Pengaruh Current Ratio Terhadap Harga Saham, ROA, ROE

Updated
June 23, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengaruh Current Ratio Terhadap Harga Saham, ROA, ROE
Reading Time: 3 minutes

Sebelumnya, telah dibahas mengenai pengertian, rumus, dan cara menghitung current ratio. Dalam artikel kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai pengaruh current ratio terhadap harga saham, ROE, ROA, dan metriks-metriks penting lainnya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengaruh Current Ratio Terhadap Harga Saham

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Reza Risyaldi, dkk. (2019), tinggi rendahnya nilai current ratio akan berpengaruh terhadap harga saham. Hasil ini juga didukung oleh Brigham dan Houston (2010) yang menjelaskan bahwa hal tersebut dapat ditinjau dari posisi pemberian pinjaman.

Semakin baik nilai current ratio, maka akan semakin banyak investor yang berniat untuk melakukan investasi serta semakin banyak pula pihak kreditur yang bersedia meminjamkan dananya pada perusahaan tersebut. Di tengah situasi seperti itu, wajar apabila terjadi kenaikan harga saham perusahaan.

Pengaruh Current Ratio Terhadap Return on Asset (ROA)

pengaruh current ratio terhadap roa

Return on Asset (ROA) merupakan salah satu jenis rasio profitabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan keseluruhan aset yang dimiliki untuk memperoleh laba bersih (Sudana, 2011). Rasio ini biasanya digunakan oleh pihak manajemen perusahaan dalam menilai efektivitas dan efisiensi kinerja keuangan.

Horne dan John (2009) menyatakan bahwa current ratio berbanding terbalik terhadap return on asset. Hal ini dikarenakan current ratio merupakan rasio yang menekankan pada pentingnya pendanaan melalui utang jangka pendek. Kendati demikian, belum ada riset lebih lanjut yang menunjukkan pengaruh current ratio terhadap return on asset.

Baca juga: Bagaimana Perbedaan dan Rumus Menghitung ROA, ROI, dan ROE?

Pengaruh Current Ratio Terhadap Nilai Perusahaan

Nilai perusahaan merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh investor dalam membuat keputusan investasi. Nilai perusahaan tercermin melalui price to book value ratio yang membandingkan antara nilai perusahaan menurut pasar dengan nilai bukunya. Nilai buku perusahaan dapat dihitung dengan mengurangkan total aset yang dimiliki perusahaan dengan total kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, current ratio berpengaruh terhadap harga saham suatu perusahaan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi current ratio suatu perusahaan, maka akan semakin baik pula nilai perusahaan menurut pasar.

Pengaruh Current Ratio Terhadap Return on Equity (ROE)

Return on equity (ROE) merupakan salah satu rasio profitabilitas yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam mengelola modal yang dimiliki oleh perusahaan. Rasio ini dihitung dengan cara membagi laba setelah pajak dengan total ekuitas perusahaan.

Penelitian Henda (2017) menunjukkan bahwa current ratio berbanding terbalik dengan rasio profitabilitas, dalam hal ini return on equity (ROE). Hal ini berarti semakin tinggi current ratio, maka nilai ROE akan mengalami penurunan.

Pengaruh Current Ratio Terhadap Pertumbuhan Laba

pengaruh current ratio terhadap pertumbuhan laba

Pertumbuhan laba dapat didefinisikan sebagai kenaikan laba atau profit yang diperoleh perusahaan. Hasil penelitian Reza Risyaldi dkk dari Universitas Islam Bandung yang dipublikasikan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan laba belum tentu digunakan oleh perusahaan untuk melunasi kewajiban lancar yang dimiliki perusahaan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, cara menghitung hingga rumus current ratio.

Bagi investor, current ratio adalah informasi penting yang membantu mereka untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi, terutama untuk instrumen investasi saham.

Belakangan ini, investasi kripto sedang menarik minat masyarakat luas. Kini, kamu bisa memiliki aset kripto pertamamu di Pintu, platform jual beli kripto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa berinvestasi dan trading kripto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Henda Hendawati, ANALISIS CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSET TURN OVER TERHADAP RETURN ON EQUITY. Diakses tanggal 20-02-2022.

Nurul Luviah, PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019. Diakses tanggal 20-02-2022.

Putri Utami dan Welas, PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSET, TOTAL ASSET TURNOVER DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Diakses tanggal 20-02-2022.

Sri Wahyuni, PENGARUH CURRENT RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA PERUSAHAAN MAKAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2017. Diakses tanggal 20-02-2022.

Yansen Siahaan dkk, PENGARUH CURRENT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA. Diakses tanggal 20-02-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->