Sinyal Crypto Hari Ini, 17 September 2024: Menanti Kebijakan Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Update 17 Sep 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Sinyal Crypto Hari Ini, 17 September 2024: Menanti Kebijakan Pemangkasan Suku Bunga The Fed
Reading Time: 5 minutes

Pasar sedikit bernafas lega ketika BTC berhasil kembali ke area $60.000 pada akhir pekan kemarin. Namun, sayangnya kondisi tersebut tidak bertahan lama. Pada saat artikel ini ditulis, BTC kembali turun ke area $58.000. Sebenarnya, sentimen negatif masih menyelimuti BTC saat ini. Tak pelak koreksi ini sudah diantisipasi, bahkan bisa jadi masih akan berlanjut.

Pertama, turunnya aktivitas jaringan alamat aktif BTC menjadi 612.000. Kondisi ini menandakan sebagian besar pengguna berhenti menggunakan BTC. Kedua, arus keluar sebesar $1 miliar dari ETF BTC sepanjang pekan lalu. Faktor lainnya adalah kondisi ekonomi AS yang kurang baik serta likuidasi di pasar futures juga memperkuat sentimen negatif pada BTC.

Agenda utama yang dinanti pelaku pasar pada pekan ini adalah rapat The Fed. Pada rapat kali ini, Fed akan mengumumkan keputusan untuk menurunkan suku bunga acuan. Berdasarkan CME FedWatch Tool, sebanyak 60% pelaku pasar memprediksi The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 50 bps.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi pada Sinyal Crypto ini bukan saran finansial dan sebatas informasi. Tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Thorchain (RUNE) ➡️ Bullish🚀

Pada 14 September, komunitas Kujira secara resmi menyetujui penggabungan dengan Thorchain. Dengan demikian, kini komunitas Kujira masuk dalam ekosistem Thorchain dengan nama Rujira Alliance. Adapun, Rujira Alliance merupakan tiga mitra ekosistem terbesar Kujira, yakni Fusion, Unstake, dan Wink.

Sebelum menjalin kerjasama, Kujira sedang diterpa masalah defisit pada balance sheet mereka akibat minimnya manajemen risiko. Thorchain hadir sebagai solusi dengan membeli token raise yang dilakukan Kujira sebanyak $3 juta. Kerjasama pun terjalin dan kini seluruh aplikasi yang ada di Kujira telah terintegrasi ke dalam ekosistem Thorchain

Aliansi tersebut bertujuan untuk membangun lapisan aplikasi baru di atas protokol likuiditas lintas rantai, Thorchain. Sementara itu, pendiri Thorchain, JPThor mengatakan bahwa lapisan aplikasi baru ini akan mencakup berbagai produk DeFi utama, termasuk order book, perpetuals, token launchpad, NFT, serta pasar uang dan pinjaman.

Menariknya, semua ini akan terhubung ke delapan rantai blockchain yang berbeda, memberikan skalabilitas luar biasa bagi ekosistem. Dengan adanya manajemen keuangan yang terintegrasi melalui “combined treasury,” THORChain dan Kujira diperkirakan akan memiliki kekuatan besar untuk mendominasi pasar DeFi.

Kerjasama terbaru ini menjadi kabar positif yang sekaligus akan memperkuat fundamental RUNE. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan harga RUNE akan berada dalam tren positif pada minggu ini. Saat ini, harga RUNE diperdagangkan di level Rp 58.947.

Solana (SOL) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Konferensi Solana Breakpoint akan berlangsung pada 20 – 21 September 2024. Acara ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Solana Foundation untuk mengumpulkan para pengembang, investor, dan penggemar Solana dari seluruh dunia.

Salah satu agenda utama dari acara ini adalah pengumuman penting yang akan disampaikan oleh Solana maupun proyek yang ada di dalam ekosistemnya. Jika pengumuman tersebut berkaitan dengan pengembangan proyek masing-masing, tidak menutup kemungkinan akan bisa berdampak positif.

Apalagi, secara historis harga SOL mengalami kenaikan saat Solana Breakpoint berlangsung. Pada Solana Breakpoint 2023 (30 Oktober – 1 November 2023), harga SOL naik dari $25 pada 20 Oktober 2023 menjadi $47 pada 1 November 2023. Lalu pada Solana Breakpoint 2022 (5-7 November 2022), harga SOL naik dari $28 pada 25 Oktober menjadi $39 pada 5 November.

Namun, pada tahun ini, harga SOL justru memperlihatkan pergerakan yang sebaliknya. Dalam tujuh hari terakhir, harga SOL telah turun 2,46% dan turun 8,09$ dalam sebulan terakhir. Oleh sebab itu, pergerakan harga SOL masuk ke dalam kategori tidak menentu pada pekan ini.

Maker (MKR) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Belum lama ini MakerDAO telah mengumumkan akan meluncurkan token tata kelola baru SKY dan stablecoin USDS. Proses peluncuran akan dilakukan pada 18 September berbarengan dengan agenda Token2049

Dengan adanya ekosistem SKY, para pemegang stablecoin Maker, yakni DAI dapat menukarkan token mereka ke USDS dengan rasio 1:1. Sementara pemilik MKR bisa mengupgrade token mereka menjadi SKY dengan rasio 1:24.000. Lalu Pemegang token $DSR dan $sDAI dapat mengupgrade token mereka menjadi $sUSDS

Bersamaan dengan peluncuran ekosistem SKY, para pemilik $USDS langsung bisa men-staking token mereka untuk mendapatkan imbalan $SKY. Namun bagi pemilik DAI dan MKR yang tidak ingin menurkan tokennya, mereka tidak perlu khawatir. MakerDAO memastikan token DAI dan MKR yang sudag ada akan tetap aktif.

“Keduanya akan tetap aktif dan tidak akan diubah untuk beberapa waktu ke depan, kecuali governance DAO memutuskan sebaliknya,” tulis tim MakerDAO.

Fantom (FTM) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Sonic Labs dirumorkan akan melakukan pengumuman penting pada acara Token2049 yang dimulai pada 18 September. Jika melihat media sosial milik Fantom, sejauh ini belum ada informasi yang berkaitan dengan pengumuman penting tersebut.

Namun, Fantom saat ini sudah hampir merampungkan testnet jaringan baru mereka, Sonic. Testnet tersebut telah mencatatkan beberapa temuan yang menarik. Salah satunya adalah keberhasilan Sonic meraih angka 400ms untuk responsiveness dan 720 ms untuk finality. Capaian tersebut berhasil menjadi milestone baru pada pengembangan blockchain.

Jika ternyata pengumuman berkaitan dengan jaringan Sonic, misalnya jadwal peluncuran mainnet atau temuan positif dari mainnet, maka berpotensi untuk mengangkat harga FTM untuk jangka pendek. Namun jika pengumumannya dianggap tidak signifikan, kemungkinan harga FTM tidak akan bergerak signifikan. Oleh sebab itu, token ini masuk kategori tidak menentu untuk pekan ini.

Agenda Token Unlock Pekan Ini

Pintu Academy akan menampilkan daftar protokol yang akan melakukan token unlock pada sepekan ke depan. Berikut ini adalah daftarnya:

Nama ProtokolJadwal Token UnlockJumlah Token DibukaValuasi Token UnlockAlokasi Token Unlock
Arbitrum (ARB)17 September 202492,65 Juta ARB$49,68 jutaTim inti dan Investor
ApeCoin (APE)17 September 202415,60 juta APE$11,60 jutaTreasury, tim inti, dan founders.
Space ID (ID)22 September 202478,49 juta ID$27,78 jutaInvestor, tim inti, dan ecosystem fund.
Sumber: Token Unlock

Lebih lanjut, beberapa protokol lain yang akan melakukan token unlock pekan ini adalah io.net (IO), Ethena (ENA), Cyber (CYBER) dan Render (RNDR). Tercatat, total nilai token unlock pada pekan ini melebihi $114 juta.

Secara umum, agenda token unlock akan menambah jumlah pasokan yang beredar pada sirkulasi. Jika pemilik hasil token unlock tadi memutuskan untuk menjual kepemilikannya, besar kemungkinan harga token akan terkoreksi. Semakin besar jumlah token yang dibuka, maka semakin besar juga potensi tekanan yang dihasilkan.

Namun, jadwal token unlock yang terencana dengan baik juga bisa memperkuat sustainability sebuah proyek. Sejalan dengan terus berkembangnya protokol, token unlocks dapat memotivasi anggota tim, meningkatkan keterlibatan komunitas, dan mendorong pertumbuhan ekosistem.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Drift Protocol (DRIFT): 🔼58,96% (Rp 11.268)
  • Zeta (ZEX): 🔼32,50% (Rp921)
  • Scallop (SCA): 🔼27,08% (Rp 4.524)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Neiro Ethereum (NEIRO): 🔽55,46% (Rp 1.151)
  • Entangle (NGL): 🔽29,61% (Rp 965)
  • Pixelverse (PIXFI): 🔽23,96% (Rp 86)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Bagikan