, menunjukkan nilai dan potensi yang menarik dalam dunia blockchain.

Cara Membeli Token MNT di Pintu

Setelah mengetahui lebih lanjut soal ekosistem dan potensi Mantle Network, kamu bisa mulai berinvestasi pada token MNT dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli MNT pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token MNT.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token MNT!

Selain token MNT, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Mantle Team, Overview ‚Äď Network, Mantle Docs, diakses pada 10 Agustus 2023.
  2. Agni Team, Introduction | What is Agni? Agni Docs, diakses 10 Agustus 2023.
  3. Lendle Team, Lendle’s core use cases, Medium, diakses 11 Agustus 2023.
  4. Lootex Editor, Lootex ‚ÄĒ The First NFT Marketplace on Mantle, Medium, diakses 11 Agustus 2023.
  5. Impossible Finance, Mantle performance since Mantle mainnet launched, Twitter, diakses 11 Agustus 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan