Apa itu Immutable X (IMX)?

Update 14 Dec 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Apa itu Immutable X (IMX)?
Reading Time: 8 minutes

Sebagian besar aplikasi DeFi, Web3 dan NFT dibangun di atas blockchain Ethereum. Banyaknya transaksi membuat jaringan Ethereum semakin padat sehingga menyebabkan sistem tersumbat dan membuat gas fee meningkat. Hal ini dikenal juga sebagai masalah skalabilitas di jaringan Ethereum.

Beberapa blockchain layer-2 kemudian berusaha mengatasi masalah tersebut, salah satunya Immutable X. Immutable X merupakan blockchain layer-2 pada Ethereum yang bekerja menggunakan teknologi ZK-Rollups. Teknologi ini membuat transaksi NFT di Ethereum menjadi gratis dan cepat. Untuk mengetahui apa itu Immutable X, apa saja keunggulannya dan bagaimana cara kerjanya, kamu bisa baca artikel berikut!

Ringkasan Artikel

  • ūüĒó¬†Immutable X adalah blockchain Layer-2 (L2) yang digunakan untuk meningkatkan skalabilitas pada jaringan Ethereum dan populer digunakan untuk proyek-proyek NFT dan Web3 game.
  • ‚ö°¬†Immutable X bekerja sama dengan StarkWare dalam menggunakan teknologi Zero-Knowledge (ZK) Rollups. Hal ini membuat skalabilitas lebih besar untuk minting dan trading NFT namun tetap memiliki keamanan blockchain Ethereum.
  • ūü™ô¬†IMX adalah token Immutable X yang memiliki fungsi sebagai alat pembayaran dalam protokol, imbalan staking, dan sebagai token tata kelola atau governance token.
  • ūü§Ě¬†Beberapa proyek dibangun dengan kerja sama Immutable X meliputi game Gods Unchained, Illuvium, Guild of Guardians, Wagmi, dan beberapa proyek lainnya.

Apa itu Immutable X (IMX)?

Apa itu Immutable X
Sumber: Immutable X

Apa itu Immutable X? Immutable X adalah blockchain layer-2 (L2) yang digunakan untuk meningkatkan skalabilitas pada jaringan Ethereum dan banyak digunakan untuk proyek-proyek NFT dan Web3 game. Immutable X menawarkan proses validasi transaksi yang cepat mencapai 9.000 transaksi per detik. Hal ini karena Immutable X menggunakan teknologi Zero-Knowledge (ZK) Rollups.

Pengguna juga dapat melakukan transaksi NFT tanpa biaya karena Immutable X menanggung semua biaya transaksi atau gas-fee. Dengan teknologinya, Immutable X dapat membayar biaya lebih murah dalam memasukan data transaksi ke blockchain Ethereum.

Pada awal tahun 2022, Immutable X mendapatkan pendanaan dari sejumlah institusi besar seperti Tamasek, Tencent, Animoca Brands, dan Arrington Capital. Selain itu, Immutable X juga gencar menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan. Salah satunya, kerja sama dengan GameStop dalam meluncurkan GameStop NFT Marketplace pada 1 November 2022 lalu.

Immutable X didirikan pada tahun 2018 oleh Alex Connolly dan kakak beradik, Robbie dan James Ferguson di Surry Hiils, Australia. Pada tahun 2020, Immutable bekerja sama dengan StarkWare, perusahaan software yang berfokus mengembangkan teknologi ZK-Rollups di blockchain Ethereum, untuk mengatasi masalah skalabilitas pada gaming blockchain.

Ekosistem Immutable X
Ekosistem Immutable X. Sumber: Coingeener

Cara Kerja Immutable X

Immutable X dibangun di atas StarkEx milik StarkWare, sebuah mesin skalabilitas layer-2, dalam menggunakan teknologi Zero-Knowledge (ZK) Rollups. Teknologi ini berfokus untuk menambah skalabilitas dengan tetap memiliki keamanan dari jaringan Ethereum.

Rollups adalah salah satu teknologi skalabilitas yang cukup efektif dalam jaringan Ethereum. Cara kerjanya di jaringan Immutable X yakni dengan mengumpulkan ribuan transaksi menjadi satu ZK-STARK proof. Kemudian, proof tersebut dikirim dan divalidasi ke blockchain layer-1 atau Ethereum dengan smart contract. Dengan ini, blockchain hanya perlu memproses proof tersebut dan hal tersebut meningkatkan kecepatan transaksi secara signifikan.

ZK-STARK merupakan singkatan dari Zero-Knowledge Scalable Transparent Arguments of Knowledge. Sebuah metode validasi untuk membuktikan kepemilikan data tanpa mengungkapkan informasi penting apapun.

Smart contract ZK-Rollups menyimpan semua detail transaksi di layer-2 sehingga blok divalidasi lebih cepat karena lebih sedikit data yang terlibat. Oleh karena itu, Immutable X dapat memproses perpindahan, perdagangan, dan minting 9.000 NFT per detik.

Tujuan utama platform Immutable X adalah untuk memudahkan para game developer dalam membuat Web3 game. Immutable X memberikan layanan berupa back-end, platform likuiditas, marketplace, dan pembuatan game yang menggunakan NFT.

Immutable X menggunakan REST API (Application Programming Interface) dan simple SDK (Software Development Kit). Kombinasi REST API dan SDK khusus buatan Immutable X dapat memfasilitasi para developer untuk membuat proyek NFT gaming lebih cepat yaitu dalam hitungan jam saja.

REST API dapat menyederhanakan interaksi blockchain yang rumit. Pengguna dapat mengirim dan membuat NFT melalui panggilan API tanpa berinteraksi dengan smart contract. Sementara SDK Immutable X memudahkan para developer dalam mengintegrasikan API dan wallet ke platform mereka. Dengan demikian, para developer dapat fokus pada desain game mereka. Tugas-tugas back-end sepenuhnya dikerjakan oleh Immutable X.

Back-end adalah sisi software server dari sebuah aplikasi atau website. Tugas-tugas back-end berfokus pada perancangan database, API, arsitektur, dan server.

Pelajari lebih lanjut tentang teknologi smart contract di artikel ini.

Keunikan Immutable X

  • Membangun Proyek NFT Gaming dengan Cepat

Sistem API dan SDK yang sederhana memberikan kemudahan bagi para developer dalam membuat game yang menggunakan NFT dengan cepat. Dengan demikian, Immutable X merupakan platform yang banyak diminati bagi para game developer.

  • Cepat dan Murah

Transaksi NFT gaming dapat dilakukan dengan cepat dan murah bahkan tanpa biaya. Hal ini karena Immutable X memang dibuat secara khusus untuk memfasilitasi pembuatan NFT gaming.

  • Trading NFT Secara Luas di Immutable Marketplace

Immutable X menerapkan global order book pada marketplace-nya. Oleh karena itu, jika kamu menjual NFT di salah satu marketplace Immutable X, maka secara otomatis NFT kamu juga akan muncul di semua marketplace yang berada di ekosistem Immutable X. Ini membuat NFT kamu memiliki eksposur yang lebih banyak untuk dilihat pengguna lain.

  • Pembayaran NFT yang Mudah

Wallet Immutable X telah terintegrasi dengan kartu kredit. Hal ini memberikan kemudahan bagi sebagian orang yang ingin membeli aset crypto tanpa menggunakan transaksi blockchain. Aset crypto yang dapat dibeli dengan kartu kredit meliputi ETH, IMX, GODS, dan USDC.

Baca juga: Apa itu NFT?

Tokenomics IMX

Setelah membahas tentang apa itu Immutable X, kini kita beralih ke pembahasan token utama IMX. IMX adalah token ERC-20 dalam protokol Immutable X. IMX dapat digunakan sebagai insentif atas kegiatan di dalam protokol yang diberikan kepada pengguna, pembuat NFT, dan developer. Dalam menerbitkan dan mendistribusikan token IMX, Immutable X bekerja sama dengan Digital Worlds NFTS Ltd.

Fungsi utama token IMX dalam protokol Immutable X adalah sebagai berikut:

  1. Biaya protokol: Immutable X membebankan biaya 2% kepada penggunanya (dalam hal ini adalah para developer) dalam bentuk IMX. Pengguna dapat langsung membayar dengan IMX. Jika pengguna membayar dengan ETH, sistem secara otomatis menukarnya dengan IMX.
  2. Staking: Kamu bisa melakukan staking langsung di protokol Immutable X untuk mendapatkan imbalan. Imbalan akan didistribusikan setiap bulan secara teratur. Kamu juga akan mendapatkan imbalan staking jika memiliki IMX, melakukan voting proposal dalam 30 hari terakhir, dan memiliki NFT di Immutable X.
  3. Tata kelola: Para pemegang token IMX dapat menentukan masa depan Immutable X dengan berpartisipasi dalam memilih kebijakan yang akan diterapkan. Mereka memiliki hak pilih atas proposal yang berkaitan dengan token IMX. Topik proposal mencakup perubahan alokasi jumlah token, perubahan suplai maksimal token, dan lain-lain.
Whitepaper Immutable X
Sumber: Whitepaper Immutable X

Token IMX memiliki suplai maksimal sebanyak 2 miliar token. Dari diagram di atas, setengah dari suplai maksimal token dialokasikan untuk pengembangan ekosistem yakni 51.74%. Pengembangan ekosistem meliputi imbalan pengguna, biaya marketing dan persediaan likuiditas.

Selanjutnya, Immutable X mengalokasikan 25% token IMX untuk pengembangan proyek protokol. Kemudian 14.26% token untuk private sale para investor. Sisanya, 5% untuk public sale dan 4% sebagai persediaan likuiditas khusus centralized dan decentralized exchanges.

Proyek yang Dibangun di Immutable X

Gods Unchained

Gods Unchained
Sumber: Gods Unchained

Gods Unchained adalah play-to-earn game yang menggabungkan permainan kartu dan NFT. Pemain dapat mulai bermain secara gratis dan mendapatkan beberapa kartu untuk dimainkan. Setiap kartu merupakan NFT yang dapat diperdagangkan. Untuk memenangkan pertandingan, pemain harus menerapkan strategi untuk mengurangi kesehatan karakter Dewa lawan.

Sejak Gods Unchained melakukan migrasi ke Immutable X pada Juni 2021, volume transaksi NFT Gods Unchained meningkat 1.5 kali lebih banyak dibandingkan ketika masih berada di jaringan utama Ethereum.

Illuvium

Illuvium
Sumber: Illuvium

Illuvium adalah permainan RPG (Role Playing Game) yang memberikan pemain pengalaman petualangan dan pertarungan otomatis di alam terbuka. Pemain dapat mengumpulkan monster penghuni dunia Illuvium, Illuvial, yang kemudian dapat dilatih dan diperdagangkan di marketplace.

Integrasi sistem game Illuvium dengan Immutable X membuat pemain dapat melakukan minting dan trading NFT di marketplace Illuvium tanpa biaya.

Game Illuvium dijadwalkan akan rilis di awal tahun 2023 dengan menampilkan grafis science fiction yang kaya dan audio visual yang menarik.

Baca juga: Apa itu Illuvium (ILV)?

Guild of Guardians

Guild of Guardians
Sumber: Guild of Guardians

Guild of Guardians adalah sebuah permainan multiplayer dan RPG berbasis blockchain. Pada game ini, pemain membangun sebuah tim berisi para Guardians yang kemudian bertarung dalam sebuah guild atau kelompok untuk mendapatkan imbalan.

Stepico Games merupakan developer game Guild of Guardians. Ia bekerja sama dengan Immutable X untuk meningkatkan skalabilitas dan user experience (UX). Mobile game ini rencananya akan segera rilis tahun 2023 dan tersedia versi android dan IOS.

IMX sebagai Investasi

IMX sebagai Investasi
Sumber: Coinmarketcap

Token IMX sempat mencapai harga tertinggi pada 26 November 2021 di harga 9.3 dolar AS. Setelah itu, pergerakan harga token IMX mengalami penurunan. Per 14 Desember 2022, IMX memiliki market cap sebesar 322.989.653 dolar AS dan berada di posisi 89 pada Coinmarketcap. Saat ini, harga token IMX berada di harga 0.4 dolar AS dengan volume perdagangan selama 24 jam sebesar 9.01 juta dolar AS.

Immutable X memiliki beberapa keunggulan menarik bagi para developer dan pengguna NFT. Dapat dilihat dari website resmi Immutable X, per 13 Desember 2022, NFT yang diperdagangkan di platform Immutable X mencapai lebih dari 9.6 juta NFT, dan NFT yang berhasil di-minting pada tahun ini sebanyak lebih dari 55 juta NFT tanpa gas-fee.

Selain itu, Immutable X juga aktif menjalin kerja sama dalam mengembangkan ekosistemnya. Pada September 2021 lalu, Immutable X dipercaya oleh salah satu media sosial terbesar, TikTok, untuk menerbitkan NFT TikTok Top Moment di marketplace NFT TikTok. Tak hanya itu, Immutable X juga menjalin kerja sama dengan beberapa nama besar seperti GameStop, Rarible, Nifty League, Immortal Game, Manticos, dan nama besar lainnya.

Keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya seperti proses transaksi NFT yang cepat, murah dan aman serta partnership yang aktif dilakukan oleh Immutable X, membuat token IMX menarik untuk diperhatikan.

Risiko Immutable X

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa proyek blockchain berusaha mengatasi permasalahan skalabilitas dan tingginya gas fee pada blockchain Ethereum, di antaranya adalah Polygon, Zilliqa, Optimism, Celer Network dan lain-lain. Immutable X harus bersaing dengan mereka yang sudah lebih dikenal dalam mengembangkan ekosistemnya. Saat ini hanya masalah waktu dan banyaknya pengguna yang memutuskan siapa yang akan memenangkan persaingan tersebut.

Kemudian seperti proyek crypto lainnya, Immutable X memiliki volatilitas harga yang tinggi. Oleh karena itu, kamu harus melakukan riset lebih lanjut dan mempertimbangkan keuntungan dan risikonya sebelum membeli token IMX.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi dalam Aset Kripto

Cara Membeli IMX di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Immutable X, kamu bisa mulai berinvestasi pada token IMX dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli IMX pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token IMX.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token IMX!

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Immutable X Team, Immutable X Whitepaper, Immutable X, diakses 22 November 2022
  2. Ayushi Abrol, What Is Immutable X (IMX)? Explained, Blockchain Council, diakses 23 November 2022
  3. Ayotomiwa Oladotun, What Is Immutable X?, Beincrypto, diakses 23 November 2022
  4. Messari Team, Overview & History of Immutable X, Messari, diakses 23 November 2022
  5. Charlie Butler, What is Immutable X? The Gaming Blockchain, DappRadar, diakses 23 November 2022
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan