Pintu Blog
/
Investasi 101
/
Analisis SWOT Investasi Saham, Emas, Properti, dan Cryptocurrency

Analisis SWOT Investasi Saham, Emas, Properti, dan Cryptocurrency

September 3, 2021
Combined Shape 2
4 Menit
Bagikan
Gambar Analisis SWOT Investasi Saham, Emas, Properti, dan Cryptocurrency
Reading Time: 4 minutes

Dalam bisnis dan manajemen, analisis SWOT adalah konsep dasar yang harus dipahami oleh semua orang. Selain itu, analisis SWOT juga sangat bermanfaat untuk menentukan instrumen investasi yang tepat buat kamu, lho! Artikel ini akan menjelaskan tentang analisis SWOT dalam berbagai instrumen investasi seperti saham, emas, properti hingga crypto.

Apa itu Analisis SWOT?

manfaat analisis swot adalah

SWOT adalah singkatan dari strength (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threats (ancaman). Konsep ini merupakan sebuah kerangka pemikiran yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif sebuah perusahaan dengan melibatkan penilaian faktor-faktor internal dan eksternal, serta peluang di masa depan dan yang ada saat ini.

Fungsi analisis SWOT tidak terbatas hanya pada perusahaan atau organisasi saja, tetapi juga bisa digunakan dalam pembuatan keputusan untuk hal-hal lainnya, seperti investor yang ingin membuat keputusan terkait dengan investasi mereka.

Manfaat Analisis SWOT Bagi Investor

analisis swot investasi saham

Manfaat analisis SWOT adalah untuk memberikan gambaran yang menyeluruh tentang keuntungan dan risiko dalam setiap situasi untuk menghasilkan keputusan yang tepat. Hal ini tentu saja sangat penting bagi investor yang harus bergelut dengan berbagai macam risiko setiap harinya.

Dengan menggunakan analisis SWOT, investor dapat menentukan apakah mereka ingin melanjutkan investasi mereka atau mengubah strategi investasi untuk mencapai keuntungan yang lebih maksimal.

Analisis SWOT dapat membantu investor menentukan instrumen investasi yang tepat, memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki, melakukan mitigasi risiko, serta mengambil kesempatan atas peluang yang ada.

Baca juga: 5 Contoh Portofolio Investasi dari Investor Sukses Dunia

Analisis SWOT Investasi Saham

Investasi saham memang menawarkan return yang cukup menjanjikan, namun tentunya juga ada risiko yang menanti. Kimberly Amadeo dari The Balance memaparkan beberapa kekuatan dan kelemahan dari investasi saham.

S (Strength)

Saham relatif akan bertumbuh bersama dengan perekonomian dan tidak terlalu terdampak oleh inflasi. Selain itu, saham juga mudah diperjualbelikan.

W (Weakness)

Kelemahan investasi saham antara lain adalah membutuhkan waktu yang lama untuk riset saham yang tepat, serta merupakan jenis investasi sangat menguras emosi apabila terpengaruh FUD dan FOMO.

O (Opportunities)

Adanya volatilitas pasar saham bisa menjadi keuntungan karena investor dapat membeli saat harga anjlok dan menjualnya ketika harga meroket (buy low, sell high) untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

T (Threats)

Kemungkinan terjadinya market correction, market crash, dan bear market yang harus diwaspadai baik-baik oleh investor.

Analisis SWOT Investasi Emas

analisis swot investasi emas

Belakangan ini, semakin banyak orang yang memilih emas untuk diversifikasi aset investasi, terlebih dengan adanya emas digital yang sangat mudah untuk diperjualbelikan. Menurut situs Invest It In, Ini dia kelebihan, kekurangan, kesempatan hingga ancaman yang mungkin terjadi pada investasi emas.

S (Strength)

Emas adalah aset yang relatif aman karena nilainya terus naik dan mudah didapatkan.

W (Weakness)

Menyimpan emas secara fisik membutuhkan biaya, apalagi dalam jumlah besar. Selain itu, emas juga berpotensi untuk dicuri dan tidak dapat dibungakan.

O (Opportunities)

Permintaan akan emas semakin meningkat. Harga emas juga berkaitan dengan harga minyak yang banyak digunakan untuk penambangan emas. Jika harga minyak naik, maka harga emas juga akan naik.

T (Threats)

Ketika pemerintahan yang memiliki banyak cadangan emas memutuskan untuk menjual emas mereka, maka harga emas bisa mengalami penurunan drastis.

Analisis SWOT Investasi Properti

Properti juga menjadi salah satu bidang investasi yang menjanjikan saat ini. Rotimi Akinlose, konsultan riset properti memaparkan analisis SWOT di bidang properti sebagai berikut.

S (Strength)

Nilainya semakin meningkat seiring berjalannya waktu, terlindung dari risiko inflasi, serta menjadi jenis agunan yang disetujui oleh lembaga keuangan.

W (Weakness)

Likuiditas sangat rendah, membutuhkan modal investasi yang besar, dan hak kepemilikan yang tidak dapat dipindahtangankan dengan mudah.

O (Opportunities)

Jumlah permintaan global akan properti sangatlah besar, serta terdapat potensi diversifikasi ke sektor lainnya misalnya sebagai kos-kosan atau kontrakan.

T (Threats)

Kesulitan di bidang ekonomi, seperti resesi akan mempengaruhi jumlah permintaan terhadap properti. Selain itu, ancaman lain adalah adanya persaingan dengan instrumen investasi lain seperti saham dan surat berharga.

Analisis SWOT Investasi Crypto

analisis swot investasi crypto

Crypto menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat diminati saat ini. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor aset crypto pun telah mencapai 6,5 juta orang. Sebuah studi yang dilakukan oleh mahasiswa Bournemouth University di Inggris melakukan analisis SWOT secara menyeluruh terhadap cryptocurrency dan bitcoin.

S (Strength)

Bitcoin tidak dapat dilipatgandakan karena persediaan jumlah bitcoin yang dibatasi hanya 21 juta BTC. Hal inilah yang membuat bitcoin bernilai. Bitcoin memberi kesempatan bagi orang-orang yang tidak dapat mengakses layanan perbankan untuk melakukan berbagai transaksi. Hanya dengan menggunakan ponsel saja, semua orang dapat melakukan transaksi jual beli crypto.

W (Weakness)

Blockchain dapat diakses oleh end-user dari berbagai dunia, sehingga tidak luput dari ancaman serangan siber.

O (Opportunities)

Regulasi terhadap bitcoin dan crypto sudah semakin jelas. Di Indonesia, peraturan mengenai perdagangan aset crypto pun telah diatur dalam Perba Nomor 3 Tahun 2020.

T (Threats)

Fluktuasi harga adalah sumber keraguan terbesar bagi para investor terhadap  aset crypto seperti bitcoin.

Tidak ada satu pun instrumen investasi yang terbebas dari kelemahan dan ancaman, termasuk investasi di bidang crypto. Namun hal tersebut tidak menghalangi banyaknya investor yang melakukan jual beli crypto.

Per Mei 2021 lalu pun, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang, lebih tinggi dibandingkan investor pasar modal pada periode yang sama.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk melakukan jual beli crypto secara mudah, download aplikasi Pintu sekarang! Investasi dan trading crypto bisa dimulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bert Markgraf, Investment and SWOT Analysis. Diakses pada 24-08-2021.

InvestItIn, SWOT Analysis Of Gold Investments. Diakses pada 24-08-2021.

Kimberly Amadeo, Pros and Cons of Investing in Stocks. Diakses pada 31-08-2021.

Robert Farrington, How You Can Use SWOT Analysis for Choosing Investments. Diakses pada 24-08-2021.

Rotimi Akinlose, SWOT Analysis of Real Estate Sector. Diakses pada 24-08-2021.

Vinita Rajput, The SWOT Analysis of Crypto-currency and Bitcoin. Diakses pada 24-08-2021.

Will Kenton, Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) Analysis. Diakses pada 24-08-2021.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.