MakerDAO (MKR): Tokenomik dan Roadmap

Update 19 May 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar MakerDAO (MKR): Tokenomik dan Roadmap
Reading Time: 6 minutes

MakerDAO adalah salah satu proyek terbesar dalam ekosistem DeFi (decentralized finance). Per Mei 2023, total nilai kunci (total value locked) dalam protokol MakerDAO mencapai angka hampir 7 miliar dolar AS! Ini menjadikannya dApps terbesar kedua setelah LIDO berdasarkan banyaknya TVL. MakerDAO memiliki token MKR yang berfungsi sebagai token utilitas dan tata kelola. Di artikel ini, kami akan membahas tentang tokenomik Maker (MKR) dan potensinya sebagai aset investasi.

Ringkasan Artikel

  • ūüŹ¶¬†Maker adalah salah satu proyek DeFi pertama yang menawarkan simpan pinjam aset¬†crypto¬†dan beroperasi di jaringan Ethereum.
  • ūü™ô¬†MKR adalah token tata kelola dan utilitas pada Maker Protocol. MKR memiliki fungsi sebagai imbalan dalam protokol, pengendali risiko, stabilitas protokol, dan lain-lain.
  • ūüďú¬†The Endgame Plan adalah sebuah proposal yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola dan tokenomik Maker, dan juga merupakan major update dalam ekosistem Maker. Plan ini dirancang dengan tujuan meningkatkan efisiensi, ketangguhan, dan partisipasi dalam ekosistem Maker.
  • ūü§Ė¬†Proyek Endgame berfokus untuk meningkatkan versi token DAI dan MKR dengan token baru, menyediakan pendanaan proyek AI, hingga melakukan hard fork ‚ÄúNewChain‚ÄĚ.

Sekilas tentang Maker

Maker adalah salah satu proyek DeFi pertama yang menawarkan simpan pinjam aset crypto dan beroperasi di jaringan Ethereum. Platform ini menawarkan pinjaman berupa stablecoin DAI dengan jaminan aset crypto yang berlebih dan dikunci dalam smart contract. Maker menggunakan dua model token, yaitu stablecoin DAI dan MKR.

Seluruh aktivitas dan perkembangan Maker diatur oleh MakerDAO. Para anggota yang memegang token MKR memiliki peran penting dalam memastikan stabilitas, transparansi, dan efisiensi platform.

Kamu bisa baca lebih lengkap tentang Maker dan cara kerjanya di artikel ini.

Tokenomik Maker (MKR)

MKR adalah token tata kelola dan utilitas pada Maker Protocol. MKR juga memiliki peran penting bagi Maker. Berikut tokenomik Maker (MKR) dan fungsinya.

  • Token Tata Kelola: MKR adalah token tata kelola pada Maker. Pemegang MKR dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. Kekuatan voting sebanding dengan jumlah MKR yang dimiliki, memungkinkan pemegang token untuk mempengaruhi arah dan keputusan protokol.
  • Manajemen Risiko: MKR memainkan peran penting dalam mengelola risiko Maker. Jika nilai jaminan DAI jatuh di bawah ambang batas tertentu, token MKR dilelang untuk memulihkan sistem dan menutupi kerugian. Mekanisme ini membantu menjaga stabilitas dan melindungi dari kebangkrutan.
  • Biaya Stabilitas: MKR digunakan sebagai sarana untuk membayar biaya stabilitas dalam Maker. Biaya stabilitas dibayarkan oleh pengguna yang menghasilkan stablecoin DAI dan dibayarkan dalam MKR. Ini berfungsi sebagai insentif bagi pemegang MKR untuk menjaga stabilitas sistem.
  • Pembakaran Token: Token MKR dapat dibakar untuk mengurangi total pasokan. Pembakaran terjadi ketika MKR digunakan untuk membayar biaya stabilitas atau dibeli kembali dari pasar selama lelang jaminan. Proses pembakaran membantu menjaga kelangkaan dan berpotensi meningkatkan nilai MKR dari waktu ke waktu.
  • Imbalan Tata Kelola: Pemegang MKR aktif yang berpartisipasi dalam proses pemungutan suara dan pengambilan keputusan dapat menerima imbalan tata kelola berupa MKR.
Sumber: Coingecko

Data dari Coingecko, MKR memiliki total supply sebanyak 1.005.577 MKR. Hampir 70% token MKR dialokasikan untuk para founder dan proyek Maker, dan 15% token MKR untuk tim. Alokasi tersebut dapat saja berubah suatu saat sesuai dengan hasil kesepakatan anggota MakerDAO.

MKR sebagai Aset Investasi

Sumber: Coinmarketcap

Per 18 Mei 2023, MKR berada di harga 635 dolar AS dengan total volume perdagangan lebih dari 13 juta dolar AS dalam 24 jam. Maker berada di ranking ke-66 dengan jumlah market cap sebanyak 611.278.139 dolar AS.

Dalam hal pertumbuhan, Maker telah menunjukkan konsistensinya dan menjadi salah satu protokol DeFi terbesar dalam hal total nilai yang dikunci (TVL). Maker juga memiliki tim pengembang yang handal dan komunitas yang kuat. Kolaborasi dengan mitra besar seperti Coinbase dan Gemini telah membantu memperluas adopsi dan penggunaan DAI.

Sumber: Messari

Dikutip dari Messari, Maker menghasilkan lebih dari 6 juta dolar AS pendapatan bunga pada Q4 2022. Hal menariknya, pendapatan dari pinjaman RWA (real world asset) ini merupakan sebagian besar dari pendapatan kuartalan protokol. Pendapatan dari non-crypto ini diperoleh melalui badan hukum di luar jaringan blockchain, sehirevngga pendapatan ini tidak dihitung dalam beberapa metode yang mengukur pendapatan dalam jaringan.

Sumber: Dune
RWA (real world asset) pada Maker Protocol adalah aset dunia nyata yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh DAI. Beberapa contoh RWA adalah properti, trade finance, obligasi, dan lain-lain.

Pada kuartal keempat tahun 2022, Peg Stability Module (PSM) dalam Maker Protocol mencatat pendapatan lebih dari 1 juta dolar AS. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pendapatan tersebut adalah keputusan MakerDAO pada bulan Oktober 2022 yang menyetujui proposal dari Gemini. Dalam proposal tersebut, MakerDAO akan menerima bunga sebesar 1,25% dari GUSD (Gemini USD) yang disimpan dalam PSM. Namun, untuk memenuhi syarat mendapatkan bunga, saldo GUSD di akhir bulan harus melebihi 100 juta dolar AS. Pendapatan yang diperoleh dari PSM ini menunjukkan bahwa PSM menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi MakerDAO selain dari DAI.

PSM (Peg Stability Module) adalah modul dalam Maker Protocol yang berhubungan dengan DAI. PSM memungkinkan pertukaran antara DAI dan stablecoin lainnya, termasuk GUSD (Gemini Dollar) dan USDC dengan mudah dan cepat.

Baca juga Apa itu Stablecoin?

Roadmap Maker (MKR)

Sumber: MakerDAO

Pada Mei 2023, MakerDAO mengumumkan akan melakukan update sistem yang besar, dinamakan The Endgame Plan. Proyek ini diusulkan oleh founder Maker sendiri, Rune Christensen.

Ada lima fase roadmap yang diperkenalkan dalam penerapan update Endgame, yakni Peluncuran Beta, Peluncuran SubDAO, Peluncuran Governance AI Tools, Peluncuran Insentif Governance Participation, dan Peluncuran NewChain.

Beberapa fokus utama pada update tersebut meliputi pengenalan dua token baru yang menjadi versi upgrade DAI dan MKR, yakni ‚ÄúNewStable‚ÄĚ dan ‚ÄúNewGovToken‚ÄĚ. ‚ÄúNewGovToken‚ÄĚ nantinya akan memiliki akses token-gated ke Governance AI Tools dan Insentif Governance Participation. Kemudian, dalam bidang AI, Maker dengan Purpose Fund akan mendanai pengembangan model dan alat AI open-source yang gratis untuk membantu proyek yang berdampak sosial.

Baca juga Decentralized Artificial Intelligence: Penggabungan Blockchain dan AI.

Selain itu, MakerDAO akan meluncurkan ‚ÄúNewChain‚ÄĚ. Chain ini akan menggunakan hard fork sebagai mekanisme tata kelola. Ini bertujuan untuk mengatasi masalah tata kelola, memberikan tingkat keamanan tata kelola tingkat tinggi kepada pengguna dan protokol yang mengandalkan DAI dan ‚ÄúNewStable‚ÄĚ.

Roadmap MakerDAO ini bertujuan untuk menyediakan infrastruktur tata kelola yang aman dan fleksibel untuk masa depan DeFi. Sedangkan tujuan jangka pendeknya adalah untuk tumbuh menjadi proyek stablecoin terbesar dan paling banyak digunakan dalam waktu 3 tahun, dan memastikan bahwa pertumbuhannya berjalan pada ekonomi DAO yang otonom.

Kesimpulan

Investasi MKR dapat memberikan eksposur yang kuat terhadap pasar DeFi yang berkembang pesat. Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan kamu untuk melakukan riset mandiri (termasuk mengetahui tokenomik Maker), mempertimbangkan faktor risiko, dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan jika diperlukan. Maker menawarkan potensi pertumbuhan dan kestabilan dalam ekosistem DeFi, menjadikannya pilihan investasi menarik bagi mereka yang tertarik dengan pasar tersebut.

Cara Membeli Aset Crypto MKR di Pintu

Setelah mengetahui tokenomik Maker (MKR), kamu bisa mulai berinvestasi pada aset crypto MKR dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli MKR pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari MKR.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto MKR!

Selain MKR, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. John_TotalValue_Locke dan Peter Horton, State of Maker Q4 2022, Messari, diakses 18 Mei 2023.
  2. Chirag Mehta, Tokenomics 101: MakerDAO, Tokenomics DAO, diakses 18 Mei 2023.
  3. Rune, The 5 phases of Endgame, Forum MakerDAO, diakses 18 Mei 2023.
  4. Tristan Greene, MakerDAO publishes 5-phase roadmap featuring funding for open-source AI projects, Cointelegraph, diakses 18 Mei 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan