Apa Itu Kujira (KUJI)?

Update 4 Dec 2023 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa Itu Kujira (KUJI)?
Reading Time: 6 minutes

Persaingan sektor blockchain layer-1 saat ini sudah tidak sepanas saat bull market tahun 2021. Ethereum terbukti tetap menjadi pemain dominan di sektor ini. Teknologi yang lebih bagus tidak menjamin tingginya adopsi jaringan, dan banyak L1 yang angka penggunanya terus menurun. Namun, beberapa L1 memang dibuat tidak untuk menyaingi Ethereum. Kujira adalah salah satu proyek L1 yang menawarkan fitur berbeda dibanding Ethereum dan memiliki penawaran nilai yang cukup unik. Lalu, apa itu Kujira? Apa fungsi dari token KUJI? Semuanya akan dijawab di atikel ini.

Ringkasan Artikel

  • 👹 Kujira adalah L1 yang dibangun di atas Cosmos yang menawarkan berbagai aplikasi DeFi. Setiap aplikasi DeFi di Kujira sudah melalui proses pemilihan oleh tim Kujira agar kualitasnya terjaga.
  • ⚙️ Kujira menawarkan fitur seperti Native Token Generation, On-Chain Scheduler, semi-permissioned blockchain, dan oracle independen Kujira. Semua fitur ini memudahkan pembuatan dan penggunaan aplikasi di Kujira.
  • ⚛️ Kujira memiliki ekosistem aplikasi DeFi seperti ORCA, FIN, BOW, BLUE, GHOST, dan POD, masing-masing dengan fungsi yang berbeda.
  • 💰 KUJI adalah token non-inflasioner yang terintegrasi secara menyeluruh dalam ekosistem Kujira. Staking KUJI memberikan imbalan dari pendapatan aplikasi, menciptakan sistem pertukaran uang yang berkelanjutan dan memberikan keuntungan bagi pemegang token.

Apa itu Kujira (KUJI)?

Kujira adalah blockchain layer 1 yang dibangun di atas jaringan Cosmos untuk memfasilitasi aktivitas finansial terdesentralisasi. Kujira menyediakan infrastruktur agar tim pengembang dan pengguna bisa bertransaksi dalam ekosistem DeFi yang aman dan mudah digunakan. Saat ini, sudah ada delapan aplikasi dalam ekosistem DeFi Kujira.

Selain itu, Kujira merupakan blockchain semi-permissioned karena setiap aplikasi baru harus melalui proses persetujuan dari sistem tata kelola Kujira. Kujira melakukan ini untuk memastikan setiap aplikasi di platformnya memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan visi Kujira.

Kata “Kujira” adalah bahasa Jepang untuk paus atau whale. Visi Kujira adalah “semua orang bisa menjadi whale” karena Kujira ingin mendemokratisasi akses terhadap berbagai jenis aktivitas finansial untuk pengguna.

Kujira sendiri dibangun menggunakan Cosmos SDK, konsensus Tendermint BFT, dan terintegrasi dengan komunikasi interchain Cosmos (IBC). Namun, pembuatan L1 Kujira baru dimulai pasca kehancuran Terra yang memiliki dampak signifikan terhadap Kujira.

Apa yang terjadi dengan Terra memaksa Tim Kujira untuk membuat L1 sendiri dan mewujudkan visinya. Kujira ingin menjadi platform super apps dengan ekosistem aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan penggunanya.

Bagaimana Cara Kerja Kujira?

Fitir blockchain Kujira.

Kujira beroperasi menggunakan berbagai framework yang disediakan Cosmos seperti modul di dalam Cosmos SDK, mekanisme konsensus Tendermint BFT, dan protokol interoperabilitas IBC. Namun, Kujira tetap melakukan modifikasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan DeFi. Contohnya, Kujira mengubah modul SDK Cosmos agar bisa menghasilkan kecepatan yang ideal untuk aplikasi trading ORCA.

Empat fitur utama dari blockchain Kujira adalah:

  • Native Token Generation: Pengembang aplikasi kripto tidak perlu lagi menangani dua titik masuk ke dalam smart contract mereka. Setiap token yang dibuat di Kujira otomatis memiliki format standar Cosmos. Lalu, aspek seperti likuidasi dan pendapatan dari platform (dengan lebih banyak fitur lagi nantinya) akan otomatis terhubung dengan staker KUJI.
  • On-Chain Scheduler: Tim pengembang bisa mengirimkan instruksi otomatis untuk mengeksekusi transaksi tertentu (misalnya setiap 2 blok). Penjadwalan transaksi ini mengurangi kebutuhan terhadap bot dan semacamnya sehingga mengurangi biaya operasi protokol.
  • Semi-Permissioned: Berbeda dengan kebanyakan proyek L1, tidak semua tim bisa mengembangkan aplikasi di Kujira. Semua proyek harus melalui proses tata kelola Kujira sebelum bisa melanjutkan membangun di atas Kujira. Proses ini memastikan kualitas proyek yang masuk Kujira dan mencegah penipuan yang marak di banyak L1.
  • Oracle Kujira: Tim Kujira membangun price oracle sendiri untuk tidak bergantung terhadap proyek data feed eksternal seperti Chainlink atau Pyth Network. Lalu, data tersebut diterbitkan oleh semua validator Kujira dan akan diverifikasi oleh 3 pihak eksternal untuk menjaga akurasi dan keamanannya dari waktu ke waktu.

Empat fitur Kujira di atas menunjukkan bagaimana Kujira berbeda dengan kebanyakan L1 lain. Kujira tidak membawa inovasi canggih atau teknologi paling mutakhir. Sebagai gantinya, Kujira berfokus pada perubahan-perubahan kecil yang berdampak besar terhadap ekosistemnya.

Terakhir, aspek penting dari cara kerja Kujira adalah koneksi dengan ekosistem Cosmos melalui protokol IBC (Inter-Blockchain Communication). Semua aplikasi di Kujira terhubung dengan ekosistem Cosmos. Contohnya, kamu bisa melakukan staking untuk semua blockchain di Cosmos menggunakan aplikasi Pod Kujira.

Ekosistem Aplikasi Kujira

ekosistem Kujira
Ekosistem Kujira.
  • ORCA: Orca adalah aplikasi pertama Kujira untuk mendapatkan aset yang terlikuidasi. Kamu bisa mendapatkan diskon sebuah aset sampai 30% dengan menempatkan bid untuk aset yang akan terlikuidasi. Dengan ini, aset yang terlikuidasi bisa masuk kembali ke ekosistem Kujira, alih-alih diambil oleh bot dan langsung dijual.
  • FIN: FIN adalah DEX dengan mekanisme order book pertama di Cosmos. FIN menggunakan arbitrage bot dan market makers untuk menyediakan likuiditas yang dalam bagi setiap aset. Dalam situasi darurat, FIN memanfaatkan aplikasi BOW sebagai penyedia likuiditas.
  • BOW: BOW adalah aplikasi yang menyediakan likuiditas tambahan untuk FIN. Penyedia likuiditas BOW lalu akan mendapatkan porsi biaya transaksi dari FIN. Selain itu, rentang harga BOW sesuai dengan rentang pesanan dari aplikasi FIN. Hal ini membuat kolam likuiditas BOW lebih efisien dari kebanyakan DEX. Pengguna juga bisa melakukan staking ke kolam likuiditas yang diberikan insentif khusus oleh proyek tertentu.
  • BLUE: BLUE berperan sebagai pusat ekosistem Kujira termasuk data token KUJI, sistem tata kelola, bridge IBC, swap, dan minting USK. Kamu bisa melakukan hampir semua aktivitas Kujira di BLUE.
  • GHOST: GHOST adalah pasar uang Kujira di mana kamu bisa meminjam dan menyediakan pinjaman untuk berbagai aset di Kujira.
  • POD: POD adalah aplikasi staking KUJI yang didesain khusus untuk menyamaratakan hak suara validator. Pengguna didorong untuk mengisi validator dengan hak suara yang masih kecil untuk mendukung desentralisasi jaringan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan staking untuk semua blockchain Cosmos yang terhubung dengan IBC di POD.
  • Stablecoin USK: Kujira menciptakan overcollateralized stablecoin USK yang dijamin oleh berbagai aset kripto seperti KUJI. Tingkat jaminan USK harus mencapai angka 166% dari nilai USK yang dicetak untuk mencegah likuidasi dan menjaga stabilitas. Dalam kasus likuidasi, pengguna bisa membeli aset jaminan di harga diskon melalui ORCA.

Potensi Token KUJI Sebagai Investasi

kuji tokenomics
Mekanisme perputaran uang di ekosistem Kujira. Sumber: Cryptodistilled.

KUJI adalah aset kripto bawaan dari ekosistem Kujira. KUJI terintegrasi secara menyeluruh di ekosistem KUJIRA, mulai dari token staking, tata kelola, sampai token yang mengumpulkan pendapatan protokol. Suplai KUJI yang beredar di pasar sudah mencapai 100%. Artinya, KUJI adalah token non-inflasioner karena tidak ada lagi token yang keluar sebagai emisi.

Kujira satu-satunya proyek aset kripto besar yang tidak mengandalkan emisi token sebagai insentif imbalan kepada penggunanya. Ini merupakan kebijakan yang menunjukkan kepercayaan Kujira terhadap produk yang ia buat karena operasi jaringan Kujira bergantung kepada pendapatan dari semua produknya.

Jika tidak ada lagi token KUJI yang dilepaskan ke pasar, bagaimana Kujira memberikan insentif terhadap pengguna dan validator? Ini adalah hal yang membedakan KUJI dengan token jaringan PoS (Proof-of-stake) lain. Kujira memutarkan hampir semua pendapatan dari aplikasi di ekosistemnya ke sistem staking KUJI.

Jadi, semua bunga yang didapatkan merupakan bagian dari perputaran uang yang Kujira dapatkan. Seperti pada gambar di atas, proses ini menciptakan sistem yang berkelanjutan karena imbalan untuk pengguna tidak diciptakan secara artifisial melalui emisi token (yang menciptakan inflasi nilai token). Jumlah imbalan merupakan refleksi data real-time pendapatan Kujira.

data token kuji
Data token KUJI dan blockchain Kujira.

Peran KUJI yang penting di ekosistem Kujira dan fakta bahwa 100% suplai KUJI sudah tersebar membuat KUJI memiliki nilai tokenomics yang bagus. Seperti pada gambar di atas, lebih dari 50% KUJI dikunci di sistem staking (token investor Kujira juga ada di sini).

Saat ini, Kujira memiliki TVL ke-5 terbesar di ekosistem Cosmos. Kamu berarti percaya terhadap pertumbuhan ekosistem Cosmos dan produk yang dibuat Kujira jika kamu membeli token KUJI. Selain membeli token, kamu bisa berpartisipasi dalam staking KUJI untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan membantu mengamankan jaringan Kujira.

Kesimpulan

Kujira adalah sebuah blockchain layer-1 yang dibangun di atas jaringan Cosmos. Kujira menawarkan ekosistem DeFi dengan aplikasi yang beragam, mengadopsi pendekatan semi-permissioned untuk memastikan kualitas tinggi dan keamanan aplikasinya. Tim Kujira berfokus pada perubahan kecil namun berdampak besar, termasuk dalam pengembangan token KUJI. Token KUJI terintegrasi secara menyeluruh dalam ekosistem Kujira, menawarkan ekonomi token yang non-inflasioner dan perputaran yang berkelanjutan.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan