25 NFT Termahal di Dunia 2023, Harganya Triliunan!

Updated
March 20, 2024
• Waktu baca 7 Menit
Gambar 25 NFT Termahal di Dunia 2023, Harganya Triliunan!
Reading Time: 7 minutes

Di awal tahun 2023 ini , penjualan NFT berhasil melonjak hingga 41% dibandingkan akhir tahun lalu. Sebelumnya, selebritas dunia seperti Steve Aoki, Shawn Mendes, Eminem hingga pebisnis terkenal seperti Jack Dorsey, CEO Twitter pun ikut serta dalam tren ini. Wajar saja, melihat harga NFT bisa mencapai miliaran rupiah di tangan kolektor-kolektor NFT. Jika tidak percaya, cek daftar 25 NFT termahal di dunia di bawah ini!

25. CryptoPunk #6965

Gambar NFT Cryptopunk #6965
Sumber: LarvaLabs.com

Posisi ke 25 diisi oleh CryptoPunk #6965. CryptoPunk adalah kumpulan 10.000 karakter digital yang dikembangkan oleh Matt Hall dan John Watkinson dari Studio Larva Labs. CryptoPunk #6965 yang dirilis di blockchain Ethereum ini berhasil terjual dengan harga $1,54 juta atau setara dengan Rp21,9 miliar.

Baca juga: Apa itu NFT Sebenarnya? Yakin Kamu Sudah Tau?

24. Kevin Mc Coy – Quantum

Gambar Kevin McCoy NFT Quantum
Sumber: news.artnet.com

Quantum adalah NFT pertama yang pernah dicetak dan dipublikasikan di blockchain. Diluncurkan pada acara Rhizome’s Seven on Seven Conference di tahun 2014, Quantum berhasil terjual seharga $1,58 juta.

23. XCOPY – Death Drip

Gambar XCOPY NFT art Death Drip
Sumber: inf.news

Death Drip adalah NFT ke-14 yang dicetak pionir seni crypto yang berbasis di London, XCOPY. Dikategorikan sebagai Super Rare, karya ini adalah salah satu NFT termahal di dunia yang dihargai $1,58 juta.

22. The Best I Could Do

Gambar The Best I Could Do NFT
Sumber: niftygateway.com

Karya ini menampilkan coretan karakter yang dikembangkan oleh co-creator serial kartun modern “Rick and Morty”, Justin Roiland. Karya ini berhasil terjual seharga $1,65 juta.

21. Meebit NFT

NFT Termahal di Dunia

Meebit #10761 merupakan salah satu koleksi termahal Voxel 3D. Voxel 3D menampilkan lebih dari 20.000 koleksi NFT. Meebit #10761 berhasil terjual dengan harga $2,7 juta dolar atau setara dengan Rp40,4 miliar (kurs $1 = Rp14.972).

20. The First Tweet

Gambar The First Tweet NFT Jack Dorsey
Sumber: Twitter

Token NFT dari tweet pertama CEO Twitter, Jack Dorsey berhasil dilelang pada Maret 2021 dengan harga $2,9 juta. Dorsey mengungkapkan bahwa semuanya tersebut akan dikonversikan ke bitcoin dan didonasikan ke GiveDirectly, yayasan yang berfokus membantu orang-orang yang kurang mampu.

Baca juga: Apa itu Flip NFT? Cara Mendapatkan Profit Lewat NFT!

19. Fidenza #313

Gambar NFT Fidenza #313
Sumber: Decrypt

NFT Fidenza oleh Tyler Hobbs berhasil terjual seharga 1.000 ETH atau setara dengan $3,3 juta. NFT Fidenza sendiri merupakan koleksi dari Art Blocks yang telah berhasil mengumpulkan trading volume sebesar $294 juta pada bulan Agustus lalu.

18. Doge

Gambar doge NFT art
Sumber: artrights.me

Doge, sebuah gambar Shiba Inu yang telah menjadi salah satu meme paling ikonik di internet juga telah berhasil dilelang dalam bentuk NFT dengan nilai $4 juta pada awal Juni lalu.

17. Replicator

Gambar Replicator NFT Mad Dog Jones
Sumber: news.artnet.com

Karya seni digital oleh Micah “Mad Dog Jones” Bowbak ini terjual di pelelangan pada April 2021 lalu dengan harga $4,1 juta.

16. CryptoPunk #2338

cara dapat untung dari crypto

Karakter ini adalah satu dari empat koleksi Zombie Punk yang memiliki atribut mohawk tipis. Harga NFT untuk CryptoPunk #2338 adalah sebesar $4,4 juta.

15. Save Thousands of Lives

Gambar NFT Save Thousands of Lives opensea
Sumber: Decrypt.co

Nyatanya, NFT juga telah banyak digunakan untuk tujuan kebaikan. Noora Health menciptakan Save Thousands of Lives dengan tujuan untuk mengumpulkan dana yang bisa membantu para ibu baru dan bayi-bayi di Asia Selatan. NFT ini berhasil terjual senilai 1.337 ETH atau setara dengan $5,1 juta pada saat itu.

Baca juga: Ini Daftar 10 NFT Viral di Indonesia, Bukan Cuma Ghozali!

14. Stay Free

Gambar NFT Stay Free Edward Snowden
Sumber: Decrypt.co

Edward Snowden melelang karyanya ini di NFT Marketplace Foundation seharga $5,27 juta. Ia mendonasikan penjualannya ke Freedom of the Press Foundation, organisasi nirlaba yang mengadvokasi kebebasan berbicara, pers dan jurnalisme kepentingan publik.

13. CryptoPunk #7252

Gambar NFT Cryptopunk #7252
Sumber: LarvaLabs.com

CryptoPunk #7252 adalah karakter dari seri Zombie Punk yang berhasil dijual oleh pemilik terakhirnya seharga $5,3 juta pada awal Agustus lalu.

12. World Wide Web Source Code

Gambar NFT world wide web source code
Sumber: Decrypt.co

Representasi artistik dari kode program WWW milik Berners-Lee berhasil dijual seharga $5,43 juta dalam sebuah lelang di Sotheby’s.

11. CryptoPunk #5217

Gambar NFT Cryptopunk #5217
Sumber: LarvaLabs.com

Merupakan salah satu karakter dari koleksi 24 Ape Punk yang dihargai sebesar $5,44 juta. Karakter ini memiliki aksesori topi rajut oranye dan kalung rantai emas.

10. Ocean Front

Gambar NFT Ocean front Beeple
Sumber: Decrypt.co

Karya Beeple yang bertajuk Ocean Front ini dibeli Justin Sun dengan harga $6 juta. Keuntungan lelang tersebut disumbangkan melalui Open Earth Foundation, organisasi non-profit yang berfokus pada isu lingkungan dan perubahan iklim

9. Crossroad

Gambar Crossroads NFT art
Sumber: screenrant.com

Crossroad adalah NFT karya Beeple yang menyiratkan pesan berupa respon terhadap hasil pemilu presiden pada tahun 2020. Dilelang pada Oktober 2020, karya NFT ini berhasil terjual seharga $6,66 juta.

8. Ringer #109

NFT Termahal di Dunia
Sumber: Vasiota

Ringer #109 merupakan salah satu koleksi NFT Art Blocks. Koleksi ini berhasil terjual dengan harga yang tergolong tinggi yakni 2.100 ETH atau $7,12 juta yang setara dengan Rp106.606.336.000 (kurs $1 = Rp14.972) pada Oktober 2021. Hingga artikel ini diterbitkan, koleksi NFT Ringer #109 termasuk dalam penjualan tertinggi untuk penjualan Art Blocks.

7. CryptoPunk #3100

Gambar NFT Cryptopunk #3100
Sumber: LarvaLabs.com

CryptoPunk #3100 adalah salah satu karakter dari koleksi 9 Alien Punk yang memiliki aksesori berupa ikat kepala berwarna biru putih. Karya ini dijual seharga 4200 ETH atau setara dengan $7,51 juta pada saat itu.

6. CryptoPunk #7804

Gambar NFT Cryptopunk #7804
Sumber: LarvaLabs.com

Maret lalu, karya ini dibeli oleh Dylan Field, CEO perusahaan perangkat lunak desain Figma, dengan harga $7,56 juta. Ia tertarik untuk membeli karakter ini karena menjadi satu-satunya karakter yang memiliki aksesori pipa dan topi depan.

Baca juga: 5 Cara Dapat NFT Secara Mudah, Bisa Gratis!

5. CryptoPunk #7523

Gambar NFT Cryptopunk #7523
Sumber: LarvaLabs.com

Shalom Meckenzie membeli CryptoPunk #7523 dalam lelang “Native Digital” seharga $11,8 juta. Ia sangat menginginkan karakter ini karena dinilai sebagai karakter paling langka yang menyimbolkan COVID dan mempopulerkan NFT.

4. Human One

NFT Termahal di Dunia
Sumber: Hypebeast

Siapa yang tak kenal Beeple? Beeple merupakan seniman yang sangat aktif di dunia NFT. ia telah meluncurkan banyak karya dan berhasil terjual dengan harga yang fantastis, salah satunya adalah NFT Human One. NFT ini berhasil terjual dengan harga $28,9 juta yang setara dengan Rp432 miliar (kurs $1 = Rp14.954).

Dengan harga yang fantastis, berikut beberapa cara mendapatkan uang dari NFT yang banyak dilakukan orang-orang.

3. CLOCK

nft the clock kontroversial
Sumber: cryptonews.com

Asal usul NFT yang satu ini tergolong unik. CLOCK dibuat sebagai sarana pengumpulan dana untuk membela Julian Assange yang secara kontroversial dipenjara pada Mei 2019.

Kala itu, Assange dituduh melakukan spionase terhadap pemerintah AS melalui WikiLeaks, website yang ia dirikan. CLOCK sendiri dinilai seharga $56 juta atau sekitar Rp830 miliar (kurs 14.831). NFT ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu berwujud tulisan yang menunjukkan jumlah hari Assange berada di dalam penjara. Pencipta NFT ini adalah seniman anonim yang menyebut dirinya sebagai Pak.

2. Everydays: The First 5000 Days

Gambar beeple everydays – the first 5000 days NFT
Sumber: news.artnet.com

Berikutnya, terdapat karya NFT dari Mike Beeple Winkelmann. Karya seni Everydays: The First 5000 Days yang dijual di rumah lelang Christie ini dibeli oleh Vignesh “Metakovan” Sundaresan dengan harga $69,3 juta atau setara dengan Rp1 triliun (kurs Rp14.529). Karya ini adalah kompilasi besar Beeple yang dikerjakan setiap harinya sejak Mei 2007.

1. The Merge

nft termahal di dunia 2022
Sumber: miro.medium.com

Di posisi pertama, NFT termahal dunia per tahun 2023 adalah The Merge karya Pak. NFT ini dibanderol dengan harga $91.8 juta atau sekitar Rp1,36 triliun (kurs Rp14.831).

The Merge terjual di platform Nifty Gateway kepada lebih dari 28 ribu kolektor. The Merge adalah NFT yang terdiri dari 3 lingkaran besar berwarna putih dengan background berwarna hitam gelap. Semakin banyak pembeli NFT tersebut, maka semakin bertambah pula “massa” lingkaran tersebut.

Penutup

Nah, itu dia daftar 25 NFT termahal di dunia yang pernah terjual hingga saat ini. Siapa yang menyangka bahwa gambar yang terlihat sederhana bisa terjual hingga miliaran rupiah, bukan? Salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk memulai perjalanan investasi NFT adalah dengan memiliki Web3 wallet untuk melakukan transaksi NFT.

Pintu Web3 membuka peluang yang lebih luas dalam transaksi aset NFT, di mana teknologi blockchain dan smart contract menjadi fondasi utamanya. Pintu Web3 wallet memungkinkan transaksi crypto dan NFT yang lebih aman, transparan, dan tanpa perantara, memberikan kekuatan lebih besar kepada para kreator dan kolektor dalam mengendalikan aset mereka.

Buat kamu yang tertarik untuk masuk ke dunia crypto dan NFT namun tidak tahu harus mulai dari mana, download aplikasi Pintu sekarang. Di Pintu, kamu bisa melakukan jual beli crypto serta memanfaatkan berbagai fitur yang cocok bagi investor dan trader crypto pemula, di antaranya:

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->