Apa itu Bullish dan Bearish Divergence dalam Trading Crypto?

Updated
October 13, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Bullish dan Bearish Divergence dalam Trading Crypto?
Reading Time: 3 minutes

Bullish dan bearish divergence adalah pola yang bisa menunjukan indikasi harga di masa depan. Bagi para investor, pola divergence dapat membantu mereka untuk mengidentifikasi kapan tren positif atau negatif akan berlanjut dan kapan tren akan berubah ke arah yang berlawanan. Simak informasi lengkap mengenai bullish dan bearish divergence dalam dunia trading crypto berikut ini!

Baca juga: Cara Membaca Candlestick Crypto Secara Mudah

Apa Itu Divergence dalam Dunia Trading?

Dalam dunia trading, divergence adalah kondisi di mana harga suatu aset bergerak ke arah yang berlawanan dengan indikator teknis, misalnya seperti osilator. Divergence dianggap sebagai peringatan bahwa harga yang ada saat ini mungkin melemah, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan perubahan arah harga.

Divergence terbagi menjadi dua macam, yaitu divergence positif dan divergence negatif. Divergence positif memberikan sinyal bahwa harga aset segera melonjak lebih tinggi atau bullish, sementara divergence negatif mengindikasikan harga aset akan anjlok atau bearish.

Apa itu Bullish Divergence?

Bullish divergence adalah kondisi di mana terjadi harga terendah baru, namun indikator belum mencapai titik terendah baru. Hal ini mengindikasikan tren yang lemah dan bersiap untuk reversal atau berbalik. Pada saat bullish divergence, harga berada pada titik lower low sedangkan indikator berada di posisi higher low.

Selain itu, bullish divergence juga dapat menjadi sinyal bear sudah semakin melemah. Artinya, ini adalah peringatan bahwa laju tren akan mengalami kenaikan atau semakin positif.

Berikut merupakan contoh grafik terjadinya bullish divergence.

grafik bullish divergence

Sumber: Babypips.com

Dari ilustrasi di atas, bisa terlihat bahwa grafik harga berada di posisi lower low, namun indikator justru menunjukan higher low.

Untuk bisa membedakan lower low dan higher low, simak grafik di bawah ini.

grafik lower low dan higher low

Sumber: Realfibonaccitrading.com

Pada dasarnya, lower low adalah kondisi telah terjadi penurunan harga, lalu kembali terjadi penurunan harga lagi yang lebih rendah dari harga sebelumnya.

Sementara itu, higher low adalah kondisi telah terjadi penurunan harga, namun harga kembali meningkat dan lebih tinggi dari harga sebelumnya.

Apa itu Hidden Bullish Divergence?

Hidden bullish divergence adalah kondisi ketika grafik harga berada di posisi higher low, sementara indikator berada di posisi lower low. Hidden divergence pada grafik pasar secara umum menunjukkan bahwa tren yang ada masih akan terus berlangsung.

Ketika trader membaca pergerakan hidden bullish divergence, biasanya mereka akan melakukan buy the dip atau memborong aset ketika harganya sedang mengalami retracement (pembalikan harga secara sementara namun tidak mempengaruhi tren harga secara keseluruhan).

grafik hidden bullish divergence

Sumber: Babypips.com

Dari ilustrasi di atas, bisa terlihat bahwa grafik harga berada di posisi higher low, namun indikator justru menunjukan lower low.

Baca juga: Perbedaan Analisis Fundamental, Teknikal dan On-Chain, Sudah Tau?

Apa itu Bearish Divergence?

Bearish divergence adalah kondisi ketika grafik harga berada di posisi higher high, sementara posisi indikator berada di lower high. Grafik ini biasanya dianggap sebagai indikasi tren yang akan berbalik, dari naik menjadi turun.

grafik bearish divergence

Sumber: Babypips.com

Apa itu Hidden Bearish Divergence?

Sama halnya seperti hidden bullish divergence, hidden bearish divergence mengindikasikan tren penurunan atau bearish masih akan terus berlanjut selama beberapa waktu.

Hidden bearish divergence adalah kondisi ketika grafik harga berada dalam posisi lower high pada grafik, sementara indikator berada pada posisi higher high.

Ketika trader membaca adanya pola hidden bearish divergence pada grafik, biasanya mereka akan menjual asetnya saat terjadi retracement harga untuk menekan kerugian.

grafik hidden bearish divergence

Sumber: Babypips

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai bullish dan bearish divergence dalam crypto dan trading secara umum. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi aset crypto seperti bitcoin, ETH, Dogecoin, dan aset-aset lainnya, download Pintu sekarang!

Di Pintu, trading dan investasi berbagai aset bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

AAX Academy, Identifying profits in bullish and bearish divergence patterns. Diakses pada 11-10-2021.

Alt Coin Trading, Divergence Cheat Sheet: Divergences in Crypto Technical Analysis. Diakses pada 11-10-2021.

Babypips, Divergence Cheat Sheet. Diakses pada 11-10-2021.

Benjamin Pirus, What is Bullish and Bearish Divergence In Crypto? Diakses pada 11-10-2021.

Caner Taçoğlu, Divergence. Diakses pada 11-10-2021.

Cory Mitchell, Divergence Definition and Uses. Diakses pada 11-10-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+