Apa Itu Selfie NFT dan Contohnya?

Updated
June 16, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Apa Itu Selfie NFT dan Contohnya?
Reading Time: 5 minutes

Belakangan ini, non-fungible token (NFT) menjadi salah satu fenomena yang booming di kalangan masyarakat. Munculnya selfie NFT menjadi salah satu fenomena unik yang mulai banyak diikuti oleh kreator maupun kolektor NFT. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang apa itu selfie NFT dan contohnya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Selfie NFT?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai selfie NFT, mungkin ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang NFT. Baca selengkapnya mengenai apa itu NFT?

Selfie NFT adalah salah satu fenomena sekaligus tren baru yang muncul pada beberapa marketplace NFT, di mana kreator membuat NFT yang merupakan foto selfie dari mereka masing-masing. Fenomena ini semakin muncul dan berkembang setelah beredarnya kabar tokoh-tokoh yang sukses dengan menjual karya NFT jenis tersebut.

Baca juga: 20+ NFT Termahal di Dunia, Capai Miliaran!

Mengapa Selfie NFT Itu Unik?

Jika kamu sering menjelajahi berbagai platform berbasis NFT seperti OpenSea, maka kamu akan menyadari bahwa sebagian besar jenis karya seni yang diunggah oleh para kreator adalah karya seni digital yang unik dan melibatkan begitu banyak effort pada proses pembuatannya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab sebagian besar konten yang diunggah pada platform NFT berbentuk lukisan digital dengan kepemilikan tunggal. Konten tersebut memang unik, karena merupakan hasil karya seseorang yang dicetak secara terbatas sehingga tak heran jika nilai jualnya pun menjadi tinggi.

Lantas, mengapa selfie NFT bisa dikatakan sesuatu yang unik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa faktor yang menentukan keunikan sebuah NFT sekaligus harganya.

Kelangkaan (rarity)

Hal pertama yang menjadikan selfie NFT unik berkaitan dengan kelangkaan (rarity). Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, sebagian besar konten yang diunggah pada platform NFT berbentuk lukisan digital, cuplikan video, GIF, maupun meme.

Saking jarangnya konten selfie yang diunggah di platform berbasis NFT, kamu akan kesulitan untuk mencarinya menggunakan mesin pencari. Bahkan sekalipun kamu menjelajah platform berbasis NFT, tentu kamu hanya akan dapat menemukan beberapa kreator saja yang mengunggah konten selfien NFT.

Hal tersebut membuktikan bahwa selfie NFT adalah konten yang tergolong langka. Sebagaimana prinsip NFT menyatakan bahwa konten yang langka adalah konten dengan nilai jual yang tinggi, demikian pula selfie NFT ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Rarity Tools NFT, Cara Mengecek Kelangkaan NFT

Kepemilikan Tunggal

Kedua, masalah kepemilikan tunggal. Kepemilikan tunggal ini memiliki peranan yang penting dalam menentukan nilai jual suatu karya yang diunggah pada platform berbasis NFT. Semakin sedikit dan terbatas kepemilikan suatu aset digital, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

Nah, karena konten selfie umumnya dimiliki oleh satu orang – yakni orang yang mengambil foto selfie tersebut – maka secara otomatis konten selfie ini memiliki kepemilikan tunggal dan terbatas. Hal ini pula yang menjadikan konten selfie yang diunggah pada platform berbasis NFT memiliki nilai jual tinggi.

Daya Beli Konsumen

Nilai jual aset digital yang diunggah melalui platform berbasis NFT juga bergantung pada seberapa besar daya beli konsumen atau seberapa besar konsumen bersedia mengeluarkan uang untuk membeli aset digital tersebut.

Semakin tinggi daya beli konsumen atau dalam kasus ini, kolektor karya seni digital, maka semakin tinggi pula nilai jualnya. Apabila kolektor menilai konten selfie yang kamu unggah cukup berarti sampai mereka bersedia mengeluarkan sejumlah uang, maka konten selfie tersebut bisa dikatakan memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Lengkap, Cara Menjual NFT di OpenSea Secara Mudah!

Contoh Selfie NFT

Lantas, siapa saja sih konten kreator yang mengunggah foto selfie mereka ke platform berbasis NFT? Berikut ini adalah beberapa contoh selfie NFT, antara lain:

Ghozali Everyday

gambar nft ghozali everyday
(opensea.io)

Nama Ghozali Everyday seakan tak berhenti menjadi bahan perbincangan dan headline berita semenjak hasil foto selfie yang ia kumpulkan selama bertahun-tahun terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Jika diperhatikan, selfie NFT yang diunggah oleh pemilik username Ghozali Everyday ini adalah jenis selfie yang diambil dan dikumpulkan selama kurang lebih 5 tahun dengan ekspresi wajah, lokasi, dan pose yang relatif mirip satu sama lain. Kendati demikian, selfie NFT ini terbukti memiliki nilai jual yang tinggi lantaran dianggap menarik oleh kolektor.

IreneDAO

nft irenedao
(opensea.io)

Adapula koleksi IreneDAO yang terdiri dari 1.107 NFT dengan harga termurah berada di angka 0,94 ETH atau setara dengan US3.000 per Januari 2022 lalu. Sementara itu, keseluruhan koleksinya bahkan memiliki total volume trading sebesar 2.300 ETH atau setara dengan US7,5 juta.

NFT tersebut dibuat oleh Zhao yang berasal dari Jiangxi, China. Awalnya, gambar-gambar NFT tersebut hanya merupakan kumpulan stiker di Telegram. Namun, salah seorang fans Zhao menyarankan untuk mengubah gambar tersebut menjadi NFT. Saran tersebut diberikan setelah fans bersangkutan melihat kesuksesan Ghozali yang menjual NFT selfie miliknya.

Beberapa nama besar seperti Mike Novogratz (CEO Galaxy Digital) dan Logan Paul (Youtuber) bahkan telah ikut membeli proyek IreneDAO.

Syahrini

nft syahrini
(market.bisnis.com)

Selain nama Ghozali Everyday yang booming, ada pula nama artis sekaligus penyanyi asal Indonesia yang masuk ke dalam kategori selfie NFT yakni Syahrini. Koleksi Syahrini ini merupakan hasil kerjasama dengan NFT Kings Pro dan PT. Anak Gaul Jaksel.

Berbeda dari Ghozali yang benar-benar mengunggah foto selfie tanpa editan apapun, foto selfie yang dan diunggah ke platform OpenSea oleh Syahrini adalah foto selfie berbentuk avatar dirinya. Bahkan avatar tersebut sempat diklaim sebagai avatar berhijab pertama yang pernah ada.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu selfie NFT dan contoh selfie NFT yang beredar di luar sana. Cukup menarik, bukan?

Selain NFT, baru-baru ini, masyarakat Indonesia juga semakin tertarik dengan investasi crypto. Terbukti, per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang. Buat kamu yang tertarik memulai investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi trading crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho! Terdapat puluhan aset crypto yang tersedia mulai dari bitcoin, ETH, dan aset-aset lainnya untuk kamu investasikan.

Referensi:

Arijit Sarkar, An Indonesian 22-year-old makes $1M by selling NFT selfies on OpenSea. Diakses tanggal: 07-04-2022.

Fabionodari Photo, Earn money by selling photos and videos as NFT (Non-Fungible Tokens): is it possible? Diakses tanggal: 07-04-2022.

Farah Nabilla, 8 Avatar Syahrini yang Jadi NFT Berhijab Pertama di Dunia, Ludes Terjual! Diakses tanggal: 07-04-2022.

Zi Shan Kow, S’pore-based influencer Irene Zhao’s photos generate S$7.5 million in 10 days as NFTs. Diakses tanggal: 07-04-2022.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->